Syukuran 1 Tahun HUT KSP Feto Mone Penkase Berbagi Sembako Dengan Para Janda Lansia

  • Bagikan

KUPANG, TOPNewsNTT|| Koperasi Simpan Pinjam Feto Mone Penkase menggelar syukuran HUT Pertamanya dengan membagikan 70 paket sembako kepada para janda lansia dan lansia di yang berasal dari kelurahan Alak, Kota Lama dan Kota Raja (Selasa, 10/8) di Sekretariat KSP Feto Mone Penkase yang terletak di Jalan Osias Baitanu, Kelurahan Penkase, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Foto bersama managrmen KSP Feto Mone Penkase : Christian Baitanu Dewan Pengawas, Kaptn.Inf.Nerson Baitanu (General Manager) beserta Manager dan Para Karyawan

Dalam syukuran perayaan HUT tersebut, hadir Wakil Ketua 2 DPRD Kota Kupang Christian Baitanu yang juga sebagai Dewan Pengawas KSP Feto Mone, Kaptn.Inf.Nerson Baitanu sebagai General Manager, Jean Ratu plt.Lurah Penkase, dan anggota KSP, serta para lansia dan janda lansia penerima bantuan sembako.

Thema syukuran : ” berbagi sembako di tengah pabdemi dengan sesama”

Chris Baitanu sebagai Dewan Pengawas dalam sambutannya sampaikan apresiasi dan puji tulus terhadap managemen KSP Feto Mone Penkase yang dalam setahun sudah berkembang dengan baik, bagi dari aspek total anggota dan jumlah aset serta staf. Feto Mone menurut Chris, berasal dari Perkumpulan Arisan Keluarga

Hari ini Koperasi Simpan Pinjam Feto Mone berusia satu tahun. Feto Mone sebenar ini sebelumnya adalah perkumpulan arisan keluarga besar warga Penkase. Feto Mone berarti Saudara Laki-Laki dan Saudara Perempuan. Mereka bersatu untuk menjalin hubungan kekeluargaan dimana satu bulan satu kali arisan. Kalau dari Perkumpulan Arisan Feto Mone sudah berusia kurang lebih 22 tahun.

Setelah perkumpulan arisan Feto Mone sejak berdiri sudah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial baik keagamaan, duka cita, pernikahan dll dan dengan berjalannya waktu perkumpulan ini cukup berkembang.

“Dengan menyikapi adanya penurunan taraf hidup ekonomi dan pengangguran akibat phk karena pandemi  Covid 19 (pertumbuhan ekonomi kota Kupang direncanakan 7-8%, tapi karena pandemi covid tidak mencapai target. Oleh karenya Feto Mone Penkase lewat perkumpulan mendirikan koperasi untuk menggerakkan ekonomi masyarakat dalam keluarga.” Tandas Chris.

Tapi dalam perjalanan, managemen KSP FM Penkase mampu ekspansi hingga ke luar kelurahan Penkase, bahkan luar kecamatan Alak. Yaitu Kota Raja, Kelapa Lima  dan Kota Lama. Karyawan KSP FM melayani 300an nasabah.

Dana PEM di Kelurahan di pakai untul bangun koperasi di setiap kelurahan di kota Kupang.

Dengan adanya KSP FM Penkase ini bisa memberi motivasi untuk bisa berpikir untuk “dari kita untuk kita dan oleh kita” sebagai asaz koperasi.

KSP FM Penkase baru 1 tahun sudah 300 lebih dengan kodal usaha sekitar 200 juta lebih sehingga bisa berkembang di kota Kupang.

GM, Manager, staf dan anggota harus meningkat jika Agustus 2021 di usia satu tahun anggota sudah bisa 300 ratusan, maka saya optimis tahun depan bisa 500-600.

Sebagai wakil rakyat dari Kecamatan Alak, Chris janji akan dorong pemkot Kupang untuk kolaborasi bangun ekonomi kerakyataan dengab koperasi.

Ia juga minta Dinas Koperasi bisa ikut membangun koperasi dengan anggaran yang ada di dinas ini, agar koperasi bisa bertumbuh dengan pesat membangun ekonomi masyarakat kota Kupang.

KSP FM Penkase ini menurut Chris walaupun baru berusia setahun namun cukup diperhitungkan diantara sekian ratus koperasi di kota Kupang yang mampu maju pesat dalam waktu setahun walau dalam masa pandemi Covid 19.

Modal KSP FM Penkase bukan karena pinjaman dari Bank tapi modal murni anggota.  Saya harap koperasi ini bisa kerja sama dengan Dinas Koperasi Kota Kupang untuk dapat suntikan dana sehingga meningkat jadi koperasi serba usaha. Chris berjanji akan memberikan sebidang tanah untuk membangun gedung sekretariat KSP.

Sementara plt.Lurah Penkase-Oeleta Jean Ratu dalam sambutannya secara singkat bahwa pemerintah mendukung penuh apa yang sudah dilakukan oleh koperasi ini dalam ikut membangun ekonomi masyarakat.

Kaptn.Inf.Nerson Baitanu sebagai GM KSP Feto Mone Penkase menyatakan bahwa koperasi ini memiliki motto membangun dari kampung untuk kesejahteraan bersama, satu hati satu rasa melayani masyarakat Penkase Oeleta dan kota Kupang.

Nerson menjelaskan bahwa KSP FM Penkase berdiri untuk membangun masyarakat yang berada di kota Kupang dalam masa pandemi ini.

KSP Feto Mone Penkase lahir 11 Agustus 2020 untuk membangun ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja dengan kekuatan keluarga.

Modal awal Rp25 juta dari uang simpanan anggota dan karyawan 3 orang dan selama satu tahun berjalan ini berkembang karyawan sudah 13 orang dan modal Rp202.186.000 dan anggota 320 orang. Dan kami targetkan menjadi 321 anggota.

Hal yang sangat membanggakan adalah hingga setahun berjalan KSP FM Penkase belum lakukan pinjaman ke bank, masih modal mutni anggota.

“Dan di 1 tahun HUT KSP FM Penkase menyiapkan sedikit rejeki untuk membantu mama bapa para lansia sebagai pemberian kasih managemen KSP kepada para orang tua dengan satu titipan : “Doa dan restu kami harapkan demi kemajuan KSP ini.” Ujar Nerson memohon.

Diakhir sambutan tak lupa Nerson Baitanu mengingatka  seluruh hadirin untuk tetap taati Protokol Kesehatan dengan menerapkan 5M sekalian mengajak lakukan vaksin.

Perayaan HUT KSP FM Penkase diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan pembagian sembako.|| juli br

 

 

 

  • Bagikan