Rumah Aspirasi Rakyat, Wadah Serius Anita Gah Dengar, Tampung dan Perjuangkan Aspirasi Rakyat NTT

NTT, TOPNewsNTT|| Rumah Aspirasi Rakyat Anita Jacoba Gah yang berlokasi di jalan Timor Raya (dekat lampu merah Pulau Indah) Kupang, dibuka pada Selasa, 8/6.

Rumah Aspirasi Rakyat ini sebagai wujud keseriusan Anita Jacoba Gah sebagai wakil rakyat NTT di Senayan, untuk mendengarkan suara rakyat dan membagi waktu dengan konstituen dalam bentuk melakukan penjaringan aspirasi masyarakat dan mensosialisasikan serta mempublikasikan hasil kerja kepada masyarakat atau konstituen.

Rumah Aspirasi Rakyat merupakan strategi komunikasi dari Anita Jacoba Gah untuk menampung setiap aspirasi masyarakat.

Banyaknya kasus di beberapa daerah, dimana konstituen mengeluh karena anggota dewan yang mereka pilih sebagai wakil di parlemen kurang akomodatif sehingga tidak pernah berkunjung dan berkomunikasi dengan konstituennya sehingga konstituen tertentu kehilangan saluran komunikasi untuk menyalurkan aspirasi mereka. Atau anggota dewan pernah berkunjung dan menyerap aspirasi konstituen tetapi aspirasi mereka tidak pernah terealisasi di daerah pemilihannya.

Komunikasi merupakan bagian yang penting dalam menyampaikan segala bentuk tatanan kehidupan baik sosial, politik, ekonomi, bahkam budaya yang majemuk di negara ini.

Dilihat dari fungsi rumah aspirasi sebagai alat anggota dewan, ketika anggota dewan tersebut tidak dapat hadir di tengah konstituen politiknya dan dapat menjadi  perpanjangan tangan dalam menyusun program kerja dan seluruh kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang.

Konsep tersebut, sudah menyatu dengan peran anggota DPR dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat sebagaimana dimaksud dalam pasal 71 huruf s dan pasal 79 huruf i UU MD3.

Akan tetapi dalam Peraturan DPR RI nomor 1 tahun 2009 tentang Tata Tertib ditemukan istilah “Rumah Aspirasi.”

Hal itu menjelaskan secara opsional dengan redaksional yang berbunyi : “selain dengan cara sebagaimana dimaksud pada ayat (2), anggota dalam satu daerah pemilihan dapat membentuk Rumah Aspirasi.”

“Kami ingin membuat perubahan yang melibatkan masyarakat, baik dalam menyampaikan apresiasi untuk menghasilkan program yang lebih aspiratif, sambil terus melakukan penyesuaian untuk program-program yang berpihak pada rakyat.” Ungkap Anita.

Anita juga menyatakan bahwa Rumah Aspirasi punya komitmen akan hadir sebagai pelindung bagi masyarakat saat berhadapan dengan hukum terkait berbagai program-program kerja pemerintah yang diselewengkan oleh siapa saja.

“Seperti contoh kasus yang sedang digelar perkara terkait masalah penyalahgunaan dana PIP oleh kasek salah satu sekolah.” Ujar Anita memberi contoh keterlibatan Rumah Aspirasi dalam mengawasi dana pusat disalurkan sesuai peruntukkan.

“Semoga aparat kepolisian di NTT berani menyatakan dan menghukum pihak mana saja yang bermain dengan anggaran atau uang rakyat lewat program-program pemerintah pusat. Hukum sesuai kesalahan tanpa pandang bulu.” Harap Anita.

“Kepolisian harus berani menjatuhkan hukuman kepada pihak yang bersalah sesuai peraturan yang berlaku. Sehingga penegak hukum juga akan dihargai masyarakat karena menjalankan hukum dengan adil. Dan saya lewat rumah aspirasi akan ikut mengawasi berjalannya proses hukum sesuai aturan yang berlaku.” Tutupnya saat syukuran pembukaan Rumah Aspirasi Rakyat Anita Jacoba Gah di Jalan Timor Raya (Selasa, 8/6).

Sementara itu ketua RT 06 RW 02 kelurahan Oesapa Barat Yacob Mooy, wilayah dimana Rumah Aspirasi Rakyat kini berada kepada media ini menyatakan rasa syukur, terima kasih, aspresiasi serta dukungan atas kehadiran ibu Anita Jacoba Gah sebagai wakil rakyat NTT lewat kehadiran Rumah Aspirasi Rakyat di wilayah kerjanya.

“Dengan kehadiran Rumah Apirasi lewat ibu Anita Jacoba Gah, kami sangat bersyukur dan berterima kasih. Dulu kami hanya dengar nama ibu Anita Gah, sekarang hadir di tengah-tengah kami yang sebagaimana tadi disampaikan tadi bahwa jika ada basudara atau warga yang datang menangis maka dia pulang harus senyum dengan gembira. Dalam arti bahwa kalau kami ada keluhan dan kebutuhan kami datang di Rumah Aspirasi maka pasti ibu akan memberikan kami solusi.” Ungkap Yacob gembira.

“Khusus RT ini kami semua ucapkan selamat datang dan bergabung di RT 06 ini. Semua warga tentu  sangat menerima kehadiran bu Anita di sini.”  Ujar Yacob.  || juli br

 

 

..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *