Kunjungan Pjs. Bupati Sumba Barat Ke PLTBM Bondohulla

WAIKABUBAK, TOP News NTT■■PJs. Bupati Sumba Barat mengunjungi PLTBM Bondohulla dalam rangka memastikan sarana ini masih dapat digunakan atau tidak, karena tanaman Kaliandra sebagai bahan baku tidak ada di lokasi tersebut. (Senin, 7/10) Sementara Konsultan dari PLTBM Bondohulla mengatakan bahwa sejak tahun 2017 tanaman Kaliandra tersebut pernah ditanam dilahan seluas  40 hektar, tapi tidak jadi. Sedangkan dilihat dari alat-alat yang ada di pabrik pengolahan tersebut membutuhkan dana yang banyak, ditambah dengan bahan baku yang tidak ada.

Menanggapi permasalahan tersebut, PJs. Bupati pada kunjungannya tersebut mengatakan bahwa akan melaporkan kendala PLTBM Kabupaten Sumba Barat kepada Kementerian ESDM agar bisa memberi bantuan berupa alat-alat produksi dan fasilitas pendukung, sehingga PLTBM tersebut dapat beroperasi kembali. Namun apabila banyak kendala dalam proses renovasi kembali PLTBM tersebut, maka PJs. Bupati akan melaporkan ke Kementerian ESDM agar mungkin saja akan dialihkan atau diganti dengan  PLTS. Beliau juga menambahkan akan memotivasi masyarakat untuk bisa menanam kembali tanaman Kaliandra yang merupakan bahan baku PLTBM.

Kepala Bagian ESDM Kabupaten Sumba Barat yang turut hadir mendampingi Pjs. Bupati mengatakan yang paling dibutuhkan sekarang adalah perbaikan alat dan bahan baku Kaliandra kalau memang PLTBM ini ingin difungsikan kembali.

Dalam kunjungan tersebut PJs. Bupati Sumba Barat didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sumba Barat, Drs. Imanuel Mesakh Anie, M.Si, Kepala Bagian Energi Sumber Daya Mineral dan Kehutanan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, Grace W. Ora, S,Si, Kepala Inspektorat Kabupaten Sumba Barat, Ledi Lagu, S.H., M.Hum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Dedy Suyatno.■■ juli br 

Sumber : SP Humas & Protokol Pemkab.Sumba Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *