Yusak Benu dan Ikhsan Darwis Maju Ke Pemilihan Caketum BPD HIPMI NTT (2021-2025)

  • Bagikan

NTT, TOPNewsNTT|| Dua pengusaha nuda NTT Yusak V.Benu,S.E.dan Muh.Ikhsan Darwis,B.Buss bakal berhadapan  memperebutkan kursi Ketua Umum BPD HIPMI NTT.

Hal ini terungkap saat pendaftaran Balon Ketum BPD HIPMI NTT di sekretariat jalan Frans Seda (Jumat, 24/12) dan diterima langsung oleh Stering Committe (SC) Syarifuddin dan Organize Committe (OC) Wiliam Liyanto.

Nampak Yusak Benu lebih dulu datang dengan diiringi ketua timses Brian Gotama, Bobby Pitoby, dan pengurusnya menyerahkan dokumen-dokumen sebagai kelengkapan adninistrasi sesuai.yang dipersyaratkan.

30 Menit kemudian nampak hadir Balon Ketum Muh.Ikhsan Darwis,B.Buss yang juga menyerahkan  berkas pendaftaran bersama ketua timses Rudi Rikoni dan  anggota tim.

Ketua CO Saefudin AS yang juga sebagai wakil sekjen BPP HIPMI didampingi Wilson Liyanto Bendahara dan anggota SC mengatakan,

“Kami adalah tim care taker BPD HIPMI NTT yang diberi mandat oleh BPP HIPMI pusat tanggal 24 Nopember 2021 untuk menyelenggarakan Diklatda HIPMI NTT, sudah selenggarakan 18 Diklatda sekaligus pelantikan dari 24 BPC di NTT. Untuk balon caketum, cukup dukungan 2/3 BPC  saja sudah cukup. Pemilihan caketum akan dilaksanakan dalam Musda Prov.NTT luar biasa ke 13 pada 25 Januari 2022.” Jelas Syafuddin.

Tim SC, ujar Syafudin, sudah membuka tahapan Musdaprov.NTT Luar Biasa 13  yang diawali dengan pembukaan pendafataran pemilihan Balon Caketum ketua BPD HIPMI NTT peruode 2021-2024 sejak 16 Desember dan akan ditutup hari ini 24 Desember 2021.

“Hari ini kami sudah menerima berkas pendafataran kedua balon caketum dan akan kami memverifikasinya dan akan  diumumkan hasilnya pada 5 Januari 2022 karena ada beberapa kelengkaoan adminsitrasi yang masih harus dilengkapi. Tahapan  kampanye 6-18 Januari dilakukan sesuai ad/art dan SC sebagai penyelenggaran dengan laksanakan live debat di TV. SC, 2 Balon, 3 Mantan Ketum dan analis dari akademisi. Minggu tenabg 18-24 Januaru, tahapan pemilihan 25 Januari. Agenda Musdaprov.NTT adalah menetapkan program kerja BPB HIPMI NTT 2022-2025. Menilai dan menetapkan laporan pertanggungjawaban dari kepengurusan sebelumnya caretaker. Memilih ketum ketum HIPMI 2022-2025. ” Jelasnya.

Dalam pers confress, Yusak menjelaskan mengapa dirinya yang baru saja dilantik sebagai ketum BPC HIPMI kota Kupang mau mencalonkan diri pada pemilihan Ketum BPD HIPMI NTT

“Memang saya maju dalam bursa balon caketum HIPMI NTT di saat terakhir karena dorongan ketua-ketua BPC lantaran melihat ada dua balon mengundurkan diri, sehingga muncul kekhawatiran dari teman-teman ketum BPC akan mengarah ke pemilihan aklamasi dan dikuatirkan akan menjadi ketua “manja” dan tidak akan ada pertanggungjawaban visi misi. Para kader inginkan adanya pertandingan untuk bersanding lewat sebuah konstetasi demokrasi.” Kata Yusak menjelaskan.

“Saya juga dapat dukungan dari 18 BPC,  suratnya sudah masuk. Jadi saya maju atas aspirasi beberapa ketua BPC yang menginginkan bahwa siapapun ketua, kita tidak persoalkan siapapun yang menjadi ketua, tapi kami inginkan ketuanya bisa mengiringi dan mengimbangi kerja-kerja besar gubernur. Ketua BPD HIPMI NTT bukan untuk ajang coba-coba. Ketua HIPMI NTT sudah harus berbuat banyak. Karena ketua HIPMI NTT akan memimpin semua kader HIPMI NTT. Artinya dia harus mempunyai kemampuan lebih. Artinya kalau HIPMI NTT dipakai untuk belajar dan baru berbuat, maka terlambat. Karena gubernur kita pasti akan berlari kencang dan kita akan tertatih-tatih di belakangnya.” Jelas Yusak lagi

“Yusak Benu berharap kontestasi ini akan jadi kontestasi HIPMI NTT. Saya bersama bro Ikhsan akan dalam beberapa kegiatan mengadu kegiatan dan visi misi. Siapa yang menjadi putera daerah terbaik, dialah yang akan memimpin HIPMI NTT, bukan masalah menang atau kalah. Yusak Benu baru kerja dua hari saja sudah 10 lari, jangan kasi kerja dua minggu,  bisa bahaya. Jadi kalau nantipun saya kalah, wajar saja, saya baru maju, tapi kalau saya terpilih, jelasnya saya akan kerja untuk majukan HIPMI NTT.” Cetusnya.

“Bagi kami tidak bertarung untuk kekuasaan dan posisi, tapi bagi kani kalau ada yang lebih baik silahkan. Tapi kami akan coba bertanding dan bertarung untuk bersanding secara fair. Kita akan lihat siapa yang lebih baik dan mempengaruhi jejaring lebih luas maka saya percaya kami berdua putera terbaik NTT ini.” Tandasnya berharap.

“Saya percaya SC akan membuka ruang bagi saya. Jangan ada hanya karena syarat administrasi, potensi-potensi orang muda seperti saya kurang dapat jalan mulus. Saya mau kita bertarung dengan fair sampai di Musda, kita lihat secara riil dimana pilihan ketua-ketua BPC HIPMI NTT. Kalau jatuh  ke bro Ikhsan saya akan dengan sportif mendukungnya. Tapi kalau saya terpilih maka saya akan majukan HIPMI NTT.” Ujar Yusak.

Yusak juga menyatakan saat ia dapat mandat maju bursa balon caketum BPD HIPMI NTT  ia langsung  kumpulkan semua kader HIPMI Kota Kupang dan terbuka tentang mandat ini. Dan ia dengan dukungan semua kader, maka ia membuat komitmen jika dirinya terpilihpun, ia tidak akan meninggalkan HIPMI kota Kupang tapi akan bersama-sama membangun organisasi dan wujudkan visi misi organisasi karena keluarga besar.

Tujuannya ikut pemilihan Ketum DPD HIPMI NTT bukan untuk mencari posisi saja, tapi untuk bekerja membuka jejaring agar HIPMI dapat melahirkan pengsaha muda baru, membangun UMKM mendidikan jiwa enterpreseur baru.

Yusak juga menyebut dirinya peroleh dorongan kuat dari gubernur NTT mencakonkan diri karena melihat HIPMI NTT Vakum selama 2 tahun belakangan  sehingga berharap dirinya akan mampu menggerakkan roda organisasi lagi dan mampu berlari cepat mengimbangi langkah gubernur dalam kerja-kerja besar membangun ekonomi masyarakat NTT bangkit dari keterpurukan.

Ia menyebutkan bahwa dirinya sudah tergabung dalam HIPMI sejak 4 tahun lalu. Namun akibat kevakuman mesin organisasi maka ia baru tampil kini. Namun kerja-kerja menjalan visi misi organisasi sudah dijalankan sejak 2013. Bahkan pada 2019 diakuinya sudah masuk keluar kampus menciptakan 800 enterpreur baru, MoU dengan 6 kampus dan 4 SMK, mengedukasi pengusaha muda dari kalangan mahasiswa

Bersama Undana, Yusak sebut ia membantu permodalan Rp10 juta bagi kelompok pengusaha bidang UMKM. Ada 40 kelompok dengan 10 orang per kelompok dan sudah tercetak 400 pengusaha sejak 2019-2021.

Sehingga ia tegaskan ia maju bukan sebagai ajang coba-coba karena sudah bekerja selama ini lewat HIPMI kota Kupang sehingga jika dipercaya sebagai ketua BPD HIPMI NTT ia aka makin melakukan kerja-kerja besar membangun HIPMI dan juga NTT lewat program-program kerja.

Ia berkomitmen akan membuka jejaring  dan kemitraan yang lebih besar dan luas,  bersinergi, kolaborasi dan bermitra bersama gubernur dan wakil gubernur,  pemerintah kabupaten kota dan stakehokder yang ada.

Sedangkan Ikhsan Darwis secara singkat mengatakan dirinya maju di pemilihan caketum karena dukungan 18 BPC dan sudah berkiprah di HIPMI selama 6 tahun sehingga sudah mengerti banyak hal tentang HIPMI.

“Saya selain didukung ileh 18 BPC, saya juga sudah ber-HIPMI selama 6 tahun sehingga mengerti bagaimana berorganisasi dan  menjadi pengusaha yang kuat di organisasi ini. Intinya di HIPMI saya banyak belajar bagaimana kebersamaan dan selalu menjunjung tinggi solidaritas. Maka saya bersama Yusak jika ia terpilih saya akan hormat terhadap beliau dan bersama bangu  organisasi dengan baik. Maka saya pribadi  maju atas dasar ingin belajar. Tentang visi dan moto HIPMI yaitu menciptakan pengusaha baru, mungjun 4 pengusaha vesar sudah ads di KADIN tapi di HIPMI jita akan bina penggusaha yang akan tembus ke nasional. Saya didorong oleh kader karena sudah mengabdi di organisasi ini.” Tandas Ikhsan.

Dengan dukungan 17 BPC  Ikhsan yakin akan dipercaya ketua BPC dab seluruh kader HIPMI untuk memimpin HIPMI tiga tahun ke depan.|| juli br

 

  • Bagikan