Yohanes Oematan : “Yellow Clinic Hadir beri solusi Kesehatan bagi Masyarakat Kurang Mampu di NTT”

  • Bagikan

NTT, TOPNewsNtT|| Program Yellow Clinic adalah salah satu program dari 8 program strategis Partai Golkar di Indonesia. Kehadiran program Yellow Clinic di NTT mulai dikenal oleh masyarakat NTT khususnya kota Kupang lewat beberapa program layanan kesehatan khususnya vaksinasi bagi masyarakat NTT dalam sebulan ini.

Rabu, 1/9 dilaksanakan vaksinasi serentak di 6 wilayah di daratan Timor (Malaka, Belu, TTU, TTS, kabupaten Kupang dan kota Kupang.di Kota Kupang  beetempat di Sekretariat DPD 2 Partai Golkar Kota Kupang dengan 1.219 orang yang divaksin mulai dari usia 12-50an tahun.

Ketua Yellow Clinic Provinsi NTT Yohanes Oematan yang jug anggota DPRD Provinsi NTT kepada media ini menjelaskan tentang pelaksanaan vaksin bagi NTT,

“Dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pandemi Covid 19 yang melanda dunia dan khususnya bangsa Indonesia, sehingga akhirnya partai Golkar berusaha untuk bekerja sama dengan pemerintah tentunya ini dalam rangka mendukung pemerintah.” Jelasnya.

“Jadi akhirnya kami mendapt kesempatan untuk memberikan vaksin kepada masyarakat NTT seluruh kabupaten di NTT bagi 30.000 orang yang kami dapatkan. Hari ini serentak di daratan Timor yaitu di kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, TTU, Belu, dan Malaka. Setiap kabupaten minimal 1000 orang yang divaksin, itu target kami.” Jelas John.

Kamis, 2/9 jelasnya,  akan dilaksanakan vaksinasi di Daratan Sumba dan daerah kepulauan yaitu di Rote Ndao, Sabu Raijua, Lembata dan Alor.

Sedangkan Jumat, 3/9 akan dilaksanakan di seluruh daratan Flores dari ujung ke ujung.

Pendirian Yellow Clinic, ulas John, “adalah merupakan bentuk kepedulian Partai Golkar untuk membantu pemerintah dalam hal meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan membantu memutus mata rantai Covid sehingga Partai Golkar membentuk Yellow Clinic mulai dari pusat hingga semua provinsi di Indonesia dan khusus di NTT yaitu di 22 kabupaten kota.”

Sehingga vaksinasi ini adalah bentuk kerja sama Yellow Clinic dengan pengurus Golkar kabupaten kota dan Dinkes baik di tingkat provinsi maupun di 22  kabupaten kota di NTT.

Sedangkan pelaksana  vaksin ini tentunya dokter dan nakes  dari Dinkes masing-masing wilayah.

“karena mereka ahlinya dan tugas mereka. Sedangkan partai hanya menyediakan vaksin dan orang untuk di vaksin.” Lanjut John.

Yellow Clininc sendiri sudah terbentuk dari tingkat pusat sampai ke  seluruh provinsi, ssmpai  ke  wilayah kabupaten kota di Indonesia.

Yellow Clinic, tambah John, juga punya rencana setelah beds 1 vaksin ini, mudah-mudahan dengan melihat dan mempertimbangkan jumlah masyarakat NTT yang belum divaksin  pada beds 2.

“Tapi kalau ternyata kecepatan vaksin pemerintah bisa lebih cepat maka Yellow Climic akan berpikir tentang hal lain yang lebih praktis yang dibutuhkan oleh mssyarakat. Seperti biaya rapid tes sekarang mssing mahal, Yellow Clinic akan mempertimbangkan untuk memberikan biaya rapid tes yang lebih murah. Rapid tes yang lebih murah, bahkan lebih modern seperti drive true kalau di DPD 1 saya meremcanakan untuk rapid test drive true, jadi orang tidak usah turun, bisa dari mobil sehingga tidak ada kerumunan. Didalam mobil saja, nanti timnya yang melayani ke sana. Dan tentu biaya untuk pengobatan lebih murah dari pada pergi ke klinik swasta. Khususnya warga Golkar sendiri, bahkan kami prioritaskan untuk lebih murah bahkan gratis kalau tidak mampu.” Jelasnya.

Selain itu Yellow Clinic akan menjemput mssuarakat misalnya pengobatan gratis di desa-desa akan kami datangi dan kami obati. Secara acak  Yellow Clinic akan datang ke desa-desa yang disinggah dan jika menemukan warga yang sakit dan tidak mampu akan di obati dengan lakukan pemeriksaan, dan memberi obat dan vitamin

Saat ini untuk menunjang program pengobatan mobile ini Yellow Kuning  belum punya  ambulance, tapi kami alan gunakan mobil-mobil pribadi saja dulu sambil menunggu pengadaannya kelak jika memungkinkan.

Dengan kendaraan pribadi yang ada dari setiap orang partai Golkar kami akan laksabakan segera, karena kalau menunggu semua sempurna baru jalan maka tidak akan pernah jalan. Kami akan jalan dengan apa yang ada dulu.

Karena masyarakat tidak bisa terlalu lama menunggu.

Bagi masyarakat NTT yang butuh bantuan Yellow Clinic untuk layana kesehatan maka bisa datang ke sekretariat DPD 2 di 22 kabupaten kota di NTT. Karena setiap wilayah ada DPD 2.

Bahkan pengurus Golkar di desa dan kecamatan sudah ada pengurus Golkar. Bagi msyarakat yang butuh layanan kesehatan datang saja ke jalur pengurus Partai Golkar minta tolong terutama masyrakat tidak mampu.

Jadi tidak perlu datang ke kantor Yellow Clinic di DPD 1 di wilayah  Walikota sini, datang saja ke pengurus Golkar di desa dan kecamatan atau ke DPD 2 masing-masing wilayah.

Jika pengurus ditingkat desa kecamatan dan DPD 2 tidak mampu mka mereka akan brrkoordinasi dengan kami untuk memberikan rekomendsi rs mana yang bisa diakses.

Prinsipnya Yellow Clinic hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu masyarakat kelur dari kesulitan kesehatan akibat  kondisi ekonomi yang lemah.|| juli br

 

  • Bagikan