Wakil Wali Kota Herman Man nyatakan Pemkot siap jadi tuan rumah Pesparani NTT 2020

Religi Warta Kota

KUPANG, TOP News NTT ■■ Wakil Walikota Kupang, Herman Man mengatakan Kota Kupang siap menjadi tuan rumah yang baik dan siap menyukseskan Pesparani NTT dan Pesparani Nasional.”Sebagai Event Rohani yang berskala Propinsi dan Nasional, pelaksanaan Pesparani ini akan menjadi momentum emas untuk mempromosikan kota Kupang sebagai kota yang ramah dan layak menjadi tuan rumah pagelaran event nasional.” Demikian pernyataan Wakil Wali kota Kupang Herman Man diruang kerja saat menerima Rombongan Panitia Pesparani Provinsi NTT 2020 pada Jumad, 9/2/2020.

Adapun Panitia Pesparani NTT 2020 yang hadir dalam  pertemuan tersebut yakni Romo Dus Bone, Panitia yang juga Anggota DPRD Kota Kupang Ewalde Taek, Yuvensius Tukung, dan Fidelis Nogor dr Bidang Promosi dan Publikasi.

Pada pertemuan yang membahas berbagai persiapan terutama Kota Kupang sebagai Tuan Rumah Pesparani NTT 14-17 Mei 2020 dan Pesparani Nasional 28 Oktober- 1 Nopember 2020, dibahas berapa hal yang urgen, terutama kesiapan penginapan dan hotel untuk menerima tamu pesparani NTT 2020 yang jumlahnya diprediksi mencapai 3000 orang dan Pesparani Nasional yang mencapai 12.000 orang.

Kesiapan penataan kota Kupang dalam hal ini ; akses jalan menuju venue-venue lomba, lampu jalan, kesiapan destinasi wisata yang bakal dikunjungi peserta, UMKM kuliner lokal, souvernierselain masalah keamanan dan semarak kota jelang pesparani juga dibahas oleh Ketua LP3K Propinsi NTT, Frans Salem dan Ketua Umum  Pesparani NTT, Sinun Petrus Manuk kepada Wakil Walikota Herman dan jajaran Pemkot yang hadir dalam rapat tersebut.

Frans Salem juga menegaskan bahwa menyambut Pesparani NTT dan Nasioanal di Kota Kupang, NTT akan digelar Lomba “Kelurahan Pesparani” tingkat kota Kupang.”Lomba Kelurahan Pesparani adalah bagian dari strategi pelibatan warga kota dalam memeriahkan pelaksanaan Pesparani terutama kelurahan-kelurahan  yang menjadi pintu masuk peserta baik dari laut, darat maupun udara juga kelurahan- yang menjadi lokasi pegelaran dan venue pesparani yakni di GOR, gereja Paulus, aula Eltari, Gereja Asumptha, juga pintu masuk bandara, pelabuhan Tenau, Bolok dan Lasiana arah timur kota Kupang,” ujar Salem.

Menanggapi pernyataan Ketua LP3K NTT Frans Salem,  wakil walikota Kupang menyatakan bahwa dirinya sebagai pemerintah kota Kupang sangat mendukung dan akan segera mempersiapkan semuanya. Karena Pesparani juga akan  menjadi ajang yang  sangat strategis untuk peningkatan ekonomi kota Kupang karena pada saat yang bersamaan kota kupang akan didatangi lebih dari 15.000 orang tamu dari luar NTT dalam tahun 2020. “Ini jadi memontum emas kita. Kami berterimakasih dan siap menjadi tuan rumah untuk suskeskan acara ini” tegasnya.

Herman memaparkan  bahwa  saat ini Kota Kupang didukung 67 hotel berbintang dan Melati, 41 penginapan (homestay) dan juga ribuan kamar yang nyaman dan layak huni dengan total tempat tidur bisa mencapai 8000 buah.

“Nah Ini bisa dimaksimalkan. Kita akan gelar koordinasi dengan semua pengusaha hotel, resto,  pengusaha kuliner dan usaha jasa pariwisata lainnya  untuk menyambut ribuan tetamu kita ini,” ungkapnya bersemangat.

Terhadap strategi panitia menyemarakan kota Kupang yaitu melalui lomba “Kelurahan Pesparani“, wakil walikota Herman Man menyanggupinya dan akan  siap mensosialisaiskan hal tersebut kepada seluruh warga kota Kupang.

Saat itu  juga Herman  langsung memerintahkan kadis PU Kota Kupang untuk membereskan jalan-jalan  kota dan lampu- lampu jalan di kota Kupang yang masih macet, tetutama dijalan protokol dan di lokasi venue pegaleran lomba.

Terkait Kesiapan Delegasi Perparani Kota Kupang, walikota juga menyatakan panitia pesparani kota Kupang telah memilih 220 orang peserta Pesparani yang akan bertarung memperebutkan 13 mata lomba ditingkat propinsi, bahkan siap menjadi wakil NTT di Pesparani tingkat nasional. “Semua peserta dari  kota Kupang siap berlatih selama 60x kedepan bahkan siap dikarantina selama seminggu di Hotel Naka Kupang.” Tandas Herman Man bersemangat.

Hadir dalam pertemuan tersebut mendampingi Wakil Walikota Herman Man yaitu  Sekda Kota Kupang, Kadis Pariwisata Kota Kupang, Asisten I Setda Kota Kupang, Kadis PU Kota Kupang, Kabag Kesra dan beberapa pejabat lainnya.■■ editor : juli br 

Sumber : SP Panitia Pesparani NTT 2020
Penulis : Fidelis Nogor (ketua bidang publikasi dan dokumentasi)