TMMD 111 Dimata : Kasek.SMPK Loreta : TNI Bantu Kami Raih Akreditasi B, Yeskiel : TNI Sonde Seram

  • Bagikan

NEKMESE, TOPNewsNTT||Masuknya Para Prajurit TNI/AD KODIM 1604 Kupang lewat program TMMD Ke-111 2021, membawa berbagai manfaat sekaligus kesan dan perubahan cara pandang masyarakat awam terhadap TNI.

Berikut ungkapan hati Loreta Batmaro,S.Pd Kasek  SMPK 1 Amarasi Selatan dan Simon Ketua BPD Desa Nekmese.

Rasa terima kasih Loreta Batmaro, terhadap kontribusi TNI di desanya, terutama sekolah bahkan mampu meneteskan air mata harunya.

Kepada media, Loreta mengatakan,

“Yang saya dapat amati selama ini, ini merupakan sebuah pengalaman baru dan sangat berkesan. Kalau saya boleh bilang ini seperti acara bedah sekolah,  karena pengerjaannya cepat sekali. Setiap hari ada perubahan.” Ungkapnya.

“Sekolah kami dapat bangunan kali ini 3 kelas baru, 1 ruang guru dan 2 unit wc yang lengkap dan juga instalasi listrik.” Lanjutnya.

Menurut Loreta, sekolah ini pada 27 Juli 2021 ini akan genap berusia 23 tahun. Dan dkakuinya sebelumnya pernah ada perhatian pemkab Kupang lewat pembangunan,  tapi sesudah tahun 2013 tidak ada lagi.

“Dan selama ini hanya dana BOS yang kami dapat, tapi lewat masuknya TNI dengan TMMD 111, kami dapat 3 ruangan kelas baru, 1 ruang guru dan 2 unit wc, yang buat sekolah kami dapat penuhi standar akreditasi B, karena saat ini kami punya  6 ruangan kelas.  Walau masih kurang karena  belum ada lab. Sekolah ini juga merupakan bangunan lama dari gereja GMIT.” Ungkapnya terharu dan berterima kasih.

Kepada TNI sscara umum KODIM 1604/Kupang, ibu Lorita dengan meneteskan air mata haru mengungkapkan,

“Saya  sangat terharu dan bangga karena lewat TNI, kami berhasil  mendukung sekolah sekolah menuju keberhasilan. Apalagi kami targetkan tahun depan harus akreditasi B. Nah dengan dibangunya 3 ruang kelas baru, 1 ruang guru dan 2 wc maka syarat sarpras sekolah untuk mencapai akreditasi B bisa kami capai. Saat ini masih alreditasi C karena menurut asesor nilai kami masih dibawah standar akibat sarpras belum mendukung. Tapi dengan penambahan 3 ruang kelas baru, 1 ruang guru dan 2 wc yang standar ini, semoga kami dapat mencapai akreditasi B. Untuk kualitas pendidikan kami bisa capai bahkan sudah capai, selama ini hanya dari aspek sarpras saja belum, tapi sekarang lewat TNI TMMD 111 sudah bisa tercapai, targetnya tahun depan harus.” Ungkap Lorita.

SMK 1 Amarasi memiliki 98 siswa dan 14 semuanya honor komite.

Sedangkan salah seorang tokoh masyarakat Yesekiel Ora,  Ketua BPD Desa Nekmese menyatakan bahwa masyarakat sangat berterima karena TMMD mau hadir dengan moivasi dan pembelajaran bagi masyarakat.

Ketua BPD desa Nekmesd Yeskiel Ora : “karena TMMD lia Tentara sonde takut lai, sonde seram”

“Karena di desa kami, ada tukang tapi hanya ikut-ikutan saja. Yang berpendidikan hanya 3 atau 4 orang. Tapi dengan hadirnya TNI mereka bisa dapat pengalaman berharga karena mereka tidak hanya bicara tapi langsung kerja dan selesai dengan cepat dan hasilnya sangat bagus mutunya. Jadi baru kali ini kami rasa dan lihat TNI masuk ke desa kami dengan rupa beda. Bukan jadi tokoh menakutkan seperti sebelumnya, tapi memiliki keterampilan dan menyatu dengan warga membangun desa kami. Dan ini luar biasa. Kami jangan satu kali saja, bila peu dua kali setahun. Karena masih banyak kebutuhan masyarakat di sini dalam hal infrastruktur.” Ujarnya.

Ia juga berharap anak-anak mereka pemuda/i yang bisa ikut dalam tes TNI dan lolos.

Menurut Yes bahwa dengan TMMD 111 masuk ke desa ini mengubah pandangan mereka warga masyarakat awalnya takut sebelumnya, tapi saat ini tidak takut,

“Awal kami lihat bapa-bapa tentara masuk ke desa kami, kami takut. Tapi lewat TMMD kali ini kesan kami berubah Tentara sonde seram. Baik, ramah dan berbaur dengan masyarakat. Bahkan kerja bangunan sangat cepat. Sekarang kami berbaur sonde takut lai, tentara sonde seram ternyata. Kami biasa kumpul-kumpul habis kerja cerita-cerita dan minum kopi.” Ungkapnya tertawa lepas.|| juli br

  • Bagikan