Tingkatkan Produksi Pertanian, TMMD 111 Dorong Petani Nekmese Gunakan Teknologi Tepat Guna

  • Bagikan

NEKMESE, TOPNewsNTT|||Kodim 1604 Kupang melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111, Tahun 2021 mendorong Desa Nekmese di Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT untuk menjadi Desa Mandiri.

Melalui Penyuluhan Teknologi Tepat Guna (TTG) oleh Dinas PMD Kabupaten Kupang pada TMMD Ke-111 Tahun 2021, masyarakat diperkenalkan dan didorong untuk menggunakan Teknologi Tepat Guna dalam kehidupan sehari hari baik dalam bidang pertanian, pendidikan, maupun bidang kehidupan lainnya.

Dalam Penyuluhan yang berlangsung di Kantor Desa Nekmese, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang pada Sabtu (03/07/2021), penyuluh Dinas PMD Kabupaten Kupang, Anisitus Kase mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kupang melaksanakan program Teknologi Tepat Guna bagi warga agar kehidupannya menjadi lebih mudah dan lebih baik.

Anisitus menambahkan ilmu pengetahuan teknologi tepat guna merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan dan ekonomi pedesaan. Maka dari itu perlu membangun kreativitas dalam upaya untuk bisa bertahan dimasa pandemi Covid-19 saat ini dan akan datang. Salah satunya ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan persoalan masyarakat di Desa saat ini.

Selain itu, pembangunan ekonomi pedesaan yang berdasarkan usaha masyarakat perlu dimotivasi dan dikembangkan melalui teknologi berupa teknologi tepat guna. Untuk pengembangan teknologi tepat guna perlu adanya upaya dan kerja keras masyarakat untuk membuat teknologi tepat guna yang sesuai dengan potensi yang ada di masyarakat.

Dinas PMD Kabupaten Kupang bekerjasama dengan Kodim 1604/Kupang mengembangkan teknologi tepat guna agar dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di desa.

Kapten Inf. Lalu Ibnu Fajar selalu Komandan SSK TMMD yang didampingi Seknas PMD Kabupaten Kupang menyampaikan bahwa Penyuluhan Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan kegiatan non fisik program TMMD ke-111, Kodim 1604/Kupang. Penyuluhan ini bertujuan untuk mewujudkan Desa yang mandiri dan paham akan Teknologi.

Penyuluhan diawali dengan membahas pentingnya pemanfaatan Teknologi untuk menunjang kemudahan hidup manusia. Warga yang hadir memberikan tanggapan bahwa mereka belum sepenuhnya paham tentang pemanfaatan Teknologi yang baik. Ungkapnya.|| Juli br

  • Bagikan