Tingkatkan Kesadaran Politik, Pemkot Gelar Koordinasi Forum Diskusi Bagi Masyarakat Kota Kupang

KUPANG, TOP NEWS NTT,■■ “Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan di dalam negeri sehingga mampu membawa optimisme bagi  berbagai pihak dalam mendukung pembangunan nasional di Indonesia” ujar Staf Ahli Wali Kota Kupang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Thomas Didimus Dagang, S.Sos, M.Si ketika mewakili Wali Kota Kupang membuka secara resmi kegiatan Koordinasi Forum Diskusi Politik bagi Masyarakat di Aula Tirta PDAM Kota Kupang, Kamis (25/7).

Thomas berharap  agar melalui kegiatan ini pengetahuan politik masyarakat akan meningkat, dengan melibatkan berbagai unsur seperti pengurus partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.  Harapan lain dari kegiatan ini dapat menyamakan persepsi yang berkaitan dengan pendidikan politik, sehingga dalam proses berpolitik ke depannya dapat tercipta kondisi yang adil, aman dan sejahtera serta mampu menurunkan angka konflik horizontal dan vertikal yang biasa terjadi akibat politik.

Masyarakat perlu diberikan pemahaman agar dapat menghilangkan stigma yang buruk terhadap partai politik yang masih dipandang lebih mementingkan kepentingan sendiri maupun kelompok dari pada masyarakat dan negara. Hal ini perlu sama-sama disikapi dengan bijak agar setiap proses politik dapat berjalan dengan aman dan tertib.

“Pemerintah Kota Kupang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas partisipasi semua pihak baik penyelenggara Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden, aparat keamanan dan masyarakat yang telah bekerja keras menyukseskan pesta demokrasi yang baru saja terlaksana dengan menjaga keamanan dan ketertiban berlangsungnya proses politik di tiap tahapan sehingga boleh berjalan dengan lancar,” ungkap Thomas Dagang, S.Sos, M.Si.

Dalam kegiatan ini, Peserta dapat partisipasi aktif seperti ide dan saran terkait politik dan dinamikanya,  sehingga dapat memberikan manfaat untuk peningkatan pengetahuan dan wawasan di bidang politik serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar semakin mengerti dan cerdas dalam berpolitik.

Sedangkan Ketua panitia Mell Manafe,SH menyampaikan maksud dari kegiatan ini yakni  agar dapat memberikan pencerahan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan perilaku politik kepada komponen masyarakat demi terciptanya stabilitas politik di daerah, serta  memberikan ruang kepada peserta kegiatan untuk memperoleh dan membagi informasi-informasi yang memadai mengenai budaya politik. Dengan tujuan untuk merumuskan langkah-langkah tindak lanjut dan kebijakan operasional terkait pelaksanaan program pendidikan politik, menciptakan budaya politik dan stabilitas politik yang kondusif bagi terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kota Kupang.

Turut hadir, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, SH.M.Si sekaligus sebagai narasumber, Ketua KPUD Kota Kupang, Deky Balo, ST.MM dan Peserta Kegiatan Koordinasi Forum Diskusi Politik bagi masyarakat berjumlah 100 orang yang terdiri dari : Pengurus Parpol 33 orang, Tokoh agama 8 orang, Tokoh masyarakat 51 orang dan Tokoh pemuda 8 orang. ■■Editor: Juli BR/Top News NTT

Sumber : SP Bagian Humas Setda Kota Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *