THERESIA YEMMY : “RA KARTINI ADALAH SOSOK INSPIRASI BESAR SAYA”

Pada moment perayaan Hari KARTINI 21 April 2021, ditengah Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, dan bencana alam dimana-mana terutama badai Siklon Seroja (Senin, 5/4l) lalu, perempuan NTT dihadapkan pada berbagai problem akibat dampak kedua hal diatas.

Media ini mencoba mencari pendapat positif dari seorang figur perempuan tangguh, yang sangat mengidolakan tokoh RA Kartini : Theresia Yemmy, owner Kharisma Stationery dan Kharisma Home & Kitchen Kupang.

Lahir, Manggarai 28 Desember 1978, Tere saat ini menjadi penggalang donatur untuk memberikan sumbangan kepada NTT,  baik berupa sembako paku, kasur dan pakaian bekas.

Kepada media ini, Tere (sapaan-red) menyatakan,

“Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu tokoh wanita yang menjadi inspirasi besar dalam hidup saya. Betapa di zaman beliau ketika seorang wanita diposisikan begitu lemah dia mampu menjadi pelopor,pembangkit semangat untuk kaum wanita.Hal ini pasti tidaklah mudah dan pastinya banyak mendapat banyak sekali tantangan.” Ujarnya.

Di zaman sekarang sudah banyak berubah, wanita sudah memiliki banyak persamaan dengan kaum pria,kesempatan untuk meraih mimpi sangat terbuka lebar tanpa batas dengan kaum pria lagi.

Ada beberapa kalimat dari RA Kartini yang sangat menginspirasi saya:
“Banyak hal yang dapat mengalahkanmu. Namun sebenarnya hanya satu hal saja yang bener bener bisa mengalahkanmu,yakni sikapmu sendiri.”

“Tak ada awan di langit yang kekal selamanya. Tidak mungkin hari akan selalu cerah.Setelah malam yang gelap,pagi hadir membawa keindahan.Begitu juga dengan kehidupan manusia,sama dengan alam.”

“Sesekali, kamu harus merasakan berbagai kesulitan hidup terlebih dahulu, sebelum akhirnya kebahagiaan yang sempurna datang menghampirimu.”

“Ada begitu banyak kata-kata indah dari RA Kartini yang tak lekang oleh waktu,
Dan dii hari Kartini ini saya ingin berpesan beberapa hal untuk wanita di NTT khususnya :
1. Harga waktu
pakailah waktu di dalam hidupmu dengan sangat hati-hati dan berharga, karena waktu tak akan bisa kembali, isilah waktu di dalam hidupmu dengan hal-hal yang berguna yang memberi dampak buat keluarga dan sekitar kita, buang hal-hal sampah yang menyita waktu kita. Siapaun kita, sekalipun hanya seorang ibu rumah tangga biasa jadilah ibu RT yang sungguh-sungguh untuk mencetak generasi muda yang berkualitas.

2.Belajar Berusaha dan mandiri
isi waktumu dengan belajar, sekarang untuk belajar kita tak harus sekolah resmi, dari media sosial banyak kita bisa belajar hal hal baru dan positif, yang bisa mendatangkan lapangan pekerjaan buat kita,bahkan membuat kita menjadi wanita mandiri yang tidak bergantung pada orang lain bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.
Bahkan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga,  kita harus belajar untuk mendidik anak, mengatur keuangan dan membuat rumah tangga yang harmonis dan nyaman, kesemuanya itu memerlukan proses belajar.

3. Jangan menyerah
jadilah wanita yang tahan banting, kita harus berdiri di atas kaki kita sendiri, ketika kita jatuh harus bangkit kembali, jangan cengeng dan mudah berputus asa tidak ada penyesalan yang berkepanjangan, miliki spirit yang besar. Bahagia dan kesuksesan semua datang dari dalam diri kita sendiri orang lain hanya menjadi pendukung.

4. Berdampak
Jadilah pribadi yang berdampak untuk orang lain, berdampak untuk keluarga dan lingkungan sekitar kita. Kita tidak harus menjadi menteri sosial, menjadi guru atau pemuka masyarakat untuk memberi dampak pada orang lain sekitar kita. Kita bisa melakukan hal hal mulai dari hal kecil, memberikan bentuan untuk sekitar kita,memberikan nasihat dan memberi contoh teladan hidup kita sehingga kita bisa menjadi inspirasi untuk sekitar kita.

Apalagi di saat sekarang ini bencana yang sedang menimpa NTT kita tercinta, belum selesai dengan COVID 19 kita sudah harus menghadapi badai seroja, mari wanita NTT kita harus semangat bahu membahu,semangat dimulai dari diri kita sendiri,bangkit, dan angan menyerah, menjadi teladan di dalam keluarga dan menjadi pembawa damai dimanapun kita berada

5.Takut Akan Tuhan
1 Petrus 2;16-7 Firman panduan saya,
Hiduplah sebagai orang yang menderka, dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, Takutlah akan Allah, hormati Raja.

Dari rahim seorang wanita akan lahir generasi muda yang berkulitas, untuk memulai segala sesuatu, kita harus memiliki dasar iman yang kuat sehingga mampu memberikan buah buah roh yang baik dalam kehidupan kita dan orang lain.**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *