Theodorus Pareira : Yakin Di NTT Suzuki All New Ertiga Sporty Bakal Terjual Melebihi Target 2019

Kupang, Top News NTT.,■■ PT SBM (Surya Batara Mahkota) Kupang makin mantap di bisnis penjualan kendaraan bermerk Zusuki.  April 2019 lalu, PT SBM Kupang baru saja menlaunching  varian terbaru Ertiga  yaitu All New Ertiga Sporty. Dan akan menyusul 11 Mei mendatang Suzuki akan kembali  melaunching Suzuki All New Carry dengan guest star Artis Doddy Latuharhary,  di Lippo Plaza Kupang pada pukul 19.00 wita malam. Demikian penjelasan Theodorus Pareira kepada Media ini pada Minggu, 5/5/2019 malam lewat pesan wa.

Theodorus Pareira yang adalah Branch Manager PT SBM Kupang menyatakan sangat optimis SBM Kupang akan mampu melebihi target penjualan 2019 khusus All New Ertiga Sporty yaitu 25 unit setahun. Optimisme itu, menurut Theo karena fakta menggembirakan  bahwa sejak di launching pada awal April 2019 Suzuki All News Ertiga Sporty sudah terjual sebanyak  5 unit dari 7 unit yang ditargetkan per bulan.  Dan diharapkan pada  Mei 2019 ini akan  terjual  5 unit lagi. “Jika sebulan bisa 5 unit saja maka setahun sudah berapa unit?” Tulis pria berusia 37 tahun ini optimis.

Diakuinya  bahwa untuk pencapaian penjualan memang belum terlalu banyak karena produksi All New Ertiga Sporty yang terbatas.  Namun dengan fakta pencapaian awal  launching bulan April 2019  bisa terjual 5 unit terjual, cukup mengejutkan. ” Bisa terjual 5 unit  dalam sebulan merupakan sebuah prestasi. Karena harga Ertiga yang sampai dua ratusan juta lebih. Dan hal ini terjadi karena krue SBM Kupang solid dalam managemen pemasaran.” tandas pria asli NTT yang sudah mengabdi di PT SBM Kupang sejak 2010 sebagai pendiri.

Dipaparkan Theo, total target penjualan setahun khusus Ertiga semua varian  adalah 25 unit, dan khusus Type All News Ertiga Sporty sudah hampir mencapai target bulanan. “karena khusus Ertiga Sporty target kita 7 unit sebulan tapi  baru terealisasi 5. Itu pun karena belum semua  unit yang masuk. Secara umum tidak ada kendala, tinggal tunggu unit masuk langsung distribusi.” Jelasnya lagi melalui pesan whatsapp.

“Memang di kelas Low MPV ini cukup banyak merk main disini, kita juga sudah lakukan promosi lanjutannya dengan Gathering Customer pada akhir April lalu, dan hasilnya 15 spk Ertiga Sporty.
Saat ini kami lagi konsen agar sejumlah  unit mobil  bisa segera masuk Kupang.” Tulisnya menjelaskan tentang tantangan bagi penjualan  All New Ertiga Sporty di Kupang.

Terkait daya beli masyarakat Kota Kupang, menurut Theo secara umum mulai meningkat pada awal tahun sampai Pebruari. Tapi pada awal Maret – April 2019 agak menurun.  Tapi khusus di NTT,  bulan Mei sudah ada signal positif. Animo dan daya beli masyarakat NTT yang meningkat ini berlaku untuk semua merk kendaraan  Merk Suzuki. Namun diakuinya dalam setahun terakhir  sedikit menurun dari biasanya yang 200 unit per bulan. Dan  dalam dua bulan kemarin hanya terjual di angka 185 unit per bulan.

“Sedangkan dalam triwulan pertama kemarin 2019, Suzuki  All New Ertiga yang harusnya ditargetkan 25 unit per bulan,  kami hanya bisa mencapai 20 per bulan.  Rata-rata penjualan di kupang per bulan 15 unit dan 2 di wilayah timor, 3 di wilayah flores. Ini data per Januari – Maret 2019. Memang tidak sepenuhnya merugi sih, hanya margin penjualannya sedikit  berkurang.” Jelasnya lebih lanjut.

Pencapaian target penjulan semenjak SBM ada di wilayah NTT yaitu  sejak tahun 2010 hingga tahun buku 2018 kemarin, SBM Kupang, aku Theo,  bisa mencatatkan diri sebagai dealer dengan market share nomor satu (1) di indonesia. Dengan total pencapaian penjualan adalah 70% untuk penjualan  pick up, 30 % penjualan mobil Ertiga, Ignis, APV, dll.

“Sedangkan target yang ditetapkan semenjak berada di Kupang yaitu  sejak tahun 2010, adalah pada  angka 700 unit per tahun. Dan hingga saat ini SBM pada  tutup buku di tahun 2018 kemarin, bisa menjual  sebanyak 2250 unit per tahun.” Jelas Theo bangga.

Pencapaian ini, menurut Theo karena kerja keras dan solidnya team SBM Kupang. “Emang, Plus minusnya  model marketing kita dan model unit kita pasti ada, hanya yang membedakan Suzuki SBM dengan merk lain adalah loyalitas dan kerja keras, kerja smart.  Team SBM solid.” Ujarnya bangga.

SBM Kupang sudah menetapkan Target penjualan tahun  2019 adalah 2500 unit. Dan untuk merk Suzuki saja di NTT, tulis Theo  target penjualan untuk tahun 2019 semua jenis kendaraan Merk Suzuki adalah sebanyak  2500 unit.  “Kita optimis bisa melebihi target itu karena saat ini SBM sudah punya cabang di Kupang, Soe, Kefa, Atambua, Ende,  Larantuka, Maumere,  Ruteng, Labuanbajo, dan baru di buka Sumba,  Rote Ndao, Sabu Raijua dan Alor. Dengan dukungan  personil SBM  seluruh provinsi NTT yang  kurang lebih 200-an orang, kita optimis akan lebihi target.  Dan semua sudah buktikan bekerja keras.” Tulisnya bangga.

Komitmen team managemen adalah “Suzuki SBM untuk NTT.”

“Mengapa team penjualan SBM Kupang yakin target 2019 dapat dilampaui, karena kami sudah  buktikan lewat pencapaian target tahun 2018 yaitu sebanyak 2000 unit, yang dapat kami capai melebihi target, yaitu 2250 unit. Kami mental pemenang dan pasti tidak mau jadi nomor 2.” Tulisnya diakhir wawancara kami. ■■Juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *