STIE Oemathonis Mewisuda 180 Sarjana Ekonomi Angkatan XVIII

NTT, TOP NEWS NTT ■■ Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Ir.Elvianus Wairata, M.Si, menghadiri dan memberi sambutan pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Akuntansi dan Manajemen Strata Satu (S1) Angkatan XVIII Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Oemathonis Kupang Tahun Akademik 2018/2019 di Palacio Ballroom Hotel Aston Kupang, Sabtu (7/9).

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kupang sungguh berbangga dengan adanya institusi-institusi pendidikan tinggi, salah satunya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Oemathonis Kupang yang telah memberi arti dan warna bagi daerah ini, dirinya menilai bahwa Yayasan Santu Aloysius dan STIE Oemathonis memiliki kepedulian dan konsistensi dalam menciptakan lulusan terbaik bagi daerah karena telah berhasil mencetak 18 angkatan lulusan sampai pada saat ini. Bagi para wisudawan-wisudawati beliau menyampaikan bahwa sebagai lulusan baru, mereka akan turun di dunia nyata dan berkompetisi secara terbuka sebagai individu, mempertanggung jawabkan keilmuan yang telah didapat selama berkuliah di kampus STIE Oemathonis. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam konteks pengimplementasian ilmu yang diperoleh pada bangku kuliah di dunia kerja nyata, terkadang ilmu yang diperoleh tidak sesuai dengan kenyataan yang ditemui di dunia kerja, oleh karena itu ia mengajak agar para lulusan tidak berhenti belajar ketika sudah di dunia kerja nyata, sehingga tidak stagnan dalam mengembangkan diri dan karir.

Dirinya mengungkapkan bahwa pada bulan Oktober akan ada penerimaan PNS dan PPPK, sehingga diharapkan agar para wisudawan-wisudawati masuk dalam bursa kompetisi. “Pada prosesnya nanti anda tidak dapat mengandalkan koneksi seperti pada paradigma lama, dengan kemajuan dinamika yang ada maka pada seleksi bursa CPNS dan PPPK yang saya sebut tadi, anda yang mendaftar nantinya dituntut mampu berkompetisi secara sehat, tentunya dengan mengandalkan doa, kerja keras dan keahlian-keahlian yang sudah harus dimiliki misalnya keahlian mengoperasikan komputer. Anda akan bersaing dengan berbagai lulusan perguruan tinggi lain baik dari dalam maupun diluar NTT yang memiliki peluang yang sama dengan anda,” Ujar Penjabat Sekda sekaligus Asisten II Sekda Kota Kupang tersebut. Penjabat Sekda juga berpesan sekaligus memotivasi para wisudawan-wisudawati untuk memiliki jiwa entrepreneurship serta mampu menciptakan lapangan kerja baik untuk meningkatkan kesejahteraan diri sendiri dan juga bagi orang lain. “Anda semua dituntut untuk berdedikasi dan memberi warna yang lain di tengah masyarakat, jadilah agen pembaharu dalam membangun daerah khususnya kota Kupang,” Katanya memotivasi para wisudawan-wisudawati.

Penjabat Sekda juga menyampaikan selamat kepada para orangtua dan keluarga para wisudawan-wisudawati yang diwisuda hari ini, “Peristiwa hari ini merupakan bukti bahwa anak-anak bapak ibu telah mempertanggung jawabkan kepercayaan yang anda berikan kepada mereka. Penghargaan apresiasi setinggi-tingginya juga patut diberikan kepada para dosen serta staf STIE Oemathonis yang berdedikasi dan penuh kasih sehingga anak-anak dapat diwisuda pada hari ini,” Ujarnya yang disambut riuh tepuk tangan seluruh wisudawan-wisudawati.

Perwakilan Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII, Drs. Wayan Surjaya, M.AP dalam kesempatannya memberikan sambutan mengatakan bahwa acara wisuda hari ini agar tidak saja dipandang sebagai peristiwa akademik melainkan juga merupakan tolak ukur yang nantinya membawa suatu keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi baik di daerah maupun di tingkat nasional.

Surjaya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para lulusan yang diwisuda serta berharap agar para lulusan memiliki dan menerapkan keilmuan secara profesional, bertekad menjadi tenaga yang cerdas serta berkompeten di bidang masing-masing kelak ketika sudah bergelut dengan pekerjaan dan karir masing-masing.

Para wisudawan-wisudawati juga diharapkan dapat meningkatkan martabat serta melayani kepentingan masyarakat NTT, khususnya Kota Kupang. Apresiasinya disampaikan juga kepada orangtua dan keluarga para lulusan atas kesuksesan, jerih payah dan kepercayaan telah menitipkan anak-anak pada STIE Oemathonis sebagai tempat mereka dididik. Penghargaan serta ucapan terimakasih yang tinggi diberikan kepada dosen dan tenaga administrasi atas dedikasi dan kerja keras di dalam melayani dan mentransformasi keilmuannya hingga dapat mencetak lulusan-lulusan berkualitas pada hari ini.

Surjaya  berpesan kepada para wisudawan-wisudawati agar sebagai alumni senantiasa menjaga nama baik almamater selain nama baik keluarga dan diri sendiri. Wisudawan-wisudawati juga dituntut untuk mampu memberikan sumbangsih nya dalam pembangunan nasional melalui pengembangan keilmuan dan karir masing-masing serta terdorong untuk menjadi enterpreneur yang bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Pada kegiatan tersebut, Drs. Wayan Surjaya, M.AP, memberikan Piagam Penghargaan sebagai Lulusan Terbaik, kepada Mario Randi Banusu yang lulus dengan IPK: 3.98 dari jurusan Akuntansi dan Merlinda Khairunnissa, dengan IPK: 3.87 dari jurusan Manajemen.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Santo Aloysius, Johanes D. B. B. K. Assan, S.Kom, melaporkan bahwa pelaksanaan wisuda angkatan Ke-XVIII pada STIE Oemathonis Kupang tahun Akademik 2018/2019, sebelumnya telah dilaksanakan yudisium pada tanggal 2 September 2019 secara resmi memberikan gelar Sarjana Ekonomi (SE) kepada 180 lulusan, yang terdiri dari 93 orang dari jurusan akuntansi, 87 orang dari jurusan manajemen.

Aloysous juga sampaikan selamat serta sukses kepada para wisudawan-wisudawati serta berpesan agar ilmu yang diperoleh pada STIE Oematonis Kupang dapat dikembangkan serta diimplementasikan di lingkungan masyarakat secara nyata. “Sebagai sarjana, jadilah sarjana yang berkarakter, mandiri, profesional dan siap berkompetensi di dunia yang sebenarnya, untuk itu, selalu belajar dan mengembangkan serta membekali diri agar siap menghadapi kompetisi kapanpun dan danapun,” kata Ketua Yayasan Santu Aloysius, Johanes D. B. B. K. Assan, S.Kom.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Perwakilan Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII, Drs. Wayan Surjaya, M.AP, Ketua STIE Oemathonis Kupang, Drs Antonius Ugak, M.Si, Ketua Yayasan Pendidikan Santo Aloysius, Johanes D. B. B. K. Assan, S.Kom, ketua dan para anggota senat terbuka luar biasa STIE Oemathonis Kupang, para dosen, staf serta para orang tua dan keluarga dan para wisudawan-wisudawati.■■ editor : Juli BR/Top News NTT

Sumber : SP Bagian  Humas Kota Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *