Sinergikan Kemitraan, BI NTT dan OJK NTT Ajak 24 Jurnalis Ikut Media Gathering di Nembrala Beach

  • Bagikan

NEMBRALA-ROTE BARAT, TOPNewsNTT||Sinergikan Kemitraan dalam penulisan berita ekonomi perbankkan, dan OJK, BI Kantor Perwakilan NTT dan OJK NTT menggelar Media Gathering dengan Thema “Sinergi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT dan Otoritas Jasa Keuangan Ptovinsi NTT” di Aula Anugerah Dive & Resort Nembrala Beach, Rote Barat, Rote Ndao (19-21/11).

Foto bersama di pantai Nembrala

Kegiatan ini melibatkan 24 jurnalis dari Media Elektronik, Cetak dan Owner Media Siber dari kota Kupang, NTT.

Kegiatan dimaksudkan untuk menjalin sinergitas dalam pemberitaan terkait kinerja BI Perwakilan NTT dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di NTT bermitra dengan Pemda.NTT, serta Kinerja dan Upaya OJK Provinsi NTT dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja bank di NTT dalam pelayanan terhadap masyarakat dan pembangunan NTT, serta kemitraan terhadap media dalam pemberitaan berbagai informasi dan data dalam kebutuhan publikasi.

Kegiatan diisi dengan kunjungan ke obyek wisata Pantai di wilayah Rote Barat Daya yakni Pantai Lifulada, Pantai Batu Putih, Pantai Lodik, Pantai Telaga Nirwana, Pantai Danau Mangrove Pantai  Batu Termanu di Rote Tengah, serta kunjungan ke pusat UMKM Tenun Ikat Rote Ndao di Kota Ba’a, Ibu Kota Kabupaten Ndao serta perjalanan kembali ke Kota Kupang. Kunjangan ke obye-obyek wisata dipandu Kabid Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Rote Ndao, Bambang Seno.

Hari kedua peserta menikmati Sun Set di Pantai Nembrala dan makan malam di Rest n Resto Nembrala Rote Barat.

Hadir sebagai nara sumber pada kegiatan yang digelar dalam bentuk pemaparan oleh Karo.Perrkonomian dan Administrasi Pemerintahan Setda NTT Dr.Lerry Rupidara,M.Si mewakili Pemprov.NTT yang membeberkan apa saja upaya pemerintah dalam membangun NTT diberbagai sektor demi tercapai NTT Bangkit, NTT Sejahtera.

BI Perwakilan Provinsi NTT hadir
Daniel Agus Prasetyo: Deputi Kepala Perwakilan/Kepala Tim Implementasi Kebijakan SP, PUR dan MI dan Ariyanto
Wakil Ketua Otoritas Jasa Keuangan Prov.NTT serta Hery

Dr.Lery Rupidara dalam pemaparannya mengatakan bahwa pemlrov.NTT sudah melaksanakan berbagai upaya lewat program dan dukungan anggaran untuk memulihkan kembali perekonomian NTT.

Walau di tengah hantaman Pandemi Covid dan Seroja, namun pertumbuhan ekonomi sedikit melambat dari 4% lebih dan turun menjadi 2%lebih. Namun Dr Lery meyakinkan dan akan berupaya agar pertumbuhan ekonomi akan naik jadi 7% di 2020.

Kegiatan Media Gathering menghadirkan pemateri Kepala Biro (Karo) Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT Larry Rupidara, Wakil Ketua Otoritas Jasa Keuangan Provinsi NTT Setia Ariyanto,  Kepala Tim Implementasi Kebijakan SP, PUR dan MI KPw BI NTT, Daniel Agus Prasetyo, Deputi KPw BI NTT, Harry Catur Wibowo, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTT, Fery Jahang dan Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT, Agustinus L.B. Baja.

Deputi Kepala Perwakilan BI NTT, Harry Catur Wibowo mengatakan, kegiatan media gathering digelar sebagai bentuk silaturahmi dan sinergi antara Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan media sehingga memiliki semangat dalam pembangunan perekonomian di Provinsi NTT melalui berbagai pemberitaan. Sehingga pemberitaan media bisa membantu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara kunjungan ke obyek-obyek wisata yang menjadi bagian dari kegiatan media gathering, menurut Harry Catur Wibowo, karena pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam pembangunan ekonomi di Provinsi NTT. Di sektor Pariwisata banyak bertumbuh UMKM yang penting bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara Kepala Tim Implementasi Kebijakan SP, PUR dan MI KPw BI NTT, Daniel Agus Prasetyo, menjelaskan tentang kebutuhan uang tunai dan uang non tunai menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2022. Menurut Daniel Agus Prasetyo, BI NTT menyiapkan Rp2,8 triliun uang tunai untuk kebutuhan masyarakat NTT selama merayakan Natal dan Tahun Baru 2022. BI juga telah berkoordinasi dengan kalangan perbankan terutama dalam kesiapan fasilitas ATM untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Sedangkan Wakil Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTT, Setia Ariyanto mengatakan, media gathering merupakan silahturahmi untuk terus menjaga sinergi antara BI dan OJK dengan media. Setia Ariyanto juga menjelaskan pertumbuhan asset dan kredit kalangan perbankan dan perkembangan lembaga jasa keuangan lainnya dalam memberi akses kredit dan pelayanan kepada masyarakat.

Terutama, kata Setia Ariyanto, bagaimana peran Bank NTT sebagai bank pembangunan daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat/ekonomi UMKM. Dengan harapan pemberitaan media membantu mendukung melalui pemberitaan sehingga menghadirkan kondisi pertumbuhan ekonomi yang baik bagi masyarakat.

Materi Etika Jurnalistik dan Standar Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTT Fery Jahang dan Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT Agustinus L.B. Baja.|| juli br

  • Bagikan