Pilih Pengurus 2021-2026 dan Penguatan Organisasi, MUI NTT Gelar Musda XI

  • Bagikan

NTT, TOPNewsNTT|| MUI NTT menggelar Musyawarah Daerah XI tahun 2021 pada Rabu, 1/12 di Aston Hotel.

Hadir wakil gubernur NTT Josef A.Nae Soi dan Ketua DPRD provinsi NTT Elmilya J.Nomleni. Hadir juga Sekjend.MUI Pusat Buya Dr. H. Emirsyah Tambunan, Ketua MUI NTT Abdul.Makarim, Dewan Penasihat, Pengurus MUI NTT, Hj.Moh.Wongso Ketua MUI Kota Kupang yang digadang-gadang sebagai calon kuat Ketua MUI NTT periode 2021-2025. Turut hadir pimpinan kembaga agama dan lembaga masyarakat.

Ketua Panitia Musda XI, Abdullah Ulumando, SE dalam laporannya mengatakan bahwa Musda akan digelar selama 3 hari (1-3/12) dan akan membahas konsolidasi organisasi dan memilih pengurus periode 2021-2025.

MUI NTT selama perjalanan hingga sampai 2021 ini sudah melaksanakan berbagai kegiatan positif baik dengan pemerintah NTT maupun dengan berbagai lembaga agama dan lembaga kemasyarakatan dalam mendukung roda pemerintahan dan pembangunan di berbagai bidang.

K.H.M.Wingso, ketua MUI Kota Kupang, calon kuat Ketua MUI NTT

Buah hubungan baik ini maka ada keharmonisan diantara lembaga agama.

Sementara Ketua MUI NTT K.H.Abdul Kadir Makarim dalam sambutannya mengatakan MUI NTT selama ini selalu merawat nilai-nilai toleransi diatas keberagaman di NTT.

Makarim menyebut selama 25 tahun kepemimpinannya di MUI NTT selalu mengutamakan perbedaan dari keberagaman di NTT. Harus mengedepankan netralitas dalam keberagaman NTT. Harus bisa mengambil sikap yang tepat dalam berbagai situasi yang tidak merugikan atau menguntungkan pihak manapun sehingga terjaga toleransi dan keamanan di antara semua umat yang berbeda.

Berdampingan dengan pemerintah NTT dan berbagai lembaga agama, MUI NTT juga senantiasa terlibat dalam proses pembangunan diberbagai bidang dengan tetap menjaga marwah organisasi tetap diutamakan.

Merawat persaudaraan dan toleransi sebagau perekat organisasi intra agama. Ia berharap siapapun yang terpilih memimpin MUI NTT dapat menjalankan roda organisasi dengan bermitra dengan pemerintah sambil  merawat dan menjaga silaturahmi dengan berbagai elemen lain demi NKRI maju.

Sekjend.MUI Pusat Buya Dr. H. Emirsyah Tambunan dalam sambutannya berharap hal yang sama dari Musda MUI NTT ke XI.

Ia mengingatkan MUI bukan organisasi biasa tapi organisasi yang terdiri dari berbagai organisasi kemasyalatan baik dari berbagai tngkatan sehingga ia berharap lewat Musda XI ini bisa menghasilkan kesepakatan menjalan roda organisasi sesuai Nilai-nilai Ideologi Pancasila, UUD 2945, Bhineka Tunggal Ika agar NKRI tetap jaya dan teguh sambil merawat toleransi dalam keberagaman dan menjaga marwah organisasi.

Ia juga mengatakan bahwa MUI juga punyabtekad untuk selalu ikut dalam semua rencana program membangun dan pemulihan ekonomi Indonesia dari rongrongan Pandemi Covid 19 dan Seroja, terutama prmulihan UKM sebagai basis pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ia menyebut prihatin dengan sistem akses pendanaan dan pemberdayaan yang berbentuk kerucut yakni terbuka besar keatas ke pengusaha besar tapi nengerucut ke masyarakat atau UKM.

MUI sebagai pelayan ummat dan sodikun ummat atau mitra pemerintah. MUI akan mendukung pemerintah yang bekerja sesuai aturan. Ia juga mencontohkan kebijakan  UU Omnibuslaw yang sedang mendapat berbagai kriikan akibat keputusan yang dinilai inkonstitusional, syarat diberikan 2 tahun kalau tidak bisa diperbaiki maka harus dibatalkan. Nah ini tidak sesuai konstitusi NKRi yakni kedaulayan sepenuh ada di tangan rakyat artinya ada hal yang tidak sesuai konstitusi maka rakyat dapat menyampaikan keberatan untuk ditinjau kembali oleh pemerintah agar NKRI berjalan sesuai konstitusi yang sebenarnya.

Buya menitipkan dua pesan bagi Musda XI MUI NTT karena ini adalah forum resmi maka  Aspirasi, Usul, Saran, Kritik ide-ide harus dirumuskan menjadi keputusan bersama sesuai konstitusi lewat majelis pemuslawatan ini. Apapun pikiran pendapat ia katakan dipercaya bisa diselesaikan bersama sebaik-baiknya.

Kedua Buya berpesan agar siapaun yang terpilih sebagai Ketua MUI NTT didoakan dapat memimpin organisasi dengan harmonis dan kekompakkan antara kata-kata dan perbuatan. Menjalankan program organisasi dengan menghargai keberagaman dalam kebhinekaan serta tetap mendahulukan Ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Sementara wakil gubernur Josef Nae Soi mengatakan dalam sambutannya bahwa sangat apresiasi MUI NTT yang selama pengamatanya selalu berjalan bersama pemerintah dengan elemen lain di NTT menjalankan dan bermitra dengan menghargai keberagaman dalam kebhinekaan Tunggal Ika serta mengutamakan Ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Ia.minta dalam muktamar ini mengutamakan ide, usul, saran dan dalam suasana musyawarah untuk mufakat. MUI adalah orgabisasi yang luar biasa yang kedepankan hubungan humanisme.

Ia memberikan apresiasi atas nama pemetintah NTT dan ucapan selamat bermusyawarah.

Ia mengingat visi misi pemerintahan NTT Bangkt dan NTT Sejahtera dengan komitmen apa yang sudah dilakukan untuk sesama.

Sementra H.M.Wongso yang adalah ketua MUI Kota Kupang yang digadang-gadang calon kuat Ketua MUI NTT periode 2021-2026 mengatakan ia tidak mencaonkan diri, tapi jika memang dicalonkan dan dipercaya ia akan kembali memikul tanggung jawab memimpin organisasi ini dengan berpegang pada ad art organisasi serta meneruakan program kerja yang sudah ditetapkan.|| juli br

 

 

  • Bagikan