Panitia Prosesi Paskah 2020 Sinode GMIT, wujudkan arti pengorbanan Tuhan Yesus lewat aksi donor darah

Religi Warta Kota

KUPANG, TOP News NTT  ■■ Panitia Prosesi Paskah 2020 Sinode GMIT NTT beri makna perayaan Paskah 2020 lewat kegiataan kemanusiaan yaitu senam bersama dan aksi donor darah sebagai rangkaian pembuka dalam rangka perayaan Paskah 2020 pada Arena CFD Sabtu, 22/02/2020.

Anggota seksi acara  Paskah Adyt F.Tiran kepada media ini disela-sela aksi donor darah menyatakan sangat berterima kasih atas semua kerja sama kepada ketua majelis jemaat GMIT Anugerah dan pemuda, yang telah sediakan tempat dan ikut kontribusi dalam aksi senam dan donor darah. Terutama pendonor darah bukan hanya dari jemaat dan pemuda gereja Anugerah tapi dari pengunjung CFD ikut mendonorkan darah sejak jam 06.00 wita sampai jam 9.56 wita sudah 92 kantong darah berhasil didonor.

Adyt juga menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai awal rangakain pra-perayaan prosesi Pasksh 23 April 2020. “Sabtu ini dari jam 06.00 wita, kami lakukan senam kesehatan bersama, dan ditutup dengan aksi donor darah. Tapi ini bukanlah kegiatan ceremonial biasa namun kami  lakukan dengan dasar pertimbangan akan kebutuhan darah untuk semua rumah sakit di NTT khususnya Kota Kupang. Kondisi minimnya persediaan darah akibat berbagai penyakit seperti DBD yang biasa berkembang di awal tahun perubahan musim inilah yang membuat Panitia Prosesi Paskah 2020 Sinodr GMIT NTT gelar aksi donor darah ini. Dan masih ada kegiatan sosial lain yang akan dilakukan sampai puncak perayaan Paskah pada 13 April 2020 yang ditutup dengan prosesi pawai paskah.” Jelas Adyt yang merupakan ASN pada Biro Humas Setda provinsi NTT.

Kegiatan sosial lain yaitu aksi bersih dalam dukung NTT Bersih di Pantai Manikin, Tarus dan Pasar Oeba di Fatubesi, Kota Lama. “Kami ingin dukungan semua kkmponen masyarakat dan semua orang muda di klasis Kupang Tengah, Timur, Barat dan Kota Kupang. Ada juga aksi tanam pohon untuk dukung Revolusi Hijau program pemprov NTT dan Gerakan Ayo Berubahnya pemkot  Kupang. Kami ingin jadi agen of change sehingga kegiatan perayaan paskah 2020 tidak saja bersifat rohani saja tapi langsung menyentuh kebutuhan masyarakat di ruang publik.” Tandas Adyt yang juga seorang MC terkenal bukan saja di Pemprov NTT tapi di NTT.

“Minggu, 23/2/2020 kita akan mulai merayakan minggu sengsara Tuhan Yesus, maka kita harus memaknainya sebagai pemuda GMIT bahwa kesengsaraan Kristus memiliki makna yang dalam, yaitu kita harus sengsara seperti Kristus  untuk memaknai teladan Kristus yang sudah lebih dulu memberi darahNya bagi keselamatan kita umat manusia. Seperti aksi donor darah hari ini, adalah bagian dari perwujudan pemahaman tentang karya keselamatan Tuhan Yesus di kayu salib. Dengan memberikan darah kita, maka kita memaknai bagaimana darah itu penting bagi sesama yang menerlukan. Seperti teladan Ktistus yang sudah membuktikan kasihNya lewat penyaliban di kayu salib dan darahNya menyelamatkan kita dari hukuman dosa, maka wujud kita memaknai kasih Kristus itu adalah seperti hari ini aksi donor darah. Karena setetes darah kita sangat berarti bagi orang lain yang membutuhkannya. Darah kita menyelematkan sesama yang butuh darah karena berbagai kondisi yang membuat ia berada pada kondisi kritis.” Jelas Adyt tentang makna filosofi rohani dalam aksi donor darah pemuda GMIT Anugerah dalam rangka perayaan Paskah 2020.

Puncak perayaan paskah adalah pada 13 April akan ada  prosesi paskah (pawai) yang titik starnya dimulai dari depan gereja GMIT Anugerah dan finish di jemaat GMIT Talitakumi Pasir Panjang.

“Dan seperti biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya buka saja prosesi pawai akan diikuti oleh umat Kristen saja; tapi juga ada barisan toleransi yang diikuti oleh pemuda Muslim, Hindu dan Budha di Kota Kupabg dan sekitarnya.” Jelas Adyt.

David Natun ketua pengurus pemuda sinode GMIT Sinode  senada dengan Adyt F.Tiran menyatakan bahwa pada dasarnya Sinode GMIT sangat mendukung setiap kegiatan seperti ini yang kali ini di gelar dengan kerja sama dengan pemuda dna jemaat GNIT Anugerah dengan ijin Ketua Majelis Jemaat Anugerah El Tari dan masyarakat kota Kupang yang datang pada CFD hari ini.  Ini merupakan sebuah aksi kemanusiaan yang menunjukkan wujud kasih terhadap sesama seperti yang diteladankan oleh Yesus Kristus di kayu salib.

Kegiatan ini juga adalah program panitia prosesi paskah 2020 Sinode GMIT NTT  dan  dapat melalukannya dengan melibatkan bukan saja hanya pemuda dan jemaat gereja setempat, tapi masyarakat luas dan bahkan dari agama lain.

David berharap agar apa yang sudah dimulai oleh Panitia Prosesi Paskah Sinode ini bisa dilakukan juga oleh pemuda dan jemaat gereja GMIT lain dan bahkan seluruh masyarakat NTT. Mengingat betapa penting dan berharganya setetes darah manusia bagi keselamatan hidup sesama yang butuh. Jadi David berharap kegiatan positif seperti ini bisa terus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat, organisasi  dan lembaga agama dan pemerintah di NTT.

Naomi Nesimnasi,  staf UPT PMI Provinsi NTT menyatakab bahwa sangat senang dengan aksi donor darah hari ini, karena saat ini  stok darah di UPT PMI  provinsi  NTT sudah kosong sejak beberapa hari lalu karena meningkatnya pasien DBD. Sehingga PMI sangat menyambut baik aksi donor darah hari ini yang sudah terkumpul 92 kantong darah.

PMI NTT menurut Naomi butuh sebulan butuh 1.000 kantong darah. Tapi pendonor tidak sampai 1000 sehingga PMI sudah lakukan upaya internal dengan meminta instansi-instansi pemerintah dan organisasi masyarakat untuk mendonorkan darah.
“Untuk kebutuhan darah darurat maka kami minta keluarga pasien, tapi program PMI sendiri adalah menjemput bola seperti kegiatan aksi donor darah hari ini. Kami berharap bisa peroleh 100 kantong lebih. Apalagi sekarang musim DBD, kami juga dangat butuh darah trombosit.” Tandas Naomi.

“Lewat media ini kami himbau  agar jika ada masyarakat mau dengan sadar sumbangkan darahnya langsung saja ke  ke PMII provinsi NTT.  Jika mau mendonorkan darahnya maka bisa kunjungi langsung UPT PMII NTT di jalan ketela no 8.” Ujar Naomi. ■■jbr