Mendagri dukung Belu dan Malaka jadi Daerah Tujuan Wisata

Birokrasi Pariwisata Budaya

Atambua, Topnewsntt.com., Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, berharap visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef A. Nae Soi, dapat segera dilaksanakan sehingga dirasakan oleh masyarakat NTT. Harapan Mendagri, Belu dan Malaka dapat menjadi daerah tujuan wisata.

“Saya kira lewat program Pak Gubernur, Belu dan Malaka dapat menjadi tujuan wisata dan saya sangat mendukung. Bandara ditingkatkan juga sebagai daerah penghasil brambang (bawang merah), tomat, cabai dan garam harus segera ditumbuhkan,” jelas Tjahjo, di Galeri Tenun, Atambua (Belu), Selasa (18/9).

Mendagri selaku Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), didampingi Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, melakukan kunjungan ke Galeri Tenun Atambua sebagai salah satu rangkaian acara HUT BNPP ke 8. Direncanakan Mendagri akan hadir dalam puncak acara HUT BNPP dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dikutip dari rilis pers Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Mendagri Tjahjo Kumolo, menceriterakan pengalamannya mencicipi brambang, tomat, garam dan cabai khas Belu. Katanya, hasil panen daerah Belu, merupakan salah satu hasil panen dengan kualitas terbaik di Indonesia. “Lihat saja, tomat, cabai dan brambang yang ukurannya jauh lebih besar dan rasanya lebih enak dibandingkan di tempat lain. Ditambah garam yang sudah panen sampai 10 ton ini luar biasa,” tambahnya.

Kendati hanya daerah setingkat kabupaten, Belu dan Malaka harus bisa mandiri dan bersaing di sektor pariwisata dan produksi hasil pertanian. “Malaka dan Belu, walaupun hanya daerah setingkat kabupaten, namun harus mampu bersaing dengan daerah besar lainnya dalam hal pariwisata dan pertanian. Malaka dan Belu sangat punya potensi, mari kita dukung bersama,” tandasnya.

Mendagri Tjahjo Kumolo, sangat menaruh harapan besar bagi kemajuan provinsi NTT. Melalui semangat Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK), membangun dari daerah pinggiran terbukti tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) telah dibangun dan diresmikan Presiden. Yaitu, PLBN Mota Ain, Mota Masin dan PLBN Wini (TTU).
“Fakta ini menjadi semangat kami untuk menunjuk NTT menjadi tuan rumah HUT BNPP ke 8 agar NTT lebih dikenal,” tandas Mendagri. **))juli br

Sumber :  Siaran Pers Biro Humas NTT