Luar Biasa EXPO EKRAF NTT Disparkeraf NTT Hari Pertama 31 UMKM Omset Jutaan Rupiah

  • Bagikan

KUPANG, TOPNewsNTT|| Luar biasa respon UMK NTT terhadap gebrakan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT lewat EXPO EKRAF NTT yang baru pertama kali dilaksanakan dan diinisasi oleh Dinas yang selama ini dikenal hanya memgurusi pariwisata. EXPO EKRAF NTT berlangsung dari 29/6 -2 /7 ini langsung diserbu oleh 29 peserta Pelaku Ekraf.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia Expo Alosius Bria kepada media dalam wawancara usai pembukaan pada Selasa, 29/6 kemarin.

Karena kondisi pandemi, panitia awalnya membatasi hanya 26 UMK walaupun banyak pendaftar. Namun tak disangka pelaku UMKM melihat ke lokasi Kantor Disparkeraf saat pembukaan antusiasme masyarakat yang menyerbu semua jajanan habis sebelum jam 2 siang, maka pelaku UMKM ajukan pendaftaran.

Antusiasme pengunjung yang membeli di stand nampak dari catatan  total transaski di 31 Stand, hari pertama  Selasa, 29/6 transaksi 29 standa sudah mencapai Rp. 9.785.000,00.

Dari 31 Stand ada 2 Stand yang tidak bertransaksi yaitu PT. Pertamina Persero (Petra shop) jual Aksesoris dan Tenun dan Lily Mesah jual kain tenun.

Transaksi  terbesar adalah dari stand Hetllu Sport Indonesia senilai Rp. 2.375.000,00 dan transaksi terendah adalah Kopi Bikers Bold senilai Rp. 20.000,00.

Kepada awak media, Ketua Panitia EXPO EKEAF NTT yang juga ketua Komite EKRAF NTT menjelaskan bahwa kondisi ini sangat menggembirakan serta memberi spirit dan daya doromg bagi komite untuk menggelar event serupa dengan segala perbaikan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keterampilan pelaku UMKM untuk lebih membuat produk kreatifitas bermuatan seni dan pariwisata dan bernilai ekonomi tinggi

Kadis Parkeraf NTT I Wayan Darmawa menjelaskan tujuan Expo adalah memberi kesempatan bagi pelaku pariwisata agar memamerkan hasil kreatifitas mereka untuk dikenal masyarakat dan memiliki value ekonomi.

Ia merencanakan EXPO EKRAF  NTT ini akan digelar setiap tahun dengan peserta lebih banyak, dengan konsep yang sama yaitu no bugdet.

EXPO EKRAF  NTT 2021 ini memiliki #MaloiBetado# yang memiliki arti arahkan pandangan, amati, miliki, dam cintai hasil produk kerajinan NTT. Karena kaya akan segala nilai.|| juli br

 

 

 

 

  • Bagikan