KPU Provinsi NTT Gelar Rapat Pleno Terbuka, Tetapkan Perolehan Kursi Dan Calon Anggota DPRD Provinsi NTT Periode 2019-2024

NTT, TOP NEWS NTT.,■■ Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT, gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan 65 Calon Anggota DPRD Provinsi NTT terpilih  hasil pemilu 2019. Rapat Pleno ini berlangsung pada Senin,22/7/2019 di Hotel Aston Kupang.

Dan penetapan adalah bagi  8 dapil  hasil perolehan suara pileg 2019. Hadir antara lain ketua DPRD Provinsi NTT periode 2014-2019 Anwar Pua Geno, Ketua DPD Partai Golkar Kota Kupang Jonas Salean, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi NTT Ince Sayuna, Nelson Matara, dan anggota terpilih lainnya dan saksi.

Ketua DPRD Provinsi NTT 2014-2019 Partai Golkar Anwar Pua Geno

Hadir memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan ini adalah asisten 2 Setda Provinsi NTT Djamaluddin Akhmad.

Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu dalam sambutannya menyatakan bahwa moment ini sangat bermakna,  karena dari sinilah KPU sebagai penyelenggara mempertanggung jawabkan hasil pungutan suara yang telah berlangsung pada 17 April 2019 lalu. Dan hari ini akan dibacakan penetapan suara-suara pemilih yang telah dikonversi menjadi kursi dan kursi yang diperoleh tersebut akan diduduki oleh calon terpilih. “Tahapan tersebut menggunakan metode Sainte Lague sehingga masyarakat umum telah mengetahui informasi kursi dan calon-calon terpilih pada setiap partai politik dan daerah pemilihan setelah proses rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat Provinsi pada tangga 12 Mei 2019.” Tandas Thomas.

Thomas menjekaskan bahwa waktu penetapan sedikit lama karena KPU masih menghadapi gugatan hasil perselisihan hasil Pemilu presiden dan pilpres. Namun syukur karena untuk pileg  DPRD Provinsi NTT 2019 tanpa perselisihan atau gugatan sama sekali, sehingga bisa dilaksanakan penetapan perolehan suara dan penetapan calon terpilih DPRD Provinsi NTT.

“Proses ini terjadi selama 22 bulan dan banyak dinamika terjadi, namun sebagai ketua KPU, saya sangat apresiasi bahwa partisipasi  masyarakat sebanyak 80%, dan ini terbanyak selama pemilu serentak terjadi dan paling tinggi dibandingkan pemilu sebelumnya.” Ujar Dohu mengapresiasi.

Pada Pileg 2019 inipun terjadi peningkatan calon legislatif perempuan yang juga makin tinggi yaitu 12 orang terpilih atau setara dengan 18,46%. Dari total jumlah 65 orang calon terpilih, terdapat 40 wajah baru atau setara dengan 61,53%. Karenanya Ketua KPU NTT  berterima kasih kepada Parpol peserta pemilu tingkat provinsi NTT yang telah melalukan proses rekruitmen calon, dan dari total 932 calon akhirnya hari ini kami peroleh 65 calon terpilih hasil pilihan rakyat NTT.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor B.Laiskodat,  dalam sambutan yang dibacakan oleh asisten 2 Setda Provinsi NTT djamuluddin Akhmad,  menyatakan bahwa proses pemilu sampai pada penetapan adalah seperti sebuah proses yudisium bagi yang lulus karena berlangsung dalam sebuah proses yang panjang. Namun gubernur apresiasi karena pemilu sudah berlangsung secara Luber dan Jurdil ( Langsung Umum Bebas, Rahasia, dan Jujur,  Adil).

Gubernur tak lupa sampaikan ucapan terima kasih kepada Penyelenggara Pemilu (KPU), Pengawas Pemilu, Masyarakat, TNI/POLRI dan semua pihak yang sudah mendukung semua proses.

Pada kesempatan ini, Gubernur menggaris bawahi dua hal penting yakni Kepercayaan Rakyat, dan Mewakili Rakyat.
Kepercayaan rakyatlah yang menjadi dasar pemilu dan proses yang sudah berlangsung. Kepercayaan masyarakat juga akan menjadi muara penggunaan semua hasil pemilu. Arti mewakili rakyat yaitu bahwa dari 932 calon tetap Anggota DPRD Provinsi NTT, maka calon terpilih sebagnyak 65 orang yang ditetapkan akan mewakili 5 juta lebih rakyat NTT,  bukan hanya mewakili sejumlah orang didapil mereka. Harapan dan amanah rakyat diletakkan diatas pundak 65 calon terpilih ini untuk menyuarakan aspirasi mereka.

Setelah penetapan maka akan diikuti dengan persiapan peresmian keanggotaan DPRD pada September  2019. Dan harapan gubernur dengan berakhirnya semua proses pileg 2019 maka berakhir juga segala perbedaan pilihan. Dan kembali merajut tali persaudaraan dan kebersamaan  untuk dapat membangun bangsa dan daerah bersama para pemimpin bangsa dan legislatif  terpilih.

Penetapan presiden periode 2019-2024 dan pelantikan akan berlangsung pada Oktober 2019. Dan gubernur ajak semua masyarakat NTT untuk dukung pemimpin bangsa terpilih dan wakli rakyat terpilih, sehingga benar-benar  mereka menjaga amanah dan kepercayaan rakyat.

Dari hasil penetapan maka diumumkan 6 peringkat perolehan suara  calon Anggota DPRD Provinsi NTT hasil Pileg 2019 untuk ke 8 dapil.

Untuk perolehan kursi di DPRD NTT, PDIP dan Golkar sama-sama mendapatkan 10 kursi. Disusul Partai Nasdem 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN, Gerindra, dan Perindo masing-masing 6 kursi, Hanura 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP dan PSI masing-masing 1 kursi.

Anwar Pua geno kepada media ini menyatakan apresiasi kepada KPU NTT yang sudah bekerja keras dan  profesional dan kepada TNI Polri yang sudah mengawal pelaksanaan pemilu serentak 2019 yang sudah berlangsung dengan sukses dan aman. “Sebagai ketua DPRD Provinsi NTT saya apresiasi penyelenggara, parpol, caleg, TNI Polri yang sudah selenggarakan proses pemilu dengan baik, terima kasih atas  partisipasi dan  kontribusi masyarakat pada pemilu serentak 2019 yang capai 80%. Saya berharap apapun hasilnya, semua ini  untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan provinsi ini. Dan semoga penetaoan perolehan hasil suara pada pileg 2019 di 8 dapil bagi 65 calon hari ini, dapat diterima oleh semua kalangan dan terutama parpol. Inilah dinamika politik kita, perbedaan pilihan politik tidak akan terus berlangsung. Dan kepada anggota DPRD Provinsi NTT semoga bisa bekerja mendukung program pemprov.NTT  bangkit NTT sejahtera. Dan apresiasi juga bagi masyarakat dan semua peserta pemilu 2019  karena untuk DPRD Provinsi NTT  tidak ada gugatan dan ini menunjukkan bahwa masyarakat, parpol dan caleg makin dewasa dalam berpolitik.” Ujar Anwar.

Jonas Salean,SH,M.Si (calon anggota DPRD provinsi NTT) periode 2019-2024

Jonas Salean, calon anggota DPRD  Provinsi NTT terpilih pada Pileg 2019 partai Golkar dapil 1 Kota Kupang kepada media ini juga sampaikan apresiasi dan rasa terima kasih juga kepada KPU yang sudah melaksanakan proses pemilu dengan baik dan tanpa gejolak berarti. Dan sebagai proses selanjutnya yang masih sisa yaitu penentapan ketua DPRD Provinsi dan pelantikan semoga juga berjalan dengan sukses.

Nelson Matara Calon Anggota DPRD Terpilih 2019-2024 Partai PDIP dan calon ketua DPRD Provinsi NTT periode 2019

Nelson Matara calon terpilih pileg 2019 dapil 1 partai PDIP juga memuji kinerja KPU sebagai penyelenggara Pemilu serentak 2019. Dan berharap hasil penetapan hari ini bisa segera bertugas melayani masyarakat dan mendukung pembangunan di NTT. Terutama dalam pelaksanaan pengawasan kinerja pemprov dalam mensukseskan program gubernur yaitu NTT Bangkit NTT Sejahtera. Terkait namanya yang masuk birsa calon ketua DPRD Provinsi NTT Nelson dengan rendah hati menyatakan menunggu hasil penepatan dan dikembalikan kepada kebijakan ketua partai. ■■Juli BR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *