KPU Provinsi NTT Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 (7-10 Mei 2019)

NTT, Top News NTT., KPU NTT menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019 bagi Pilpres, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi untuk 6 kabupaten yaitu Manggarai Timur,  Sumba Timur, Sumba Tengah, Sabu Raijua, Rote Ndao dan Belu. Rapat Pleno ini akan berlangsung selama tiga hari (7-10 Mei 2019).di Sahit T-More Hotel. Besok dua kabupaten, Nagakeo dan Malaka, sampai hari ke ketiga sambil menunggu hasil perhitungan dari 22 kabupaten dan kota lain. Sedangkan kota Kupang sendiri masih ada 3 kecamatan yaitu Oebobo, Kelapa Lima dan Maulafa yang lakukan pleno sampai tanggal 7 Mei hari ini.

Dalam sambutannya membuka kegiatan ini wakil  gubernur NTT  menghimbau agar semua pihak  harus merawat toleransi civilius dan dogmatis di bumi NTT.

Wakil Gubernur Nae Soi  juga  mengapresiasi petugas KPU dari tingkatan bawah sampai atas, aparat pemerintah dan pengawas yang meninggal karena mengawal perhitungan suara dan proses pemilu. “Mereka adalah pahlawan demokrasi.” Ujarnya.

WaGub juga  berharap dengan berakhirnya pemilu serentak maka berakhir pula semua pengkotakan  karena perbedaan pilihan politik, sehingga semua pihak  bisa  kembali bersatu menjadi Flobamora. “Tidak boleh lagi ada perbedaan karena beda pilihan.” Ujarnya menandaskan.

Sebagai pemerintah wagub Nae Soi sangat berharap agar semua tahapan selanjutnya,  sampai penetapan hasil pemilu serentak akan berlangsung dengan baik.

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu menjelaskan bahwa Rapat Pleno Terbuka ini adalah dalam rangka rekapitulasi hasil pungutan perolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat provinsi NTT untuk perolehan suara Presiden, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi. Dan akan dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa-Kamis (7-9 Mei 2019).
“Hari pertama kita lakukan rekapitulasu suara untuk  6 kabupaten yaitu Manggarai Timur, Sumba Barat,  Sumba Tengah, Sabu Raijua, Rote Ndao, dan Belu. Dilanjutkan hari kedua 8 Mei adalah kabupaten Nagakeo dan Malaka sampai hari ketiga tanggal 10 Mei sambil meunggu masuknya hasil pleno kecamatan dari kabupaten kota lainnya.” Jelas Thomas Dohu.

Thomas Dohu menyatakan apresiasi atas kinerja semua unsur  KPU dari tingkat bawah hingga provinsi NTT yang sudah melaksanakan penghitungan yang berlangsung selama dua minggu awalnya ( 5 – 12 April 2019) sesuai jadwal KPU Provinsi NTT, namun ada beberapa Kecamatan yang menambah waktu penghitungan sampai tanggal 7 Mei 2019.
“Masih ada beberapa kabupaten dan kota yang laksanakan pleno ditingkat kecamatan sampai tanggal 7 Mei hari ini. Kita akan bacakan semua dalam rapat pleno terbuka selama tiga hari ini.” Ujarnya

Thomas berharap agar semua proses ini akan berjalan dengan baik sesuai jadwal yang sudah ditetapkan yaitu sampai tanggal 10 Mei 2019.

Sampai berita ini diturunkan, sementara dilakukan rekapitulasi hasil perolehan suara dari 6 kabupaten tersebut. ■■ Juli BR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *