Jabatan Sekda Kota Kupang Kembali Diisi “Penjabat Sementara” Yosep Rera Beka

Kota, Topnewsntt.com., Sejak berakhirnya masa jabatan sekda Bernadus Benu pada Juli 2017, pejabat  Definitif Sekda Kota Kupang masih belum ada. Sejak Oktober 2018, jabatan Sekda hanya diisi oleh pelaksana harian Sekda Thomas Janzen Gah, yang hanya berlaku tujuh hari dan diikuti pelantikannya menjadi pelaksana tugas sekda Kota Kupang pada 17 Oktober 2018 dan berakhir pada 17 Desember 2018 (3 bulan). Untuk mengisi jabatan sekda definitif yang tak kunjung ada, dan sebagai langkah selanjutnya demi menjalankan tugas kepala administrasi tertinggi pada pemerintahan Kota Kupang, maka lewat sk gubernur NTT nomor bkd.031.1/I/332/TK-JS/IIX/2018 tentang pengangkatan penjabat sekretaris daerah kota Kupang dilantiklah Yosep Rera Beka sebagai penjabat sementara Sekda Kota Kupang. Pelantikan dilakukan dengan persetujuan gubernur yang dituangkan dalam sk tersebut, dan berdasarkan ketentuan pasal 10 ayat 2 perpres nomor 3/2018 tentang pengangkatan sekretaris daerah

Alasan lain adalah  karena dalam jangka waktu tiga bulan sudah terjadi kekosongan jabatan sekretaris daerah Kota Kupang dan penetapan sekda definitif belum ada,  yang seharusnya dalam jangka waktu  5 hari setelah masa jabatan sekda yang sebelumnya berakhir, harusnya sudah ditetapkan.

Karena berdasarkan ketentuan itulah gubernur menunjuk dan  melantik Yosep Rera Beka yang saat ini menjabat Asisten 1 Kota Kupang sebagai Penjabat Sekda Kota Kupang sampai terpilihnya sekda definitif yang rencananya akan dilakukan lewat lelang jabatan.

Pelantikan ini menurut walikota dalam sambutannya,  antara lain sebagai langkah bijaksana pemkot Kupang agar pelaksanaan program kerja walikota tidak alami kendala dan tugas pelayanan administrasi publik juga tetap berjalan sebagaimana mestinya. Pelantikan dilakukan langsung oleh Walikota (DR.Jefritson Riwu Kore), dan juga dihadiri oleh  Wakil Walikota dr.Hermanus Man) pada Selasa, 8/1/2019 pukul 14.00 wita di aula utama lantai 1 Kantor Walikota Kupang. Turut hadir juga para kadis, camat dan lurah se Kota Kupang.

Dalam sambutan pelantikan ini, walikota menyatakan bahwa kepada Penjabat Sekda Kota Kupang yang baru ini dibebankan  tugas seperti  sekda definitif sampai terpilihnya Sekda definitif.

Walikota  berharap agar penjabat sekda bisa laksanakan  tugas dengan sebaik-baiknya karena jabatan penjabat sementara sekda ini sangat penting dan sama dalam  kapasitasnya  seperti jabatan  sekda definitif. Pelantikan ini dilaksanakan karena berakhirnya masa jabatan pelaksana tugas sekda Thomas Janzen Gah, yang sudah bertugas sejak  17/10/-1712/2018. Pelantikan ini juga dilaksanakan dengan tujuan agar tidak terjadi kekosongan janbatan sekda Kota Kupang.

Pelantikan ini menjadi penting (menurut Walikota), karena memiliki beban tugas sebagai kepala.administrasi tertinggi, sehingga  diharapkan kepada   penjabat  Sekda bisa membantu pemkot dalam  pelaksanaan tugas-tugas  pelayanan administratif dan pelaksanaan  program walikota dan wakil walikota. Dan pastikan program walikota dapat berjalan sebagaimana mestinya. **juli) juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *