KODIM 1604 Kupang Gelar Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-111 Tahun 2021

  • Bagikan
Komandan Distrik Militer 1604 Kupang Kol.Arh.Abdaham Kalelo saat memberi penjelasan LKJ TMMD ke-111 tahun 2021

KUPANG, TOPNewsNTT||Kodim 1604 Kupang menggelar lomba menulis bagi jurnalis di kota Kupang dan kabupaten Kupang. Lomba Karya Jurnalistik (LKJ)  bagi kelompok jurnalis terkait kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 yang akan dilaksanakan di dua desa di Amarasi Selatan, yaitu Desa Sanraen dan Nekmese.

Kol.Arh.Abraham Kalelo Dandim 1604 Kupang saat beri penjelasan kepas awak media terkait Lomba Karya Jurnaliatik TMMD 111 Tahun 2021 di Makodim 1604 Kupang (Senin, 14/6).

TMMD ini akan dilaksanakan selama sebulan terhitung 15/06-15/07-2021 yang pembukaannya akan dilaksanakan pada Selasa, 15/06 bertempat di Desa Sanraen, Kecamatan Amarasi Selatan pukul 08.00 wita.

Pembukaan TMMD ke-111 akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Kupang Drs.Korinus Masneno,M.Si.

Dandim 1604 Kupang Kol.Arh.Abraham Kalelo dalam jumpa pers terkait pelaksanaan TMMD ke-111 dan Lomba Karya Jurnalistik kali ini menjelaskan antara lain teknis dan syarat Lomba, serta TMMD ke-111 2021.

“Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-111 2021 kali ini dilaksanakan dengan latar belakang : pertama : TMMD merupakan Program Terpadu Lintas Sektoral untuk meningkatkan akselerasi pembangunan khususnya di tingkat pedesaan; kedua : sarana untuk menumbuhkan motivasi kepada para pejabat penerangan di pedesaan, Dandim maupun awak media untuk berperan dalam transformasi informasi kepada Publik tentang pelaksanaan TMMD dan ketiga : masyarakat dapat mengerti dan paham apa itu program TMMD melalui publikasi di media massa.” Jelas Kol.A.Kalelo.

Maksud program LKJ TMMD ke-111 tahun 2021 adalah memberikan gambaran tentang rencana
penyelenggaraan kegiatan Lomba Karya
Jurnalistik TMMD ke 111 TA 2021.

Sedangkan tujuannya adalah memperbesar publikasi & mendorong pemberitaan secara  masif, dalam rangka mentransformasikan info kepada  masyarakat agar memahami kegiatan TMMD.

Kategori lomba adalah Kapendam (15) dengan 3 Pemenang,  Dansatgas (50)  bagi 3 Pemenang,
Kapenrem (42) bagi 3 Pemenang, Wartawan Medtak/Online untuk 3 Pemenang dan Wartawan Medlek untuk 3 Pemenang.

Syarat dan ketentuan untuk kategori Kapendam : membuat 5 produk unggulan berkualitas dengan narasumber Pangdam, Kapendam, Kepala Daerah dan Masyarakat. Karya dibuat dalam bentuk feature sesuai jumlah objek giat TMMD yang dimuat di Media online Min 2 produk, Medtak Min 2 produk & Media Televisi Min 1 produk.

Produk televisi durasi tidak dibatasi, dikirim untuk  dilombakan setelah dipublikasikan di
televisi nasional/daerah.

Penilaian produk dinilai berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan ketentuan lomba LKJ bagi Dansatgas adalah menghimpun seluruh berita yang
dipublikasikan oleh media massa di
wilayahnya dan dapat mengirim sebanyak
mungkin publikasi TMMD di wilayahnya yang
dipublikasikan melalui Media cetak, Media online & Media elektronik Televisi, baik nasional maupun daerah.

Syarat ketentuan bagi Kapenrem adalah membuat 3 produk unggulan yang berkualitas dengan narasumber Danrem, Kapenrem, Kepala Daerah & Masyarakat. LKJ dibuat dalam  bentuk feature sesuai jumlah objek giat TMMD yang dimuat di Media online min 1 produk, Media Cetak min 1 produk & Media Televisi min 1 produk. Produk televisi durasi tidak dibatasi, dikirim untuk dilombakan setelah di publikasikan di televisi nasional/daerah.  Penilaian produk dinilai berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan ketentuan bagi wartawan media cetak, eleltronik dan online adalah minimal mengirimkan 3 produk & apabila ditayangkan di media massa berbahasa asing akan mendapatkan tambahan nilai. Penilaian berdasarkan kualitas konten & luas kolom.

Wartawan yang akan mengikuti lomba LKJ TMMD harus memiliki kartu Pers, minimal mengirimkan 1 (satu) produk & apabila ditayangkan di media massa berbahasa asing akan mendapatkan tambahan nilai.

Produk sudah di tayangkan di media
televisi nasional/daerah, maka penilaian akan berdasarkan kualitas konten.

Ketentuan Lomba adalah Produk jurnalistik yang dilombakan sudah dipublikasikan
di media yang terverifikasi dewan pers, Minimal mengirimkan 1 (satu) produk &
apabila ditayangkan di  media massa berbahasa
asing akan mendapatkan tambahan nilai, Produk sudah ditayangkan di media
televisi nasional/daerah.

Wilayah publikasi terbagi dalam 3  Zona,  yaitu Pengiriman produk LKJ melalui email resmi
khusus LKJ (pengiriman lewat WhatsApp tidak berlaku).

Zona 1 : Wilayah kabupaten/kota pulau Jawa, akan dinilai dengan gunakan grade 1.

Zona 2 wilayah kabupaten kota di pulau Sumatera dan Kalimantan, Sulawesi, NTB dan Bali dinilai dengan gunakan Grade 2.

Zona 3 adalah di pulau Maluku, Papua, NTT dan Perbatasan dinilai dengan grade 3.

Jangkauan media pun jadi salah satu kriteria pemenang, yaitu TV Bahasa  Asing 25, Cetak/Online  Bahasa Asing 20,  TV Nasional (20), TV LokalI 15. Cetak/Online, Nasional 15.
Cetak/Online.

Standar penilain bagi media cetak  diberi bobot = 40%, media cetak diberi bobot = 30%, media,  online diberi bobot = 30%, feature nilai = 60% dan news nilai  = 40%.

Produk LKJ dapat dikirimkan ke alamat emaail bagi masing-masing kategori Dansatgas dan Wartawan media elektronik : d/a link  : [email protected],  media cetak : [email protected], media online : [email protected],

Kategori Kapendam dan Kapenrem : Media elektronik  alamat link : [email protected], Media Cetak
: [email protected] dan media online : [email protected].

Produk wartawan dikirim melalui Satgas TMMD, pengiriman berita harus melalui alamat
email media masing-masing, dengan batas
waktu 1 minggu setelah penutupan TMMD,
Dilarang melakukan upaya manipulasi berita
Medsos, Blogspot & Website  satuan tidak termasuk dalam penilaian tidak dibenarkan untuk melakukan intervensi kepada  panitia LKJ.

Diakhir jumpa pers Dandim 1604 Kupang, Abraham Kalelo menyatakan bahwa TMMD ke-111 memilih dua desa di Amarasi Selatan, yakni Sanraen dan Nekmese lantaran memang program TMMD dikhususkan untuk memperkuat wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan RDTL.

Agenda TMMD adalah kegiatan merehab sekolah, gereja, mck dan mencari sumber air da instalasi airnya, dan sosialisasi serta penguatan kapasitaa bela negara, 4 Pilar Kebangsaan agar masyarakat tetap mencintai NKRI.

Ia berharap TMMD ke-111 selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.|| jbr

 

  • Bagikan