Ketua Tim Penilai Lomba BINTER Kunjungi KODIM 1604/Kupang

  • Bagikan

OELAMASI, TOPNewsNTT||Komando Distrik Militer 1604/Kupang merupakan Kodim Tipe A di jajaran Korem 161/Wira Sakti yang dipimpin oleh Kolonel Arh. Abraham Kalelo, S.Sos, juga mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (BINTER) tingkat TNI-AD tahun 2021 yang dilaksanakan pada hari ini Senin, (23/08/2021).

Kedatangan tim penilai disambut oleh Dandim 1604/Kupang bersama para Perwira Kodim 1604/Kupang dan unsur Forkopimda Kabupaten Kupang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Makodim 1604/Kupang.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Ketua Tim penilai Kolonel Inf. Yoyo Subrolarang menyampaikan sambutan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (DANPUSTERAD), mengatakan, bahwa lomba Binter ini merupakan program dari Komando atas demi meningkatkan kemajuan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil). Untuk itu saya memberi apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang telah menyiapkan satuannya untuk diiukutsertakan dalam lomba Binter Tingkat Pusat. Saya menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang dihadapi namun saya yakin semua itu bukanlah menjadi kendala bagi Komandan satuan untuk tetap berimprovisasi dalam berbenah untuk meningkatkan kwalitas satuannya.

Lebih lanjut, pembinaan teritorial merupakan fungsi utama yang memiliki peran sangat penting sebagai Katalisator antara masyarakat dengan pemerintah dan aparat teritorial yang mengawaki Binter harus memiliki kemampuan yang dapat di aplikasikan dalam setiap pelaksanaan tugas. Hal ini dimaksudkan agar setiap kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan lebih bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menciptakan situasi yang kondusif. Jelasnya.

Lomba Binter tingkat Kodim dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan menggunakan klasifikasi sesuai type Kodim yakni klasifikasi A, B dan C yaitu pertama Kodim Klasifikasi/type A meliputi Kodim yang berada di wilayah Ibukota Negara, penyangga Ibukota dan ibukota Provinsi. Yang kedua yaitu Kodim Klasifikasi B, meliputi Kodim dengan wilayah Kabupaten dan Kota, serta yang ke tiga yaitu Kodim klasifikasi C yaitu Kodim yang berada di wilayah perbatasan negara, pulau terluar dan wilayah daerah rawan. ucapnya.

Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo.,S.Sos mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Binter tahun 2021 di Kodim 1604/Kupang. Saya berharap kedatangan tim ini dapat memberikan masukan dan bimbingan setelah melihat secara langsung kondisi Kodim serta menerima masukan dari masing-masing unsur Forkompimda Kabupaten Kupang sehingga dapat menjadikan Kodim kami lebih baik lagi kedepannya,” ucap Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan bahwa kegiatan Lomba Binter ini sangat bermanfaat bagi satuan Kodim di Jajaran TNI-AD. “Disamping itu saya selaku wakil Bupati Kabupaten Kupang meminta agar di kabupaten Kupang harus ada Kodim sendiri karena mengingat Kabupaten Rote Ndao saja sudah ada Kodim sendiri, kita Kabupaten Kupang sangat perlu ada Kodim sendiri. Pertama Tanah Kodim kita sudah siapkan di Civic center, kedua kita sendiri berbatasan darat langsung dengan Timor Leste dan juga berbatasan laut dengan Australia yaitu pantai selatan Kabupaten Kupang dan yang ketiga saya minta supaya mungkin ditambah Koramil, karena wilayah kabupaten kupang cukup luas dan terdapat -+160 Desa, 17 kelurahan dan 24 kecamatan. Nah kita punya Koramil yang ada sekarang tidak lebih dari 6 Koramil sedangkan ini cukup kita butuhkan dan yang lebih penting lagi dalam waktu dekat ini di kabupaten Kupang akan di bangun Kodam sehingga saya pikir sebelum ada Kodam sebaiknya harus ada Kodim di Kabupaten Kupang, karena Kodim yang ada sekarang membawahi 3 wilayah yaitu Kota Kupang, kabupaten Kupang dan kabupaten Sabu Raijua.” Ujar Jery.

“Selaku Wakil Bupati Kupang saya harapkan kalau bisa ada Kodim di kabupaten Kupang biar pelayanannya lebih baik dan lebih dekat dengan masyarakat. kita harap lebih aman karena semua instansi terkait sudah ada seperti Pengadilan, Polres Kupang, Kejaksaan sehingga unsur muspidanya lengkap dan ada semua di Kabupaten kupang.” Tandas Jery

Hadir dalam kegiatan lomba Binter Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh. Abraham Kalelo, S.Sos, Wakil Bupati Kupang Bpk. Jerry Manafe, Wakapolres Kupang, Wakapolres Kupang Kompol Djemi Gaelomi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Bpk. Carles Pandi, Kasie Intel Kejaksaan tinggi Oelamasi, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama Kabupaten Kupang.|| juli br

  • Bagikan