Kekeringan di Desa Oefafi, Sentuh Nurani Seorang Mayjend Maruli Simanjuntak Sumbang POMPA HIDRAM

  • Bagikan

OEFAFI, TOPNewsNTT||Berbicara soal musim kemarau panjang maka wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak terkecualikan, musim kemarau bukanlah merupakan hal baru bagi masyarakat Kabupaten Kupang, khususnya desa Oefafi. (Sabtu, 03/07/2021).

Desa Oefafi adalah salah satu desa yang terletak di atas ketinggian dengan penduduk mencapai ratusan jumlah jiwa, dari tahun ke tahun masyarakatnya mengangkat air dengan ratusan  meter hingga kilometer dari titik mata air, hal ini menggugah hati Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat yang ada di wilayahnya dengan memberikan pemasangan pompa Hidram secara gratis.

Danramil 1604-02/Camplong Kapten Inf. Nerson F. Baitanu mengatakan progres pemasangan pompa Hidram yang sementara dikerjakan merupakan program Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dengan tujuan membantu meringankan beban masyarakat yang kesulitan air bersih. Dengan kehadiran pompa hidram, masyarakat desa Oefafi merasa senang dimana selama ini setiap pagi dan sore merupakan aktifitas rutin masyarakat untuk mengangkat air dari lembah menuju ke ketinggian, dan saat ini sampai kedepan mereka menikmati air bersih secara gratis di rumah masing-masing melalui penampungan bak reservoir yang sedang dibangun di ketinggian. “Ungkap Nerson”

Cara kerja pompa Hidram atau dapat disebut Pompa Tenaga Air sendiri adalah pompa air tanpa menggunakan tenaga BBM, Listrik maupun solarsel. untuk menggerakan pompa hidram menggunakan tekanan air dari sumber air, yang meluncur ke bawah lewat pipa menuju pompa hidram, dengan kekuatan air yang bertekanan mampu menggerakan pompa hidram, sehingga air akan dapat naik dari tempat yang rendah menuju tempat yang tinggi.” Jelasnya.|| juli br

  • Bagikan