KABAR GEMBIRA!! GUB.VBL TETAPKAN GRATIS PERIKSA SWAB DAN RAPID UNTUK MASYARAKAT NTT MULAI 16 OKTOBER 2020

NTT, TOP News NTT■■ Demikian pernyataan gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pada sambutan  launching Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT yang merupakan kerjasama Provinsi NTT, Universitas Undana Kupang, dan Forum Academia NTT (FAN) pada Jumat, 16/10 di halaman Klinik Pratama Undana Kupang Jalan Jenderal Soeharto Oepura.

“Semoga lab biomulekular hasil kerja sama dengan pemprov NTT, Undana dan FAN ini bisa dipakai untuk semua pemeriksaan kesehatan dari masyarakat NTT. Dan mulai hari ini Jumat, 16 Oktober 2020, semua tes Covid-19 yakni  swab dan rapid di NTT saya kasih  gratis. Program gratis tes swab dan rapid akan berlaku sejak hari ini Jumat,  16 Oktober 2020 bagi semua orang NTT yang akan lakukan  perjalanan ke luar daerah atau luar NTT saya kasih gratis tesnya dan akan dibiayai oleh pemerintah NTT.” Tandas Gubernur NTT disambut tepuk tangan riuh hadirin.
“Saya sangat bangga karena tidak ada dunia menuju masa depan tanpa riset. Dan saya sanggat bangga menemukan anak NTT yang sangat semangat dan pintar melakukan riset. Dan hari inilah lahir lab ini dari hasil riset. Riset untuk kemajuan NTT saya dorong dengan dukungan kerja sama Undana, FAN dan Pemprov.NTT tahun depan kita siapkan anggaran untuk buat lan bagi riset untuk tumbuhan dan hewan untuk menemukan formula obat yang akan berguna kesehatan orang NTT.”
Saya sudah panggil mereka dan hitung-hitung, kalau pakai program ini jadi artinya saya tidak akan ngomong ulang-ulang lagi banyak orang datang swab. Jadi terbatas sudah. Setelah survelance segala macam, jadi  kemungkinan-kemungkinan lain saja yang kita dorong ke Undana dan RSUD W.Z.Joehanes. Setelah saya hitung-hitung tidak banyaklah uang itu. Kalau kita ambil PAD untuk biayai orang yang menderita, biarlah kita ambil dari sumber lain. Karena itu mulai hari ini masyarakat NTT yang akan lakukan perjalanan keluar NTT, dan luar kota Kupang, anak-anak yang akan pulang libur pada Desember 2020, tidak akan dibebani dengan biaya rapid dan swab dan dibayarkan oleh pemerintah NTT.” Tandasnya menegaskan lagi.
Kepada media usai teleconfress bersama menteri Kesehatan dr.Terawan yang meresmikan Lab Biomolekuler POLL NTT ini, Gubernur NTT VBL menandaskan sekali lagi bahwa gratis pemeriksaan Swab dan Rapid Tes ditujukan juga bagi orang luar NTT yang datang ke NTT dan tidak mampu membayar Tes. 
“Gratis untuk semua orang NTT dan pelaku perjalanan keluar daerah dan luar NTT. Tapi kalau ada orang luar NTT datang kesini dan tidak mampu ya kita bantu.” Tandasnya singkat.
Plt.Kadis Kesehatan NTT David Mandala menyatakan sangat menyambut baik keputusan Gubernur karena sangat membantu masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang merosot karena pandemi. Sehingga penegasan Gubernur NTT untuk mengratiskan biaya Swab dan Rapid adalah sebuah kabar gembira.■■ juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *