Jelang Pilkades Kabupaten Kupang Wabup.Jery Manafe Tegas Minta Para Camat Serius Selesaikan Segala Urusan

  • Bagikan

OELAMASI, TOPNewsNTT|| Demikian antara lain permintaan tegas wabup.Kupang Jery Manafe kepada para camat untuk dilakukan sebelum Pilkades 2021 pada November 2021.

Hal ini ditegaskan Jery saat Raker bersama  para camat (Selasa,.6/7).

Penegasan tersebut dicetuskan wabup.Jery karena di Kabupaten Kupang, ada 56 desa dari 20 kecamatan yang akan mengikuti Pilkades 2021.

Didampingi Sekda.Kabupaten Kupang Obed Laha dan Kadis.PMD Charles Panie, Wabup.Manafe mengatakan,

“secara tegas saya meminta para camat serius selesaikan segala urusan di kecamatannya terutama jelang Pilkades.”

Permintaan tegas ini dilontarkan Wabup.Jery usai mendengarkan pemaparan Kadis PMD kabupaten Kupang Charles Panie bahwa dari 160 desa, baru 64 desa yang memasukkan permintaan Dana Desa Tahap I.

Dalam rapat ini juga agenda utama adalah pembahasan terkait belum diserahkannya SK Panitia Pemilihan Kepala Desa oleh Camat ke Dinas PMD kabupaten Kupang, termasuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Merespon kondisi ini, Wabup.Manafe tegas mengultimatum ke kecamatan yang belum serahkan laporan untuk segera diatensi dan paling lambat Jumat, 9/7 laporan sudah diterima di Dinas PMD.

“Saya minta para camat agar melaporkan kendala apa yang dihadapi sehingga belum lengkap permintaan data pilkades.” Pinta Wabup.Jery.

Dari bermacam alasan yang dikemukakan para camat bahwa lambatnya laporan akibat lemahnya sinergitas, buruknya kondisi kesehatan, pengunduran diri ketua panitia pilkades dan lain sebagainya, Wabup.Jery minta semua camat agar dalam setiap tahapan Pilkades, Camat harus kooperatif, obyektif dan tegas.

Wabup.Jery juga minta :

“Segera lengkapi permintaan data, jaga integritas dan netral, bekerja sesuai aturan Pilkades.  Sehingga nantinya tidak ada gejolak di masyarakat dalam pelaksanaan tugas karena ketidakprofesoonalan panitia dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pilkades. Jangan sudah bermasalah baru cari aturan.” Tegasnya mengingatkan..

Terkait DPS dan DPT wabup.Jery minta agar segera ditetapkan  maka DPS harus diumumkan pada papan pengumuman agar masyrakat dapat melihatnya.

“Agar masyarakat dapat melihat langsung sehingga nantinya diteliti, diverifikasi dan divalidasi DPS tersebut, sebelum ditetapkan sebagai DPT. Misalnya nama tidak masuk dalam daftar pemilih, setelah DPS diumumkan, maka bisa disusun dalam daftar pemilih tambahan. Sehingga saat sudah ditetapkan sebagai DPT tidak akan ada lagi penambahan. Tahapan ini harus benar-benar diperhatikan agar pelaksanaan Pilkades nantinya tidak ada pemilih yang tercecer dan seluruh masyarakat desa yang memenuhi syarat pemilih dapat memberikan hak pilihnya. Ibarat orang tanam padi pasti tumbuh rumput, tapi kalau orang tanam rumput tidak mungkin tumbuh padi. Karena itu saya minta dengan tegas : kerja serius, kerja sama dan kerja tuntas. ” Kata Wabup.Jery meminta.

Permintaan dalam ketegasan yang serupa juga diminta Sekda Obet Laha agar para camat dan perangkatnya serius menyikapi pelaksanaan Pikkades 2021, “Kerja tuntas bisa dinilai hasilnya.” Ujar Obet Laha singkat.

Kepada beberapa kecamatan yang sudah lengkap DPS dan DPT, wabup.Jery ucapkan terima kasih.

Yaitu Kecamatan Kupang Barat, Amarasi, Amfoang Tengah dan Amfoang Barat Daya, Wabup.Manafe ucapkan terma kasih atas kerja samanya.|| juli br

Sp Bag.prokompimp.kab.kpg

 

 

  • Bagikan