Humas NTT Gelar Bakohumas Untuk Sosialisasikan Legalisasi Sophia Sebagai Minuman Keras Lokal NTT Berkelas Internasional

NTT, Kupang Media., ■■ Humas Setda Provinsi NTT lakukan Sosialisasi “Peran Humas Pemerintah Provinsi NTT Dalam Rangka Sosialisasi Kebijakan Legalisasi Minuman Keras Lokal Sopi Asli “Sophia” NTT” dalam kegiatan Bakohumas ke 4 25 tahun 2019 pada Selasa, 25/6/2019 di Ball Room Hotel Ima Kupang.

Ketua panitia Bakohumas,  kasubag Pelmas Humas Setda Provinsi NTT Frans Tiran menjelaskan dalam laporannya bahwa tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka  menegaskan peran Humas Provinsi NTT dalam ikut mendukung lelagilasasi kebijakan perangkat hukum bagi legalisasai minuman tradisional sopi asli “sophia NTT” menjadi komoditas minuman branding asal NTT agar ada perda dan pergub dalam pemasarannya, pengendalian pemasaran dan dampak ekonomi dari legalisasi minuman ini.

Kepala biro Humas Setda Provinsi NTT DR.Jelamu A.Marius,M.Si menjelaskan bahwa lewat Bakohumas ini semoga dapat tercipta semua kebutuhan baik dari sisi produk hukum yang berdampak terhadap ekonomi masyarakat NTT terutama pengrajin Sopi.

Dengan tata kelola yang diatur dengan baik dan regulasi khusus demi tercapainya tujuan produksi minuman asli NTT ini sehingga bisa jadi produk bertaraf internasional dan beri dampak ekonomi bagi masyarakat NTT dan pengrajin.

Jelamu  juga meminta agar semua produk hukumnya nanti bisa disosialisasika dengan benar sehingga berdampak positif. Dan kepada Undana juga diharapkan bisa menghasilkan produk hasil penelitian lain berbahan materi produk tradisional namun bermanfaat bagi kesehatan. Bukan hanya minuman keras. Dan kajian penelitian lebih mendalam bagi produk-produk tradisional bisa di buat juga dan jurnal dan publikasi secara luas.

Latar belakang membahas legalisasi Sophia ini yaitu dengan terobosan penelitian dan pemrosesan secara modern lewat laboratorium Biosains Undana yang sudah di luncurkan pada 19 Juni 2019 lalu.

Dengan legalisasi ini maka diharapkan bisa  mengangkat ekonomi masyarakat NTT, menjadikan  minuman ini sebagai  berkualitas setara dengan minuman lainnya yang bertaraf internasional. Dan  ekonomi NTT diharapkan bisa  bangkit menuju sejahtera  sesuai program pemprov NTT yaitu “NTT  bangkit menuju sejahtera.”

Alasan lain adalah karena dengan tidak diproses secara baik sehingga sopi tidak sebab berbagai masalah sosial akibat sebabkan mabuk.

Sophia adalah nama komersial agar lebih laku dipasaran dan dengannya dibutuhkan perda agar sophia bisa dijual secara legal. Dan dalam pertemuan inilah maka akan dibahas peran pemprov.NTT.

Gubernur NTT dalam sambutan dibacakan oleh karo humas setda prov NTT Marius Ardu Jelamu berharap kegiatan ini bisa beri manfaat sebesar-besarnya bagi keinginan pemprov NTT untuk mengangkat dan menjadikan sophia sebagai minuman tradisional bertaraf internasional.

Dalam menunjang program NTT Bangkit NTT Sejahtera, sehingga legalisasi Sophia ini menjadi produk bernilai ekonomi perlu segera dilakukan.

Pemateri adalah Prof.Ir.Herianus J.D.Lalel.,M.Si, Ph.D Kepala Laboraturium Riset Terpadu Undana (Hasil Penelitian Undana Tentang SOPHIA Sebagai Minuman Berkelas Di NTT), Kabiro Humas Setda Provinsi NTT DR.Jelamu A. Marius,M.Si tentang “Produk Regulasi Menyangkut Kebijakan Legalitas SOPHIA di NTT”, Leonard .A.Ang Distributor Dan Penjual Toko Nam (PT.Niaga Agung Makmur) tentang Sistem Distribusi. ■■ Juli BR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *