Gubernur NTT Janjikan Dukungan Pemerintah Terhadap Petani Bawang di Kabupaten Kupang

  • Bagikan

Gubernur NTT Panen Bawang Merah di Kabupaten Kupang

OELAMASI, TOPNewsNTT|| Gubernur NTT Viktor Laiskodat melakukan panen bawang merah Varietas Lokananta (Panah Merah) di kelompok tani Fajar Padi dan Maju Bersama kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang (Selasa, 28/09).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kupang Korinus Masneno, Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho, Anggota DPRD Provinsi NTT Maria Nuban Saku, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan NTT, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kab.Kupang, para anggota Poktan dan undangan lainnya.

Total luas lahan yang akan dipanen bawang merah adalah 11 Ha.

Februaryanto dari pihak Panah Merah menyampaikan bahwa bawang merah varietas Lokananta memiliki beberapa kelebihan yaitu mudah ditanam. Penanaman dilakukab melaluo True Shalot Sheed (TSS) atau menabam bawang langsung dari biji bukan umbi. Murah karena untuk luasan 1 ha hanya diperlukan 4kg benih, serta menguntungkan karena benih pada saat diambil umbinan, dapat hasilkan 22 ton per ha.

Bupati Korinus Masneno dalam sambutannya berharap bawang merah menjadi komoditi unggulan dari Kabupaten Kupang. Oleh karenanya perlu akses pasar yang memadai dan juga standarisasi produksi sehingga petani dapat sejahtera.

Selanjutnya gubernur NTT melalui Kadistan prov.NTT sampaikan bahwa bawang merah memiliki prospek karena dibutuhkan setiap hari. Sehingga tata pola produksinya harus dilakukan dengan profesional. Gubernur minta kerjasama pihak Panah Merah agar memilih petani untuk melakukan penanaman di musim hukan untuk menjaga stabilitas harga.

Diakhir acara dibuka sesi tanya jawab dan diskusi antara gubernur dengan para petani.

Gubernur memberikan dorongan kepada para petani untuk cakap melihat peluang dan melakulan pengembangan komoditi unggulan pertanian di wilayah masing-masing. Pemerintah akan mendukung, janji Gubernur Viktor Laiskodat.|| juli br

Sp biro AP Kab.Kupang

  • Bagikan