Fransisco Lopez Terima Mandat sebagai Ketua DPW GARPU Nasdem NTT

  • Bagikan

KUPANG, TOPNewsNTT|| Wakil Ketua Bidang UMKM DPW Nasdem NTT, Fransisco Lopez resmi menerima mandat sebagai Ketua DPW Gerakan Restorasi Pedagang dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) NTT. Penyerahan mandat itu berlangsung secara virtual, Kamis, 02/12/2021.

Penyerahan mandat itu dilakukan oleh Ketua Umum DPP Garpu, Jufry Lumintang serta disaksikan oleh Sekertaris DPW Nasdem NTT, Yusak Meok dan Ketua Hubungan Badan Sayap DPW Nasdem NTT, Matheos Makunimau.

Fransisco usai menerima mandat kepada media mengatakan Garpu adalah organisasi sayap Nasdem yang baru dibentuk oleh beberapa kader Partai NasDem sejak bulan Maret 2020 . Garpu kata dia secara resmi launching perdana dihadapan para perwakilan Pedagang Kaki Lima, Pelaku UMKM, dan lainya pada tanggal 29 Oktober 2020 di Warung Makan Aceh, Simatupang, Jakarta Selatan.

” Gerakan Restorasi Pedagang dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (disingkat GARPU) adalah salah satu organisasi yang bernaung langsung didalam Partai Nasdem. Garpu didirikan oleh kader Nasdem yang bertujuan untuk memperjuangkan maupun mengadvokasikan harapan-harapan atau aspirasi-aspirasi para pedagang maupun pelaku UMKM yang selama ini kurang terperhatikan oleh pemerintah maupun stakeholder lainnya,” jelasnya.

Ia menjelaskan Salah satu agenda Garpu secara nasional adalah Upaya digitalisasi UMKM dalam proses pengembangan UMKM. Pandemic Covid-19 yang berkepanjangan ini mengakibatkan perekonomian pedagang maupun UMKM hancur. Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), maka pentingnya perhatian khsusus untuk memantapkan digitalisasi UMKM kedalam agenda prioritas nasional maupun global.

Dikatakannya kehadiran Garpu dimuka bumi pertiwi Indonesia untuk menjadi garda terdepan dalam membina, memperjuangkan dan mengawal serta berkolaborasi dengan semua pihak baik dari hulu hingga hilir untuk mensejahterakan UMKM maupun Pedagang.

” Tujuannya agar Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM dapat berusaha menjadikan para pedagang serta pelaku UMKM yang sejahtera, unggul, berkomperatif, mandiri, bermartabat, memahami sistem digitalisasi, dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa/Allah Swt, sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara,” ujarnya.

Dijelaskannya lebih lanjut Visi Garpu yaitu Menjadikan Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM sebagai rumah aspirasi para pedagang dan pelaku UMKM yang kreatif, inovatif, mandiri, tekun dan produktif dalam rangka pembangunan ekonomi Indonesia.

Pada kesempatan itu juga ia menjelaskan misi Garpu. Menurutnya sebagai komunitas Partai Nasdem yang siap memperjuangkan hak-hak atau permasalahan – permasalahan pedagang dan UMKM yang selama ini kurang diperhatikan. Selain itu juga untuk Membangun kemandirian ekonomi pedagang dan pelaku UMKM diseluruh Indonesia serta memperjuangkan kemitraan strategis antara pedagang dan pelaku UMKM dengan pemerintah untuk menjamin kemajuan ekonomi Indonesia.

” Meningkatkan kemampuan IPTEK dan penggunaan teknologi modern bagi pedagang dan pelaku UMKM untuk bisa bersaing di dunia usaha pada level nasional maupun global,” ujarnya.

Fransisco berjanji akan menjaga amanah sebagai ketua Garpu dengan sebaik-baiknya.

” Saya berterimakasih kepada ketua DPP Garpu kaka Jufry Lumintang, yang telah memberi tanggung jawab kepada saya untuk memimpin GARPU NTT, ini merupakan amanah besar yang akan saya jalankan sebaik-baiknya.” katanya.

“Dengan tanggungjawab ini saya akan berusaha membawa GARPU NasDem NTT untuk berperan aktif membantu para Pedagang – UMKM menuju era digitalisasi dan bagaimana membuat pelaku Pedagang – UMKM lebih kreatif, lebih inovatif, dan lebih produktif” ujarnya.

Sementara itu Ketua DPP Garpu , Jufry Lumintang dalam kesempatan yang sama mengatakan Kehadiran Garpu di NTT akan mendorong dan memberi harapan kepada masyarkat, Pelaku UMKM dan para pedagang.

“Selamat bekerja untuk Kaka Fransisco Lopez, dalam 1 bulan ke depan walaupun NTT kepulauan saya percaya kaka akan mampu membentuk seluruh pengurus DPW dan DPD 22 Kab/Kota, dan saya berpesan agar Garpu bisa hadir dan menjadi harapan bagi masyarakat khususnya para pedagang dan pelaku UMKM yang kita tahu saat ini masih sangat terdampak Covid-19, sehingga dengan kehadiran Garpu di NTT bisa lebih meningkatkan taraf kehidupan pedagang dan UMKM yang lebih baik laik ke depannya,” katanya.

Hadir dalam acara virtual itu, Ketua Umum DPP Garpu, Jufry Lumintang, Wakil Ketua Umum, Raja Sihotang, Sekjen DPP GARPU, Kaka Fridrik Makanlehi, Perwakilan OKK, Iqbal Ismy, Medkom, Lee Putera, Sekretaris Bidang Industri dan Investasi, Anjas Bagas, Pengurus DPP, Marko Keban dan Ester Estefany Blegur.|| juli br

  • Bagikan