Eksplorasi Budaya Lembata resmi dibuka, Bupati Thomas Ola  “Merubah Karakter Bukan Hal Mudah”

  • Bagikan

LEWOLEBA, TOPNewsNTT|| Demikian pernyataan Bupati Lembata Dr.Thomas Ola Langoday,S.E. M.Si pada Pembukaan “Ekspolrssi Budaya Lembata” yang digelar di Rumah Jabatan Bupati Lembata (Senin, 7/2).

Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 7 kali ini digelar dalam rangka Pembangunan Karakter Masyarakat Lembata dan akan berlangsung hingga ke arah puncak selama 5.hari (3-7 Maret 2022) mendatang.

Awali sambutannya, Bupati Ola selain menyebut berbagai pro dan kontra masyarakat terutama terkait besaran dana yang dikucurkan untuk event ini, yang ditanggapi bupati bahwa tidak ada muatan poliyik sedikitpun di balik event Eksplorasi Budaya Lembata, tapi murni lahir dari permenungan hati yang mendalam yakni demi pembangunan karater, meminimalisir perbedaan dan memberi warna baru bagi pembangunan Lembata.
“Besaran dana Rp2,3 Miliar untuk acara ini lantaran ada banyak item. Dan dalam event ini didalamnya akan dilaksanakan sepanjang tahun 2022. Saya berjanji pada waktunya akan menjelaskan pemanfaatan dana Rp.2,5 miliar yang diperuntukkan bagi event ini.” Kata Bupati Thomas menjelaskan.

Bupati lantas menfokuskan pada hal penting dalam event ini yakni tidak.mudah membangun karakter baru masyarakat Lembata. Butuh biaya yang tidak sedikit dan waktu yang panjang. Dimulai dari event ini, sebut Bupati, sebagai tahap awal meletakkan dasar pembangunan karater bagi anak-anak Lembata.
“Ada banyak yang kontra mempersoalkan anggaran Ro2,5 miliar. Pada waktunya saya akan jelaskan untuk apa saja uang 2,5 miliar iti. Satu.kilo.jalan hotmix juga tidak sampai. Tetapi mengubah hati orang Lembata, ubah pikiran orang Lembata, ubah karakter orang Lembata dengan sebuah karakter baru, itu yang kita mau. Mengubah karakter tidak mudah dan tidak dalam jangka waktu pendek. Ini baru kita letakkan dasar. Ini soal karakter orang muda Lembata yang akan pimpin Lembata di kemudian hari. Mari kita semua berpikir optimis.”Jelasnya.

“Kitabdi.Lewotana tidak boleh oesimis, kita harus optimis. Anak-anak Lembata yang ada di luar boleh pesimis silahkan, ksrena dia mendapat kehidupan yang lebih baik di luar. Tapi kita yang mendapatoan hidup di Lewotana ini, di bumi yang kita injal dan langit yang kita hidupi ini, kita harus optimis bahwa Lbata akan lebih maju dan berkembang dari kabupaten lain. Karena Eksplorasi Budaya kita buka hari ini.” Tandas Bupati akhiri sambutan.**{juli br}

Sp prokopim setda kab.lembata

  • Bagikan