Digitalisasi Transaski Keuangan Daerah, Pemkab.Belu Tandatangan PKS dengan Bank NTT dan PDAM Belu

  • Bagikan

ATAMBUA, TOPNewsNTT|| Pemkab.Belu dan PDAM Kab.Belu lakukan penandatangan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan PT BPD Bank NTT (Sabtu, 3/7).

PKS dilaksanakan dalam rangka pembayaran gaji (Payroll) Pegawai Lingkup.Pemkab.Belu, penerapan SP2D Online menggunakan Cash Management System setta Penyelenggaraan Layanan Penerimaan Jasa Tagihan Air secara Online.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan CSR (Corporate Social Responsiblity) berupa 1 unit mobil tangki air kepada Pemkab.Belu.

Penandatangana PKS dilakukan langsung oleh Bupati Belu dr.Agustinus Taolin, plt.Dirut PDAM Kab.Belu Ir.Fridolinus Siribein, Dirut PT BPD Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho, disaksikan oleh wabup.Belu Drs.Aloysius Haleserens, Direktur Kepatuhan Bank NTT Hilarius Minggu dan Direktur Utama Bank NTT  Landu Praing di Rujab.Bupati Belu.

Bupati Belu dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada Bank NTT yang memberikan perhatian kepada Pemkab.Belu melalui kontribusi nyata yang berdampak positif.

“Saya senang bahwa lembaga keuangan ini yakni Bank NTT hadir untuk membantu mempercepat, mempermudah dan menjangkau masyarakat sampai ke level bawah.” Ujar Bupati Taolin.

Bupati Taolin menyatakan bahwa sektor kesehatan adalah sektor utama dalam pemerintahan kali ini, sehingga diharapkan apa yang dilakukan pemerintah lakukan merupakan tindakan terukur untuk terus menjaga masyarakat kabupaten Belu di tengah Pandemi Covid 19.

Terkait PPKM Darurat, Pemkab Belu masih berlakukan PPKM Mikro sehingga akan ada pembatasan kegiatan kemasyarakatan.

Ia berjanji dalam masa pemerintahannya sampai 5 tahun kedepan dirinya akan terus berdiksusi dengan masyarakat secara formal dan non formal demi kemajuan pemkab Belu.

Kerja sama juga akan terus dilakukan oleh pemkab.Belu untuk lakukan peningkatan di berbagai sektor demi peningkatan taraf hidup masyarakat terutama UMKM. Sehingga kedepan Belu menjadi sehat, berkarakter dan kompetitif diakhir pemerintahannya,

“Kami akan berkomunikasi dan bekerja sama dan saling membantu dan kami harapkan Bank NTT sebagai pelopor.” Ungkap Bupati Taolin.

Terkait CSR 1 unit Mobil Tangki Air dari Bank NTT, Bupati Taolin sangat berterima kssih dan mengapresiasi karena ini akan sangat membantu mensupport program Pemkab Belu yakni ketersediaan Air Bersih bagi masyarakat Belu. Ia berjanji ke depan akan terus ditambah demi menyuplai air bersih bagi masyarakat Belu.

Sementara Dirut PT BPD Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho ungkapkan rasa syukur karena ditengah pandemi dan berbagai pembelakuan pembatasan (PPKM Mikro) yang dicanangkan secara nasional, Bank NTT masih diberi kekuatan, kesehatan dan kesempatan untuk terus melayani dalam kontribusi pada setiap kegiatan pembangunan di Kabupaten Belu,

“Kehadiran Bank NTt di Belu juga merupakan bentuk komitmen untuk bisa bersinergi dan berkontribusi bagi setiap aktifitas pembangunan di kabupaten Belu dan NTT.” Ujar Aleks.

Walaupun ada hantaman Pandemi Covid 19 yang luar biasa khususnya industri perbankkan pencapaian kinerja Bank NTT per semester I dapat bertumbuh positif dan laba kami sampai hari ini Rp190M.

Aleks akui bahwa masalah utama di Bank NTT saat ini adalah Non Pwrformance Loan (NPL) atau kredit bermasalah namun yang disyukurinya mampu ditekan. Angka kredit juga mencapai Rp1 Triliun dan Penghimpunan Dana Pihak Ketiga mencapai Rp13.triliun.

“Prestasi ini bisa kita capai karena kami mendapat dukungan dari pemegang saham dari para bupati, terutama bupati Belu yang luar biasa dan hebat dalam komitmen membangun Bank NTT.” Ungkap Aleks mengapresiasi.

Terkait Aplikasi SP2D Online, Aleks berharap semoga dapat menjawab dan mempercepat laporan ke Kementerian Keuangan serta mempercepat proses transaksi dan transfer dana-dana pemerintah terutama DAK dan DAU.

“Dalam waktu dekat, jika dimungkinkan oleh Protokol Kesehatan, Bank NTT akan mendatangkan Tim untuk proses edukasi dan pematenan HAKI terutama tenun-tenun dan produk UMKM kabupaten Belu yang akan bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Belu untuk pemasaran secata online (digital) atau Digital Marketing.

Jelang HUT RI ke 76, Bank NTT akan adakan Lomba Kebersihan Tingkat Desa dan kelurahan, serta pada 2022 akan digelar Festival PAD.

Turut Hadir Pimpinan OPD Tetkait, Pjb.Sekda Belu dan Forkopimda Belu.|| juli br

  • Bagikan