Cegah Klaster Keluarga, Dandim 1604/Kupang Ajak Pasien Covid-19 Lakukan Isolasi Terpusat

  • Bagikan

KUPANG, TOPNewsNTT||Komandan Kodim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo, S.Sos bersama Perwira staf Kodim turun langsung kelapangan untuk menemui serta mengajak warga dan keluarga yang terkonfirmasi Positif Covid-19 dan sedang melaksanakan Isolasi Mandiri (ISOMAN) di rumah agar segera melakukan Isolasi Terpusat (ISOTER) pada tempat yang telah di siapkan oleh pemerintah. sabtu (14/08/2021).

Mobil Ambulance RS Wirasakti 1604/Kupang yang siap melayani masyarakat kota Kupang terpapar civid baik kw rs, isoman maupun isoter

Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo.,S.Sos saat di ditemui di lapangan mengatakan bahwa untuk mencegah penularan atau penyebaran Covid-19 dibutuhkan kerja keras serta penanganan serius. Saya sudah instruksikan kepada para Danramil dan Babinsa untuk selalu bekerjasama dengan unsur terkait di lapangan seperti Nakes, Babinkamtibmas dan perangkat kepala desa/Lurah, RT, RW untuk melakukan deteksi dini bagi warga yang terpapar Covid-19 dan sedang melaksanakan Isoman di rumah agar segera melaksanakan isolasi terpusat di tempat yang telah disiapkan guna mencegah terjadinya Cluster Keluarga.

Lebih lanjut, Kolonel Arh. Abraham mengatakan pasien yang positif dan melaksanakan isolasi terpusat jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan melakukan isolasi Mandiri di rumah, alasannya ketika Pasien di rawat di tempat terpusat, dapat dikontrol oleh Dokter, ketersediaan Oksigen apabila pasien tiba-tiba merasakan sesak serta adanya ketersedian obat. Jika dibandingkan dengan orang yang melaksanakan isolasi Mandiri sudah dipastikan terjadi Cluster keluarga baik yang ada didalam rumah maupun tetangga sendiri.

Upaya Kodim 1604/Kupang saat ini adalah mendatangi dan menemui warga yang sedang melaksanakan isolasi Mandiri untuk diajak melaksanakan isolasi terpusat di tempat yang telah disediakan dengan cara humanis. Tidak sampai disitu, Selama Pasien melaksanakan Isolasi terpusat maka istri/suami dan anak-anaknya di rumah diberikan bantuan bahan makanan oleh Kodim 1604/Kupang.

Di samping itu, salah satu kebijakan inovatif yang dilakukan Pemerintah adalah menyediakan sejumlah tempat isolasi terpusat hingga di level terkecil. Kepada masyarakat, Dandim 1604/Kupang menghimbau kepada masyarakat apabila terpapar covid-19 agar bisa menghubungi Babinsa supaya difasilitasi ke tempat isolasi terpusat dengan menggunakan mobil ambulance RST Wirasakti serta dilakukan pendataan terhadap keluarga di rumah guna diberikan bantuan ketersediaan makanan.

Seperti contoh saat ini Dandim 1604/Kupang didampingi oleh Ketua RT a.n. Heru, Mayor Inf. Hendri Dunant (Danramil 1604-01/Kupang), Kapten Inf. Nerson F. Baitanu (Pasi Intel Kodim 1604/Kupang) dan Serda La Dane (Babinsa Bakunase), mendatangi warga yang positif Covid sebanyak 5 (lima) orang di RT. 12, RW. 03, Kelurahan Bakunase I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang untuk memberikan himbauan/ajakan untuk melaksanakan Isolasi terpusat dengan humanis terhadap para pasien, sehingga para pasien bersedia untuk dibawa ke tempat “Isoter” di Puskesmas Penkase Oeleta Kecamatan Alak Kota Kupang, menggunakan Mobil Ambulance milik RST Wirasakti.

Setibanya di Puskesmas Penkase Oeleta Kecamatan Alak, Pasi Intel Kodim 1604/Kupang Kapten Inf. Nerson F. Baitanu langsung berkoordinasi dengan petugas Puskesmas guna menyerahkan kelima warga yang positif untuk segera mendapatkan penanganan secara medis..|| juli br

  • Bagikan