Bupati Thomas Angkat Nilai-Nilai Kearifan Lokal Lembata di Kementerian Kelautan dan Perikanan

  • Bagikan

JAKARTA, TOPNewsNTT||Bupati Lembata Thomas Ola Langoday lakukan kunjungan ke Kementerian Perikanan dan Kelautan RI (Kamis 16/12).

Bupati Lembata Thomas Ola dan Mentrri Kelautan dan Perikana Sakti Wahyu Trengono

Bupati Lembata bersama tim diterima langsung oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Sakti Wahyu Trengono bersama para staf ahli Dirjen dan Direktur diruang kerjanya Gedung Mina Bahati IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta.

Tujuan kunjungan antara lain sebagai silahturahmi Bupati Lembata untuk menyampaikan kearifan-kearifan lokal yang ada di kabupaten Lembata yang dapat diangkat menjadi kearifan nasional. Seperti trsdisi “Muro-Badu” yang menjadi tradisi tahunan masyarakat Lembata.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan remcana prosesi “Sare Dame” atau rekonsiliasi antara orang Lembata dengan alamnya baok alam laut, darat maupun udara. Prosesi ini direncanakan akan berlangsung pada tanggal 7/3/2022.

Untuk acara dimaksud, Pemda Lembata akan menggandeng Yayasan Barakat Lembata untuk sama-sama sukseskan tersebut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyi Trengono menyambut positif berbagai hal yang disampaikan Bupati Lembata.

Terkait tradisi pennagkapan ikan paus yang telah mendunia namun masih menjadi pertanyaan dirinya, sehingga Menteri Sakti ingin semua kearifan lokal Lembata harus digali sehingga nilai-nilainya dapat menjadi muatan nasional dalam.kurikulum pendidikan.

Dengannya kabupaten Lembata memiliki komtribusi prositif untuk pengembangan nilai-nilai dalam dunia pendidikan nasional.|| juli br

Sp.foekopim.setda.lembata

  • Bagikan