Bupati Mabar ajak warga Boleng sinergi dukung setiap program pemerintah

Daerah

Manggarai Barat, TOP NEWS NTT ■■ Drs. Agustinus Ch. Dula mengajak warga masyarakat Kecamatan Boleng untuk bersinergi mendukung setiap program Kabupaten Manggarai Barat. Dukungan tersebut dapat disampaikan melalui Anggota DPRD yang berasal Daerah Pemilihan 1 (Satu) terutama yang berasal dari Kecamatan Boleng.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Gusti Dula, dalam sambutan saat menghadiri acara Sukuran, Wilhelmus Syukur, SE., sebagai Anggota DPRD Manggarai Barat periode 2019 – 2024 dari Partai Nasdem, di Bentala-Boleng, Sabtu (16/11). “Pembangunan di Kabupaten Manggarai Barat ini belum semuanya merata. Karena itu saya ajak, masyarakat di Boleng ini untuk mendukung keberadaan Anggota DPRD, Pak Wihelmus sehingga bisa menjalankan tugas secara optimal dan memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Hadir bersama Bupati, Wakil Bupati Manggarai Barat., drh. Maria Geong, Ph.D., Ketua DPRD Manggarai Barat, Editasius Endi, SE., Wakil Ketua DPRD, Marselinus Jeramun, SE., Anggota DPRD Paskalis Y. Sudario, Silverius Sukur, SP., dan Yosep Suhardi, SH. Rombongan Bupati tiba di Bentala sekitar pukul 16.45 wita dan langsung diterima secara adat sesuai adat setempat.

Lebih lanjut Bupati dua periode ini menyampaikan 3 (tiga) fungsi yang melekat dijalankan oleh Anggota DPRD, antara lain Legislasi, anggaran dan pengawasan. Dalam kaitan dengan fungsi legislasi diwujudkan dalam bentuk peraturan daerah bersama-sama Bupati; Fungsi anggaran diwujudkan dalam membahas dan menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah bersama-sama bupati; dan Fungsi pengawasan diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan, Peraturan Bupati, Keputusan Bupati dan Kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Ya, itu 3 fungsi yang melekat pada Anggota DPRD, yakni Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Karena itu DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Sedangkan Tugas dan Wewenangnya ada 11 (sebelas) dua diataranya yakni Membentuk Peraturan Daerah bersama Bupati; Membahas dan memberikan persetujuan rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) yang diajukan oleh Bupati. Dimana Tugas dan Wewenang itu, saat ini sedang berjalan dalam menyiapkan ABPD tahun 2020,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat Bentala-Boleng terkait pelaksanaan Pilkada Manggarai Barat yang akan dilaksanakan pada tahun 2021, dimana tahapan-tahapan sedang berlangsung saat ini. “Tahun depan (2020; red), kita di Manggarai Barat ini akan memasuki tahun politik, pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah untuk periode 2021-2024. Umur jabatannya memang tidak lama karena tahun 2024 di negara kita akan melaksanakan Pemilu secara serentak,” paparnya.

Terkait pelaksanaan Pilkada tersebut, Bupati Gusti menyinggung wacana beberapa Bakal Calon Bupati/Wakil yang sudah mendaftarkan diri dibeberapa partai-partai yang ada di Manggarai Barat. “Saya mendapat informasi baik lisan maupun dari media-media, ada beberapa figure yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti Pilkada pada tahun 2021 mendatang, seperti Pak Edi Endi (Ketua DPRD) yang berpasangan dengan dr. Weng (Kadis Kesehatan Manggarai), juga Ibu drh. Maria Geong,Ph.D., (Wakil Bupati) yang belum ada pasangan Wakilnya. Dimana mereka hadir dalam acara pada sore ini,” sentil Bupati.

Masyarakat kata Bupati, boleh mendukung siapa saja, apakah Pak Edi-Weng atau Ibu Maria Geong, termasuk bakal calon-bakal calon lainnya yang tidak ada di tempat ini. “Dan Karena ini acaranya anggota Nasdem, yang silahkan masyarakat Bentala dukung Pak Edi dan dr. Weng, Ibu Maria Geong atapun figur-figur lain. Yang pasti pilihan terbaik itu ada di hati Bapak-bapak/Ibu-ibu sekalian,” katanya tanpa beban, seraya menambahkan bahwa dirinya sudah tidak bisa lagi maju sebagai bakal calon karena aturan undang-undang.

Acara syukuran Anggota DPRD Wihelmus Syukur berlangsung meriah, yang diawali dengan perayaan ekaristi Syukuran oleh Pastor Paroki Lando-Terang, RD. Vitalis Monte, Pr., bersama 5 (lima) konselebran antara lain, RD. Rikardus, RD Ardi Obot, Pater Vinsen Bembot, RD Emil Sarimas, Pr. Ratusan umat Katolik hadir dalam perayaan Ekaristi Syukuran tersebut ■■ editor: juli br/top news ntt

Sumber : Humas pemkab Manggarai Barat