Bupati Kupang Letakan Batu Pertama Ground Breaking Pembangunan IPA SPAM Raknamo

  • Bagikan

OELAMASI, TOPNewsNTT|| Selasa,26/10 berlokasi di kampung Oeseka, Desa.Raknamo, kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, dilaksanakan acara Ground Breaking Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) berkapasitas 40 x 2ltr/Oet SPAM Kabupaten Kupang (Bendungan Raknamo), sekaligus dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Kupang Drs.Korinus Masneno,MM untuk pembangunann IPA tersebut.

Roy Marthen perwakilan dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah NTT menyatakan, sehubungan akan dimulainya pembangunan IPA SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, disampaikan bahwa program pembangunan ini telah dirintis beraama Pemda dan masyarakat.
“Untuk itu diharapkan dukungan, kerja sama yang baik, agar semua dapat terlaksana dan berjalannlancar. Rencana pembangunan IPA SPAM Raknamo dengan kapasitas 100 liter /detik (2×24 lps) merupakan keinginan keinginan masyarakat memperoleh air bersih layak dikonsumsi. Dan SPAM Raknakmo dapat memenuhi air bersih daerah pelayanaj hingga tahun 2032. Setelah tahun 2032 perlu pengembangan IPA Baru untuk menutupi kebutuhan air bersih.”ujar Bupati.

Bupati memaparkan bahwa akan air bersih penting diperhatikan dan air minum yang berkualitas akan dimulai dari Raknamo. Hal terseburt diungkapkan Bupati Korinus saat meninjau lokasi IPA SPAM yang akan dibangun dan dikerjakan oleh kontraktor Karapa-Maju Jaya KSO dengan nilai kontrak Rp86.274.466.461 termasuk pajak PPN 10% yang sumber dananya berasal dari APBN 2021/2022. Pemilik proyek adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Saat itu secara langsung Bupati menjelaskan kepada masyarakat bahwa 10 Desa di 2 kecamatan yaitu Kupang Timur dan Amabi Oefeto termasuk perkantoran Oelamasi akan terlayani air minum persembahan Kementerian PUPR.
“Kita patut berbangga bahwa daerah kita selalu mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat. Untul itu bersama Pemda dan masyarakat, saya minta agar semua elemen saling mendukung demi kelancaran pengerjaan proyek pembangunan ini.” Ajaknya.

Bupati juga mengatakan rencananya hendak memindahkan kantor PDAM kabupaten Kupang yang terletak di Kota Kupang ke wilayah kabupaten Kupang. Kalau di kota Kupang cukup untuk sekretariat konsumen saja.

Pengerjaan pembangunan IPA SPAM yang baru pertama kali di kabupaten Kupang diharapkan oleh Bupati bisa diselesaikan tepat waktu pada November 2022 dan segera dapat dinikmati masyarakat.dan dirinya jika masih sempat (sebelum berakhir masa kepemimpinannya).
“Saya juga berharap pembangunan instalasi air minum kedepannya juga dapat memberikan peluang kepada PDAM Kabupaten Kupang untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat kabupaten Kupang sampai ke deaa-desa.”ujarnya berharap.

Bupati juga menyinggung tentang civic centre di Oelamasi yang seluruhnya terpusat pada perkantoran baik pda maupun kantor-kantor vertikal yang terletak di Civic Centre Oelamasi.
“Rencananya civic centre Oelamasi akan dibangun BKN Cabang Provinsi NTT untik pelayanan kepegawaian di NTT. Saya bersyukur kabupaten Kupang banyak mendapat perhatian.” Ujarnya.

Sumber air yang digunakan pada pembangunan IPA Kap 40 x 2 l/sec SPAM kabupaten Kupang (Bendungan Raknamo) ini berasal dari bendungan Raknamo. Debit air 80l/sec dan merupakan proyek strategis

Turut mendampingi bupati Masneno adalah Kadis PUPR kabupaten Kupang Jhony Nomseo, Dirut PDAM kabupaten Kupang Yoraib Mau.|| juli br

Sp prokopim setda kab.kpg

  • Bagikan