Bupati Kupang Apresiasi Upaya Pro-aktif KPK RI Cegah Korupsi Di Kabupaten Kupang

  • Bagikan

OELAMASI, TOPNewsNTT|| Bupati Kupang hadiri Rakor Managemen Aset dan Pajak Daerah dalam Capaian MCP (Monitoring Centre for Prevention) Triwulan III 2021.
Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Bupati Kupang (Rabu, 27/10).

Peserta rakor

Dalam sambutannya, Bupati Korinus Masneno sampaikan sambutan kepada Ketua Tim Koorfinasi dan Supervisi Wilayah V KPK RI beserta anggotanya, dan berharap kehadiran mereka mampu menjadi suplemen tambahan bagi pemkab Kupang dalam upaya mewujudkan peningkatan capaian rencana aksi pencegahan korupsi di kabupaten Kupang.

“Pemkab.Kupang secara khusus menyambut baik platform pencegahan Korupsi Pemda melalui MCP yang telah digagas oleh KPK RI. Platform ini sungguh membantu kamj untuk melakukan penilaiain mandiri progres capaian rencana aksi pencegahan korupsi yang telah kami lakukan selam ini . ” ujar Bupati mengapresiasi.

Melalui MCP ini, Bupati mengatakan pihaknya telah lebih intens melakukan berbagai upaya pada 8 fokus pencegahan korupsi di wilayah kabupaten Kupang. Mulai dari perencanaan dan pengaanggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu Satu Pintu, kapabilitas APIP, managemen ASN, Dana Desa, Optimalisasi pajak daerah dan managemen aset daerah.

Menurut Bupati, saat ini optimalisasi pajak daerah dan managemen aset daerah bisa disupervisi langsung.
“Karena kedua fokus ini butuh penanganan serius san komprehensif untuk dilakukan upaya tindaklanjut yang tepat dan pemetaan yang baik pada setiap indikator dan sub indikator yang ada. Sehingga capaian akhit pencegahan korupsi sampai triwulan III berada pada kisaran 35-40% pada akhir 2021. Semoga melalui supervisi nanti, hasilnya dapat dijadikan masukan yang sungguh berarti bagi pemkab.Kupang.” ujar Bupati tulus.

Kepada peserta yang terdiri dari inspektorat dan semua perangkat daerah Bupati minta wajib ikuti kegiatan yang disertai peninjauan lapangan dengan serius.

Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI Fries Mounth Wongso menjelaskan bahwa ini adalah kegiatan kedua mereka di kabupaten Kupang sebagai tindak lanjut monitoring evaluasi pajak dan aset daerah
“Saya minta pemkab.Kupang agar data aset daerah yang diberikan kepada pihak inspektorat harus yang terbaru. Sehingfa bisa dilakukan penilaian pada tahun depan dari data ter-up date dengan pertanggungjawaban dari setiap OPD untuk di intervensi ke Inspektorat.” Pintanya tegas.

Hadir juga wakil bupati Kupang, sekda, plt.as.3, serta para pimpinan OPD terkait.|| juli br

Sp forkopim.setda kab.kupang

  • Bagikan