Bupati Korinus Masneno Hadiri Peresmian Penthabisan dan Peresmian Gereja Katholik Stasi St.Leonardus

  • Bagikan

OELAMASI, TOPNewsNTT||Bupati Korinus Masneno Hadiri Peresmian Penthabisan dan Peresmian Gereja Katholik Stasi St.Leonardus Manusak Paroki Sta.Fatima Taklale, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, (Jumad, 25/6).

Penandatanganan Prasasti oleh Yang Mulia Uskup Agung Kupang Mgr.Petrus Turang,Pr dan Gub.NTT yang diwakili As I Setda NTT Benyamin Lola

Sebelum dimulainya ibadah pemberkatan gedung gereja yang baru oleh Yang Mulia Uskup Agung Kupang, Mgr.Petrus Turang.Pr, acara didahului dengan pengguntungan pita sebagai tanda gereja siap digunakan oleh Bupati Kupang Korinus Masneno  atas ijin Yang Mulia Mgr.Petrus Turang,Pr.

Disusul dengan penandatanganan prasasti oleh Uskup Agung Kupang dan Uskup Agung Kupang yang diwakili oleh Asisten I Setda NTT Benyamin Lola.

Usai missa, Uskup Agung Kupang mengucapkan terima kasih kepada panitia pembangun gereja dan seluruh umat, dan para dermawan yang ikut ambil bagian dalam pembangunan gereja baru ini.

“Saya mengharapkan rumah Tuhan yang baru ditabhiskan  ini menjadi rumah keselamatan dan rakhmat tempat umat Kristiani berkumpul dalam kesatuan membangun umatNya dalam cinta dan kasih.” Ujar Uskup Agung berharap.

Pengguntingan pita dan pembukaan pintu gereja oleh Bupati Kupang Korinus Masneno

Sssuai data yang diterima bagian Prokopim.Setda.Kabupaten Kupang dari pihak panitia pembangunan gereja, pembangunan gereja ini menghabiskan anggaran Rp2.124.865.000 dengan sumber dana berasal dari : swadaya umat sebesar Rp924.865.000, para donatur dan pihak lain sebesar Rp1.200.000.000.

Jumlah umat sebanyak 2.832 jiwa dari 596 kk. Umat gereja ini berharap Yang Mulia Uskup Agung Mgr.Petrus Turang,Pr dapat menaikkan status gereja St.Leonardus dari Stasi menjadi Kuasi atau Paroki.

Rasa syukur atas pembangunan gereja ini juga disampaikan oleh Bupati Kupang Korinus Masneno,

“1 Tahun 4 bulan yang lalu saya bersama bapak Uskup lakukan peletakan batu pertama gereja ini. Pembangunan yang tidak membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Atas nama pemerintah kabupaten Kupang menyampaikan terima kasih kepada Bapak Uskup, para pastor seluruh panitia yang telah memberikan ruang kepada pemerintah untuk dapat bersukacita bersama umat pada peresmian gereja ini.” Ungkap Bupati Korinus.

“Peran gereja Katholik selama ini telah memberikan dampak positif terhadap berbagai bidang pembangunan di negeri ini. Di bidang lingkungan hidup gereja Katholik dalam keprihatinannya terhadap situasi keruaakan lingkungan hidup mengeluarkan nota pastoral dengan thema “keterlibatan gereja dalam melestarikan keutuhan ciptaan.” Hasilnya, gereja Katholik dengan edukasi, advokasi dan negosiasi mampu menyadarkan umat akan pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan ciptaan Tuhan, sekaligus menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam komitmen pelestarian lingkungan hidup. Masih banyak contoh konkret lain peran gereja dalam pembangunan gereja menjadi maju dan sejahtera. Gereja dan pemerintah menjakankan perannya masing-masing demi satu tujuan yakni memanusiakan manusia menuju hidup lebih baik, serta membangun dori lebih baik menuju perubahan.” Ujar Bupati Masneno.

Diakhir acara, Bupati Masneno dan Wabup.Jery Manafe bersama umat menarikan tarian selendang dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Selain Bupari, Wakil Bupati Kupang dan Asisten I Setda provinsi NTT, hadir pula Pimpinan OPD kabupaten Kupang.|| juli br

sumber : sp bag.adm&kom.pimp

  • Bagikan