Bupati Hery Nabit : “PKK, Dekranasda dan PAUD, salah satu Mitra Andalan Pemkab.Manggarai”

  • Bagikan

RUTENG, TOPNewsNTT|| Demikian antara lain pernyataan Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit,SE.,M.A dalam sambutanya saat hadiri pelantikan Ketua TP PK Kecamatan se-Kabupaten Manggarai (Jumat, 11/02) di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.
Pelantikan dan pengukuhab hari ini penting dilaksanakan karena harus ada yang bertanggungjawab dalam menjalankan programnya. Apalagi PKK, Dekranasda dan PAUD akan jadi salah satu andalan Pemerintah kabupaten Manggarai dalam sejumlah sektor, baik kesehatan, ekonomi rakyat, pendidilan maupun kesejahteraan sosial.” Ujarnya.

Hari ini, lanjut Bupati Hery, “Kita lantik yang baru, maka sepatutnya ucapkan terima kasih kepada yang lama yang juga sudah berbuat banyak. Selama ini karena tidak tampil di media sehingga dianggap tidak pernah berbuat, tapi padahal banyak orang buat tapi memang muncul di media.” Tanda Bupati Hery mengapresiasi.

Kepada para ketua yang baru dilantik, Bupati minta agar dapat menggunakan media untuk mempublikasi kegiatan yang dilakukan. Baik media sosial atau media mainstream.
“Supaya orang tahu dan orang lain bisa ikut kontribusi. Kehadiran TP PKK, Dekranasda dan Bunda PAUD harus memberi manfaat untuk masyarakat Kabupaten Manggarai.” Pintanya.

Bupati juga ingatkan bahwa TP PKK saat ini ada di situasi ketika pemerintah dalam semangat membangun di semua sektor, sehingga dibutuhkan peran serta dari semua pihak termasuk PKK. TP PKK akan bergerak bersama-sama pemerintah, karena memang dibutuhkan oleh pemerintah
“Bukan karena supaya organisasi ini ada, tapi TP PKK adalah tim yang masuk sampai ke rumah tangga. Artinya program pemerintah akan di bantu oleh TP PKK untuk bisa menjangkau seluruh masyarakat.” Ujarnya lagi

Saat itu Bupati Hery minta OPD untuk kolaborasi dengan PKK, Dekranasda dan PAUD untuk bantu pelaksanaan program kerja.

Kepada Dekranasda, Bupati Hery minta untuk kerjasama dengan Dinas Perindagpar supaya warisan budaya bisa terjaga dan ekonomi kreatif makin berkembang.
“Apalagi eokonomi kreatif juga jadi andalan pemerintah kabupaten Manggarai. Tujuan Dekranasda mengumpulkan orang-orang kreatif, menggali serta mewariskan tradisi dan budaya bangsa termasuk budaya Manggarai.” Pintanya.

Karena pada sektor ekonomi kreatif ini diisi oleh anak-anak muda, baik yang masih sekolah maupun yang sudah tidak sekolah. Ini jalan bagi mereka untuk menuju pada kehidupan yang lebih baik, ungkap Bupati.
“Kami sungguh berharap Dekranasda yang dilantik sungguh-sungguh dapat membantu pemerintah dalam sebuah kerjasama dan koordinasi yang baik.” Ujarnya berharap.

Kepada Bunda PAUD, Bupati minta sukseskan program Satu Desa Satu PAUD. PAUD harus benar-benar berkualitas dan tidak sekedar papan nama.
“Saya dan pak wakil titipkan anak-anak kami seluruhnya, para remaja, para ibu hamil, saudara kami yang difabel dan seluruh kaum.perempuan, tolong urus mereka dengan baik. Kalaupun srsama manusia tidak menghargai itu, upahmu besar di surga. Karena kita urus orang yang kurang bahkan tidak diperhatikan selama ini. Khususnya difabel.” Katanya.

Bupati juga ungkapkan rencana menggelar Musrembang untuk kelompok yang tertinggal yakni perempuan, anak.muda, difabel dan ODGJ.
“No one left behind, jangan ada yang tertinggal. Dalam artian kurang tersentuh oleh program pembangunan. Kalau mereka hadir di Musrembang umum, biasanya orang tidak mau dengar mereka punya suara. Karena itu kita bikin forum khusus supaya mereka bisa sampaikan aspirasinya.” Ungkapnya.

Kepada pengurus yang sudah dilantik, Bupati Hery minta perhatian terhadap masalah stunting, pernikahan anak usia dini, pendampingan para calon pengantin dan pendampingan ibu hamil dalam upaya menekan angkan kematian ibu dan bayi.

Bupati mengajak seluruh pimpinan OPD dan para camat untuk berkolaborasi dukunf PKK, Dekranasda dan Bunda PAUD dalam setiap pelaksanaan program kerja yang telah dirancangan dan disepakati.
“Saya harap apa yang saya sampaikan jadi bekal untuk jalankan tugas kita pada hari mendatang.” Ujarnya berharap dan menutup sambutan.

Pelantikan dilaksanakan oleh Ketua TP PKK kabupaten Manggarai, Meldiyanti Hagur Marcelyna Nabit berdasarkan SK ketua TP PKK Kabupaten Manggarai Nomor 01/Kep/PKk.Kab.Mgr/II/2022 tentang Pemberhentian, Pengangkatan dan Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan se-kabupaten Manggarai, SK Ketua Dekranasda kabupaten Manggarai nomor 08/SK/Dekranasda-MGR/II/2022 tentang pemberhentian dan pengangakatan Ketua Dekranasda Kecamatan se-Kabupaten Manggarai, Keputusan Bupati Manggarai nomor HK/86/2022 tanggal 11 Februari 2022 tentang pengukuhan Bunda PAUD kecamatan se-kabupaten Manggarai.

Sementara ketua Panitia Florentina F.H.Ganggut Ngabut, sampaikan diawal acara bahwa gerakan PKK, Dekranasda dan Bunda PAUD adalah gerakan nasional yang pengelolaanbya bersifat konsultatif, partisipatif dan hirarkis. Gerakan ini bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan keluarga pada khususnya.

Florentina menyebutkan PKK, Dekranasda dan Bunda PAUD merupakan mitra pemerintah yang dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sumber daya manusia.

Untuk mendukung pelaksanaan program PKK, Dekranasda dan Bunda PAUD, Florentina ungkapkan telah dibentuk kepengurusan di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa atau kelurahan untuk lancarnya pelaksanaan program kerja.|| juli br

Sp prokopim setda kab.manggarai

  • Bagikan