Bupati Hery Nabit Buka Pelatihan Petani Milenial, Upaya Percepatan Regenerasi Petani

  • Bagikan

RUTENG, TOPNewsNTT|| Bupati Manggarai Herybertus G.L.Nabit,SE,MA membuka secara resmi pelatihan Petani Milenial dalam rangka pengembangan kapasitas kelembagaan petanj di kecamatan dan desa bertempat di Aula Agromina Wisata Dalo, Kecamatan Ruteng (Kamia, 21/10).

Bupati Hery Nabit 

Program Petani Milenial ini merupakan salah satu program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam rangka akselerasi regenerasi petani melalui pengembangan berbagai aktivitas usaha tani pada bidang tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.
“Kita sedang bicara tentang bagaimana pertanian Manggarai pada masa depan, lebih dari itu lagi kita sedang bericara tentang masa depan anak-anak muda Manggarai.” Ujar Bupati Hery.

“Kita mulai dengan wirausaha tani, bisnis pertanian. Tidak hanya sekedar menjadi petani, namun juga menjadi pebisnis melalui sektor pertanian.” Lanjut Bupati menyemangati.

Bupati mengingatkan, bahwa kebutuhan akan regenerasi petani menjadi salah satu fokus penting yang sedang diupayakan oleh pemerintah. Hingga saat ini generasi tua masih mendominasi sektor pertanian. Oleh karena itu dorobgan terhadap kaum muda untuk terlibat aktif di sektor pertanian perlu ditingkatkan.
“Seiring denga perkembangan teknologi di masa sekarang ini, akan memberilan dampak dan manfaat yang besar bagi para petani terlebih petani milenial. Saya harap para petani, terlebih petani milenial yang dilatih hari ini akan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan, baik untuk petani itu sendiri maupun untuk masyarakat luas. Diharapkan produktivitas dan produksi meningkat.” Ujar Bupati berharap.

Plt.Kadis Pertanian, Hendrikus Rora dalam laporannya mengatakan bahwa untuk kabupaten Manggarai, pencanangan program ini menyasar 33 kelompok tani milenial yang tersebar di 12 kecamatan.
“Pelatihan dibagi.dalam dua gelombang yakni gelombang pertama pada 21 – 22 Oktober 2021 untuk kecamatan Satarmese, Satarmese Barat, Satarmese Utara, Langke Rembong, Ruteng dan Lelak dengan pusat pelatiha di Agrowisata Dalo.” Jelas Rora.

“Sedangkan pelatihan gelombang kedua dimulai pada 23-24 Oktober 2021 bagi wilayah kecamatan Rahong Utara, Wae Ri’i, Cibal Barat, Cibal, Reok d Reok Barat dengan pusat pelatihan di Aula SVD Sangari Reo.” Jelasnya lagi.

Total peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 156 orang yang terdiri dari 131 anggota kelompok petani milenial dan 25 orang petugas pendamping. Para peserta akan dibekali dengan pelatihan seputar teknologi budidaya pertanian modern, teknologi pemasaran hasil pertania modern, tenologi pemasaran hasil pertanian modern, mekanisme pertanian modern, sistem pertanian modern, mekanisme pertanian modern, sistem pengairan modern, KUR Mikro, managemen orgnisasi kelompok tani, perkembangan hortikultura di kabupaten Manggarai dan succses.story (kisah sukses salah satu petani milenial).|| juli br

Sp prokopim.setda kabupaten Manggarai

  • Bagikan