Brigjend.Francis Wewengkang dan Tim WASEV TMMD 111 Kunjungi SMPS 1 Amarasi Selatan

  • Bagikan

NEKAMESE, TOPNewsNTT||Brigjen TNI F. F Francis wewengkang S. E. M.M (Pasahli Tingkat II Kasad Bid LH dan  Letkol Cku. Sudarso dari Tim WASEV (Pengawasan dan Evaluasi) program TMMD Ke-111 Tahun 2021 Kodim 1604/Kupang. lakukan kunjungan ke SMPS 1 Amarasi Selatan,  salah satu dari 4 sasaran pembangunan fisik TMMD 111 di Desa Nekmese  yang merupakan  salah 1 dari  2 desa yang jadi lokasi sasaran  TMMD 111 2021.(Kamis, 8 Juli 2021).

 

Penampakan 3 ruang kelas SMPS 1 Amarasi Selatan yang sudah 87% selesai.di rehab.

Turut hadir mendampingi antara lain Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh. Abraham Kalelo., S.Sos KA Tim Tuud Sterad Letkol Cku. Sudarso
3. Kasiter Korem 161/Wirasakti Kolonel Inf. Seniman Zega,S.H, Setda Kab. Kupang Ir. Obet Laha,  Kadis PMD Kab. Kupang Drs. Charles Panie M. M, Camat Amarasi Selatan Bapak Tonci Toef, Danramil 1604-03/Amarasi Kapten Inf. Lalu Ibnu Fajar dan Dan Unit Intelijen Kodim 1604/Kupang Kapten Inf. Nerson F. Baitanu.

Rombongan disambut oleh Tarian penyambutan Gong dari Amarasi Selatan oleh pemuda-pemudi Desa Amarasi.

Camat Amarasi Selatan Tonci Teuf,SP dalam sambutannya menyatakan terima kasih atas kedatangan Brigjend ke wilayah desa Nekmese dan Sahraen. Pada pembukaam 15 Juni sudah berjalan mulai dari rehab SMPS  1 Amarasi Selatan, rehab Gereja Imanuel, Rehab Gereja Papela, dan rehab Pastori Bonomois sudah dilakukan dan sudah hampir mencapai 100%.

Melihat ruang kelas

“Kami masyarakat Kecamatan Amarasi Selatan sangat beterima kasih atas bantuan kerja sama masyarakat membangun bersama TNI, membangun kabupaten Kupang khususnya kecamatan Amarasi Selatan.  Kami sangat mengharapkan pembangunan seperti ini lagi bagi kecamatan kami ke depannya. Karena pembangunan ini sangat cepat, membantu dan bermanfaat bagi kami. Terima kasih TNI bersama rakyat membangum desa kami.” Ujar Tonci.

Foto bersama Brigjend.TNI Francis Wewengkang, Tim Kodim 1604, perangkat daerah pemkab.Kupang bersama orangtua dan pihak sekolah

Sedangkan Brigjend.TNI Francis Wewengkang dalam sambutannya menyatakan sangat senang bisa lakukan kunjungan dalam rangka pengawasan dan evaluasi terhadap progres sasaran pembangunan Fisik dan Non Fisik di Lokasi TMMD 111 ke 2021.

“Kami ingin melihat kegiatan TMMD 111 sejauh mana di lapamgan, berjalan dengan baik dan berhasil tidak? Kami ingin lakukan pengawasan dan evaluasi terhadap apa yang dilakukan TNI dan Pemda.setempat dalam wujud TMMD. Menyumbang tenaga, pikiran dan sharing anggaran untuk membangun sasaran fisik yaitu rehab-rehab rumah ibadah dan sekolah. Tujuan bangun sekolah untuk menjadikan anak-anak kita pintar, sedangkan membangun rumah ibadah tujuannya membuat orang menjadi lebih baik atau jangan matfoes (jahat-bahasa Amarasi Selatan). Tujuannya semua mulia dan pintar dan menjadi seperti kita yamg duduk di sini suatu saat.” Ujar Francis.

“Dulu kegiatan TMMD bisa lebih dari 4 x, tapi sekarang karena situasi maka 1 x setahun. Tapi intinya berguna bagi masyarakat. Bapak kasad berpesan apapun yang dilakukan kali ini dapat dijaga, dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai fungsinya. Ibarat rumah tidak ditinggali sebulan saja maka akan penuh laba-laba dan kotoran. Sebagai pimpinan TNI/AD dimanfaatkan dan dirawat.  Semua berjalan baik 87% dan masih berjalan sesuai rencana. Semoga TMMD masih bisa dilakukan lagi. Karena wilayah ini mirip sama daerah saya di Tondano (Sulawesi Selatan), masih tandus dan kering. Dan semoga yang sekolah di snini bisa raih cita-citanya buat makmur dan sejahtera warga di sini.” Ujar Brigjend.TNI/AD Francis Wewengka menutup sambutan.

Usai turun ke lokasi sasaran fisik pertama SMPS 1 Amarasi Selatan yang sudah 87% membangun 3 ruang kelas baru, 1 ruang guru dan 2 unit WC.   Melihat progresnya yang sudah sampai pada finishing (plamir dan pemasangan keramik), Brigjend.TNI/AD Francis Wewengkang menyatakan apresiasi dan pujiannya atas solidnya TNI bersama masyarakat.

“TMMD ini kan intinya kita TNI membantu pemda dan masyarakat. Tujuannya, pekerjaan cepat, tidak bertele-tele, dan bangunannya bagus, itu saja, sehingga segera dapat di manfaatkan oleh masyarakat. Kan gitu tujuan membangun ataupun rehab?” Ujar Brigjend.Francis singkat.

Sedangkan sekda.Kabupaten Kupang Obed Laha menyatakan bahwa Pemda membangun kerja sama dengan TNI dalam melaksanakan TMMD ini.

“Tahun ini Pemda siapkan anggaran cukup untuk satu kali dilaksanakan. Harapannya ke depan TMMD dapat dilaksanakan dua kali setahun. Dan kita lihat hasil dari TNI TMMD 111 2021 ini sangat lancar.

“Tadi sesuai laporan sudah 87% dan sisanya hingga 100% kita berharap akan selesai sebelum penutupan. Setelah diselesaikan bisa dimanfaatkan, dan kuat dan dijaga dan dirawat. Dana yang dianggarakan Pemkab.Kupang sekitar Rp900.000 juta lebih. Anggaran itu untuk membangun rehab 4 bangunan fisik. Bahkan bapak bupati Kupang inginkan  tahun depan bisa dua kali dilaksanakan.” Tandas Sekda Obed Laha.

Acara disertai penyerahan sembako bantuan Kodim 1604/Kupang kepada 6 orang kk penerima yang ditujukan bagin 12 kk penerima lansia warga Desa Nekamese yang diserahkan oleh Brigjend.Francis Wewengkang, Dandim 1604/Kupang, Sekda.Kabupaten Kupang dan Camat Amrasi Selatan.|| juli br

  • Bagikan