Balai POM Kota Kupang Edukasi Masyarakat Lewat Kegiatan KIE

KUPANG, TOP NEWS NTT ■■ Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang mutu, khasiat, keamanan produk terapetik (obat), obat tradisional, kosmetika, produk komplemen, produk pangan dan bahan berbahaya sehingga Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) mengadakan Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat khususnya siswa Sekolah Menangah Atas (SMA) Kristen Mercusuar Kupang. Kegiatan bertempat di Hotel Cahaya Bapa, Jl. Herewila, Kota Kupang, Jumat (23/8).

Hadir dan  membuka acara,  Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man. Turut hadir Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, DR.  Immanuel Ekadianus Blegur, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr. Ari Wijana, Kepala Balai POM Kupang, Drs. Sem Lapik, APT, M.Sc, Kepala Sekolah SMA Mercusuar Drs. Soleman Dapa Toka, MA.

Di seluruh Indonesia banyak ditemukan penyalah gunaan pemberian obat dan makanan bahkan kosmetik, banyak kosmetik palsu yang karena ketidaktahuan masyarakat dan karena harga murah sehingga orang tertarik untuk membeli. DR.  Immanuel Ekadianus Blegur mengatakan “Balai POM Kupang bertugas memberi informasi tentang cara menggunakan obat, makanan dan kosmetik yang aman. Hari ini pengetahuan diberikan lebih dini, kepada siswa – siswa SMA. Kepada adik – adik, hari ini akan mendengar bagaimana tips untuk menggunakan obat, makanan dan kosmetik secara baik dan benar. Apalagi kita tahu di Sekolah banyak ditemui jajanan. Harapan kami para siswa dapat menyadari ciri makanan yang tidak sehat. Program ini adalah kerjasama komisi IX DPR RI dengan Balai POM Pusat dan Daerah”.

Balai POM secara detail memiliki tugas meneliti obat, makanan dan kosmetik yang akan dipasarkan, member ijin kepada produk obat, makanan dan kosmetik untuk dipasarkan jika telah memenuhi standar sesuai ketentuan yang berlaku, mengawasi pasca produk dijual di pasaran.

Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man dalam sambutannya mengatakan “Aspirasi masyarakat NTT dibawa ke Pemerintah Pusat lewat DPR RI, sehingga Pemerintah Pusat menurunkan berbagai program seperti hari ini program KIE. Obat merupakan susunan zat kimia dalam jumlah tertentu dipakai seseorang untuk menyembuhkan. Zat Kimia itu beracun, sehingga diperlukan pengetahuan untuk mengunakan obat, makanan dan kosmetik. Hari ini adik – adik di SMA Mercusuar Kupang, 200 anak melalui program KIE akan mendapatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Diperlukan pengetahuan bagaimana menggunakan obat, makanan dan kosmetik sehingga masyarakat Kota Kupang juga semakin sehat.”■■editor : juli br

Sumber : SP Bsgian  (Hum@s) Kota Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *