Anugerah Surf & Dive Resort Nembrala, Tawarkan Sejuta Magnet Pariwisata Bahari Rote Ndao

  • Bagikan
Anugerah Dive, Spa & Resort di Pantai Nembrala, Desa Bo'a, kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao

NEMBRALA-ROTE BARAT, TOPNewsNTT|| Magnet Pariwisata Rote Ndao ada pada olah raga air Selancar, Diving, Snoreking serta keindahan sunset di pantai Nembrala, di desa Bo’a, Kecamatan Rote Barat. Memang pantai lain di Rote Barat Daya seperti Batu Pintu yang berhadapan dengan Pulau Ndana juga menatik, tapi pantai Nembralalah yang sejak awal 2016 sudah masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia sebagai salah satu Pantai Tereksotik Dunia selain Pulau Bali.

Erasmus Frans Mandato, owner Anugerah Surf & Dive Resort Nembrala Beach

Ide pertama menjadikan selancar sebagai paket wisata adalah datang dari Owner Anugerah Surf & Dive Resort, Erasmus Frans Mandato. Pria asli Rote Ndao berusia 40-an tahun yang juga wakil rakyat Rote Ndao ini ternyata sebagai pencetus awal menjadikan Selancar sebagai Paket Wisata. Ia mengawalinya tahun 2016 , lalu  Dive dan Snoreking pada 2017 dalam paket khusus bagi wisatawan  yang menginap di resort yang dirintisnya sejak 1994 itu.

Kepada media ini pria yang biasa disapa Pak Mus ini mengatakan bahwa jika ingin ke Nembrala, bisa membooking kamar di Anugerah Surf & Dive Resort di website https://surfdiverote com dan harus jauh-jauh hari dan saat tiba di pelabuhan Ba’a akan dijemput.

Anugerah Surf & Dive Resort ini memiliki 24 kamar yang siap dihuni dengan rate harga mulai Rp400-600 ratus ribu per malam. Jika ingin 3 x makan maka bisa memilih paket full Book dengan rate Rp500 ribu lebih. Sedangkan rate Rp400 ribu hanya peroleh makan pagi. Tapi bebas menikmati teh, kopi dan air mineral yang selalu tersedia.

Bagi yang suka pendingin alami (Nembrala memiliki suhu yang sejuk)  bisa memilih kamar cottage tanpa ac atau pendingin alami, sedangkan yang suka suhu lebih dingin tersedia kamar dengan ac.

Setiap kamar juga disediakan double bad, walk in closet dengan lemari yang lengkap dengan hanger, meja rias dan kaca yang hampir semua furniture lebih dominan berbahan kayu, dan kamar mandi dengan sebagian atap terbuka, shower dan closet duduk.

Air jangan diragukan lagi, karena resort ini memiliki beberapa sumur dihalamannya dengan dinamo sebagai pemompa air. Anda serasa menikmati kemewahan di tengah kealamian alam desa lengkap dengan pantai Nembrala berpasir putih, dikelilingi pohon Tuak dan kelapa serta pantai dengan ombak menari-nari memanggil untuk sekedar berenang, snoreking, dive dan yang paling mendebarkan adalah berselancar yang memompa adrenalin bagi yang suka tantangan.

Resort ini juga menyiapkan spa lengkap dengan therapist berpengalaman bekerja di Bali dan spa-spa di luar NTT, kolam renang, bahkan pancuran dihalaman resort untuk membersihkan air laut di tubuh usai berenang atau selancar.

Oya, bagi tamu yang tidak bisa berselancar, diving dan snoreking, Pak Mus menyiapkan tenaga pelatih yang terdiri dari pemuda-pemuda sekitar yang dilatih khusus untuk memberikan  pelatihan dan bimbingan bagi tamu yang ingin merasakan pengalaman berpacu dengan ombak Nembrala yang terkenal.

Pelayanan dengan mengutamakan suasana kekeluargaan adalah hal menarik yang bisa anda dapatkan di resort ini. Anda akan disambut oleh pelayan sejak awal memasuki resort yang dibangun ditengah-tengah perumahan penduduk ini.

Tapi tourism minded akan anda rasakan di lingkungan ini, karena setiap rumah ada service khusus yang bisa anda dapatkan, seperti ingin trip dengan mobil, maka ada keluarga di sekitar resort punya kendaraan yang disewakan, lengkap dengan sopir yang bisa dijadikan guide.

Suasana kekeluargaan inilah yang masih dipertahankan Anugerah Resort dengan mengaplikasikan program pengelolaan pariwisata dengan pelibatan masyarakat. Sehingga potensi apa yang ada pada masyarakat sekitar, diberikan peluang untuk ditawarkan kepada setiap tamu yang butuh. Semua tidak di borong oleh Anugerah Resort, tapi masyarakat sekitar ikut mengambil bagian agar ikut merasakan impact dari adanya pariwisata di wilayah mereka.

“Kalau ada tamu ingin trip, kami serahkan ke basudara sekitar yang ambil. Bahkan tamu kami kalau lebih kami kasi ke basudara yang punya rumah ada kamar yang sudah diubah jadi kamar setara  hotel. Yah berbagi rejekilah. Saya selalu dorong basudara untuk bisa ikut ambil bagiab dari danpak adanya objek wisata di wilayah ini. Karena saya juga dulu berangkat dari usaha homestay baru jadi resort seperti ini.” Jelas Mus berbagi pengalaman membangun usaha ini.

Oya, hal lain yang menjadi daya tarik datang ke Rote Ndao, terutama di Nembrala yakni kenyamanan dan keamananan yang terjamin dan menjadi garansi utama.

“Disini budaya kami masih sangat utamakan kepercayaan dan rasa aman dari budaya dan ajaran lama orangtua kami, jangan sentuh barang milik orang lain sekalipun barang sekecil apapun. Misalnya buah, dauh dan pohon kelapa saja, kami secara turun temurun tahu itu kelapa milik siapa. Sehingga walau pohon tumbuh berdampingan tanpa dibatasi pagar sekalipun, buah jatuh dari pohon milik orang lain tidak akan diambil pemilik pohon sebelah. Buahnya aka dibiarkan disitu. Sehingga di Nembrala tidur dengan pintu terbukapun, akan aman.” Ulasnya bangga.

Jika ingin membooking kamar dan fasilitas apa yang anda inginkan bisa mengakses lewat website hhtps://surfdiverote.com. Kamar akan dipersiapkan, bahkan makan siang dan jamuan kopi teh segera anda nikmati begitu tiba di Resort.

Ingin sampai ke Rote Ndao ada sarana transportasi laut dan udara yang bisa ditempuh dari Kupang.

Lewat udara ada  pesawat Wings Air yang lakukan penerbangan 2 x sehari dengan tiket yang murah, sedangkan jika ingin merasakan gelobang Puku Afu yang terkenal maka tersedia  transportasi laut kapal Fery lambat dan Fery Cepat atau expres. Tiket sangat murah dibawah Rp200.000.

Untuk menjaga kebersihan dan keasrian pantau Nembrala dan demi menjaga kelangsungan hidup biota laut setiap Sabtu dan Minggu para staf Anugerah Resort akan turun laut snoreking memungut sampah plastik dll.

Di Rote juga disamping pelabuhan Ba’a terdapat Kampung Tenun Ikat Ndao, yang terdiri dari para pelaku UKM Tenun Ikat yang menenun dan menjual tenun ikat Rote Ndao seperti Sarung, Selimut dan selendang, lengkap dengan produk ikutan seperti tas, pakian, dan aksesoris berbahan tenun ikat Rote Ndao. Bahkan di Kampung Ndao ini juga dijual berbagai aksesoris pelengkap pakaian adat Rote Ndao seperti Topi Ti’i Langga, Hiasan Kepala, Ikat Pinggang dan gelang. Harganyapun murah meriah, selendang leher dibandrol Harga Rp50-175 ribu, sedangkan sarung dan selimut sesuai dibandrol dari harga Rp350 rupiah-jutaan rupiah tergantung motif, bahan pewarna dan lebar kain tenun. Tersedia juga tenun ikat dengan dua pilihan bahan pewarna dan benang, yakni dengan benang dan bahan pewarna alami (kapas) yang tentunya harganya dibandrol diatas Rp1 jutaan. Sedangkan yang berbahan benang dan pewarna buatan dibandrol dengan harga mulai Rp350 ribu rupiah.

Didalam areal pelabuhan anda bisa membeli oleh-oleh khas Rote Ndao seperti gula aer, gula lempeng, gula semut, teng-teng kacang, susu goreng, dan oleh-oleh lainnya dengan harga lumayan murah.

Selain itu, trip ke Pantai Lodik, Lifulada, Mangrove, Batu Pintu dan Mulut Buaya serta segarnya air kelapa muda juga menjadi daya tarik utama karena suhu Rote Ndao yang panas membawa pandangan tertuju ke hijau segarbya buah kelapa yang akan menghiasi perjalan anda memasuki wilayah Rote Barat Daya menuju Rote Barat.

Di Telaga Nirwana, desa Oeseli, Rote Barat Daya yang masuk Anugerah Pesona Indonesia 2020, anda bisa bersampan ke tengah danau dan menginjak batu berbentuk jantung (love) saat air surut. Tenangnya permukaan air di telaga ini, biru dan jernihnya membuat anda bisa melihat isi dasar telaga dilatar belakangi oleh pemandangan mangrove dan bukit berhutan tropis yang menyegarkan mata anda yang terkukung dengan gedung,  aspal serta asap kendaraan di perkotaan, anda akan betah di Rote Ndao.

Objek wisata lain yang tak kalah menakjubkan walau ditengah teriknya matahari pulau terselatan Indonesia ini adalah Batu Termanu, yang menyiratkan keagungan dan kewibaan Tuhan pencipta alam semesta. 3 Gunung batu pasif menjulang di depan kita saat memasuki kawasan ini, dengan pemandangan ke arah laut yang indah. Diatas puncak bukit alami, diseberang kita berlatar belakang laut, kita akan berhadapan dengan gunung batu tertinggi di Pulau ini. Megah, diam, dan dingin seolah memberi peringatan jangan rusak alam Rote Ndao, kami penjaganya. Gunung Batu Termanu laksana Tower Pengawas bagi alam Rote Ndao agar tidak dijarah, dirusak dan dieksploitasi ileh napsu manusia.|| juli br

 

 

 

  • Bagikan