Antisipasi Lonjakan Kebutuhan, Pertamina Patra Niaga Amankan Pasokan BBM di Nusa Tenggara Timur

Regional Migas

KUPANG, TOPNewsNTT||  Meskipun harga minyak dunia masih cukup tinggi di angka kisaran US$ 100 per barrel, PT Pertamina (Persero) melalui sub holding Commercial & Trading yaitu PT Pertamina Patra Niaga khususnya di wilayah Jatimbalinus memastikan harga dan stok BBM serta LPG tetap dan berjalan normal. Hal ini diungkapkan oleh Pjs. Area Manager Communication & Relations Pertamina Patra Niaga regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Arya Yusa Dwicandra, dalam keterangan persnya.

Menurut Arya, tingginya harga minyak dunia tidak mempengaruhi kondisi stok dan penyaluran BBM dan LPG Pertamina. “Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya, penyaluran BBM dan LPG berjalan normal dengan masing-masing penyaluran sebesar *27.000* kiloliter (KL) untuk BBM jenis gasoline dan *12.000* KL untuk BBM jenis gasoil setiap bulannya.

Ia menambahkan, selama pelaksanaan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2022 nanti, diperkirakan akan ada kenaikan konsumsi BBM sebesar 11%, serta kebutuhan bahan bakar pesawat udara yaitu avtur sebesar 4%. “Kenaikan tersebut kami perkiraan akan terjadi jelang hari raya dan libur Idul Fitri 1443 H,” tambah Arya.

Begitupun dengan kondisi stok BBM, Arya menambahkan terkait stok BBM di seluruh Fuel Terminal Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus dalam keadaan aman. “Saat ini stok di seluruh Terminal BBM dan Depot LPG aman dengan Coverage Days rata-rata selama 5-17 hari. Terdapat 18 Terminal BBM dan 7 Terminal LPG yang siap melayani kebutuhan masyarakat melalui SPBU dan SPBBE (stasiun pengisian pusat bulk elpiji) di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara,” ujarnya.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus juga memastikan kesiapan pelayanan di seluruh SPBU, Pertashop, SPPBE dan agen LPG. Saat ini terdapat 144 unit SPBU, SPBUN dan Pertashop, yang siap melayani kebutuhan energi masyarakat di NTT.

Demi memastikan ketersediaan stok dan mengoptimalkan penyaluran BBM serta LPG kepada masyarakat, Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus juga akan mengaktifkan pos layanan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

“Melalui Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) yang akan dimulai pada bulan Ramadhan, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus berkomitmen memenuhi kebutuhan energi berupa BBM dan LPG sehingga konsumen tidak perlu khawatir. Namun, kami juga menghimbau jika konsumen mengalami kesulitan mendapatkan pasokan BBM dan LPG dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135 atau informasi melalui aplikasi MyPertamina,” pungkas Arya.**{jbr}