40 Anggota DPRD Kota Kupang Priode 2019–2024 Resmi Dilantik Senin, (26/8/2019)

KUPANG, TOP NEWS NTT■■ Sebanyak 40 Anggota DPRD Kota Kupang periode 2019–2024 yang lolos pada pileg 17 April 2019 resmi dilantik Senin, 26/8/2019. Pelantikan berlangsung di Ruang rapat DPRD Kota Kupang oleh Kepala Pengadilan Tipikor kelss 1A dan Hubungan Industrial  Kota Kupang, Johnson Mira Mangngi dalam Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kota Kupang periode 2019–2024.

Dari ke–40 anggota DPRD tersebut, sebanyak 25 orang adalah wajah baru bagi legislatif Kota Kupang yang lolos dalam Pileg 2019.

Hadir dalam acara ini Wali Kota Kupang Dr.Jefrirson R.Riwu Kore yang sekaligus membacakan sambutan Gubernur NTT, sebagian  anggota DPRD Kota Kupang priode 2014–2019, Pimipinan Forkopimda Setda Kota Kupang, Ketua Parpol, keluaraga paea anggota DPRD, ketua Dharma Wanita, Ketua PKK Kota Kupang dan berbagai unsur lainnya.

Dalam Rapat Paripurna ini juga diumumkan penetapan ketua sementara dan wakil ketua  sementara  DPRD Kota Kupang periode 2019–2024, hasil keputusan Rapat Internal 5 Parpol peserta pemilu yang peroleh suara terbanyak dalam Pileg 2019 yang menetapkan Yehezkiel Loude sebagai Ketua Sementara, dan Kristian Baitanu sebagai wakil ketua sementara DPRD Kota Kupang.

Dalam sambutannya sebagai ketua sementara DPRD Kota Kupang  peridoe 2019–2024, Yehezkiel Loude menyatakan :
“Puji syukur atas pemerliharaan Tuhan Yang Maha Esa,  sehingga kita semua masih bisa berjumpa dalam Rapat  Paripurna Pengambilan Sumpah Janji anggota DPRD Kota Kupang yang baru. Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga  kepada seluruh komponen masyarakat kota Kupang yang sudah  ikut menjaga suasana kondusif selama pemilu serentak pads 17 April 2019 lalu, sehingga  berlangsung sukses. Berdasarkan keputusan gubernur NTT  tentang pemberhentian anggota DPRD periode  2014-2019 dan keputusan gubernur NTT  tentang peresmian dan pelantikan anggota DPRD Kota Kupang  yang baru. Dengan peristiwa pengambilan sumpah janji hari ini dan penyerahan palu ketua DPRD Kota Kupang periode 2014–2019  kepada ketua sementara periode 2019–2024. Penyerahan dilakukan setelah hasil rapat internal 5 parpol peroleh suara terbanyak dalam pileg Kota Kupang yaitu Partai  PDIP,  Nasdem, Gerindra dan Demokrat  pada Jumat, 23/8/2019  yang memutuskan  Yehezkiel Loude diangkat sebagai ketua sementara dan Christian Baitanu sebagai wakil ketua DPRD Kota Kupang periode 2019-2024. Apresiasi juga  saya berikan kepada Pemkot Kupang dan jajarannya sebagai pembina politik di Kota Kupang yang sudah menjaga suasana kondusif di Kota Kupang selama pesta demokrasi berlangsung.” Tandas Yehezkiel.

Yehezkiel juga meminta maaf atas segala kelemahan dan kekurangannya sebagai anggota legislatif dan selama memimpin sebagai ketua DPRD Kota Kupang periode 2014-2019.

Walikota Kupang Dr.Jefritson R.Riwu Kore sampaikan sambutan gubernur NTT  yang mengucapkan selamat bagi anggota baru dan terima kasih kepada anggota lama, dan juga ingatkan bahwa  DPRD juga sebagai mitra pemerintah daerah, sehingga harus terjalin kemitraan yang baik. DPRD mempunyai kedudukan yang setara dengan pemda. Dan tidak saling membawahi atau  bertanggung jawab kepada yang lain dan tidak saling mengintervensi satu sama lain. Tapi legislatif adalah mitra pemda sebagai pembuat kebijakan dan aturan, pengawalan anggaran dan pengawasan,  sehingga harus harmonis.” Ujar walikota mengutip sambutan gubernur NTT.

“Dalam menjalankan tiga tupoksi legislatif yaitu  fungsi pembuat perda, penjaringan aspirasi,  pengawalan anggaran dan pengawasan terhadap kinerja pemerintah darerah, legislatif harus aktif dalam mengangkat aspirasi masyarakat dan memperjuangkannya dengan  berelaborasi dengan pemda dalam penyusunan LPMJ yang  dituangkan dalam RPJMD.” Lanjut walikota.

Gubernur menegaskan hendaklah  peristiwa  pelantikan dan pengambilan  sumpah jabatan hari ini  mengandung makna religius konstitusional untuk lima tahun kedepan, sehingga harus dimaknai sebagai motivasi bagi anggota baru untuk gadaikan diri sebagai wakil rakyat  yang responsif, akuntabel, dll, dalam rangka memperjuangkan aspirasi rakyat yang sudah memberi kepercayaan lewat suaranya pada pileg.

” Jagalah kepercayaan rakyat dan jangan menciderainya.” Tandas walikota lagi.

Jefry Riwu Kore, atas nama pribadi dan keluarga serta dalam jabatan sebagai wali Kota Kupang juga sampaikan apresiasi kepada ketua dan wakil ketua dan anggota DPRD Kota Kupang  2024–2019 atas peran dan dedikasi bagi masyarakat dan pemerintahan  Kota Kupang selama lima tahun ini.

Salah satu wajah baru pada legislatif Kota Kupang asal Kecamatan Maulafa, Yusuf Aldena dari Partai Perindo menyatakan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukungnya, dan nyatakan siap berelaborasi dengan pemda untuk membangun Kota Kupang ke arah lebih baik. “Saya tetap minta masyarakat dukung saya dan awasi saya dalam laksanakan tugas sebagai wakil rakyat.” Ujarnya singkat.

Zeyto Roni Ratuarat, wajah lama dari partai Golkar yang terpilih lagi pada pileg 2019 untuk ketiga kalinya, kepada media ini menyatakan akan siap melanjutkan tugas-tugas sebagai wakil rakyat Kota Kupang bersinergi dengan pemkot membangun kota Kupang. Dan berjanji akan memperbaiki kekurangan di dua periode sebelumnya.

Aprianus Djami Wila, anggota DPRD Kota Kupang yang baru wakili Dapil Alak, Partai Golkar juga menyatakan kesiapan yang sama untuk ikut mengawal aspirasi masyarakat Kota Kupang.

Daniel Hurek, anggota DPRD Kota Kupang dapil Oebobo Fraksi PKB, yang mengakhiri karir politiknya pada 2019 ini setelah gagal pada pileg DPRD provinsi 2019 dapil 1 Kota Kupang, menyampaikan harapan besar kepada formasi legislatif Kota Kupang periode 2019–2024 dengan hadirnya 25 wajah baru. Daniel yang sebelumnya duduk pada komisi 4, dan sebagai ketua Fraksi Gabungan DRDR Kota Kupang periode 2014–2019, menyatakan semoga ada perubahan pada khazanah legislatif Kota Kupang dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Kupang dan juga memberi harapan baru.

Politisi gaek Partai PKB ini juga meminta maaf sekiranya dalam masa tugasnya ada kekurangan dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. ■■ Juli BR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *