Ini 3 “tanda alam” yang diimani Yusuf Abjena sebagai restu Tuhan untuk jadi DPRD kota Kupang

⁵KUPANG, TOP NEWS NTT ■■ Adalah sosok baru dalam kursi legislatif kota Kupang periode 2019–2024, Yusuf Abjena,S.Sos dari partai PERINDO.

Lolos jadi wakil rakyat wakili Dapil Kecamatan Maulafa dengan meraup 1.200 suara didahului 3 “tanda alam” yang diimani sebagai restu Tuhan, keluarga, masyarakat dan para leluhur.

Ada kisah menyentuh namun memberi motivasi positif dibalik kesuksesan Yusuf menduduki kursi legislatif kota Kupang pada Pileg 2019 kali lalu.

Yusuf yang hanya mengenyam pendidikan formal sampai SMP kelas 3 dan tidak lulus di kota Kupang ini ternyata adalah sosok yang sangat gigih memperjuangkan cita-cita mulia mengabdi pada masyarakat.

Sejak muda Yusuf walau hanya sempat mengantongi ijasah SD (jalur formal), SMP dan SMA (jalur ujian persamaan (Paket B dan C), namun memiliki ijasah sarjana Ilmu Sosial karena niat kuat dan mulia ingin mengabdi bagi masyarakat menempuh pendidikan S1 di Muhamadiyah yang menjadi modal mendaftar sebagai calon anggota legislatif pada Pileg 2019 lalu dari Partai PERINDO dapil Maulafa dan lolos dengan meraup 1.200 suara.

“Proses ini bukanlah hal yang mudah. Saya bisa menjadi seperti ini adalah karena Tuhan Yesus, keluarga, masyarakat dan partai yang memberi saya kesempatan. Selain itu niat pribadi saya. Sejak berusia 20-an tahun dan masih lajang saya sudah berkecimpung dalam parpol PDIP dan sempat jadi ketua DPC Maulafa, yayasan FIAR. Belajar pelayanan publik dan kepentingan masyarakat. Dan saya merasa tertarik. Saya juga dipercaya sebagai ketua RT dua periode, Ketua RW tiga periode dan ketua LPM dilingkungan hidup saya di kelurahan Fatukoa. Jenjang jabatan sosial tidak putus.  Dan niat saya didasari oleh dasar pengamatan saya bahwa masih banyak hal yang dibutuhkan  masyarakat di Fatukoa, dan kecamatan Maulafa yang belum terakomodir selama berpuluh tahun. Saya melihat banyak ketimpangan dan ketidakadilan yang harus perjuangkan bagi masyarakat di kalangan bawah terutama orang tidak mampu. Selama ini aspirasi kami hilang tingkat muarembang tingkat atas.” Kisahnya kalem.

Yusuf yang menikahi isteri dari keluarga Lasa dan memiliki 3 orang anak yang masih kecil ini memyatakan dirinya sempat mendaftar caleg dari PDIP pada 2014 hanya dengan modal ijasah ujian persamaan SMP. Walau tidak lolos, pengalaman itu dan dorongan keluarga membuatnya mengikuti Ujian persamaan paket C dan memdaftar kuliah ilmu sosial di Undana dan berhasil diwisuda tepat waktu. Dan pada pileg 2019 kembali dengan dorongan dan dukungan penuh semua pihak dan kesempatan dari partai PERINDO ia lolos dengan 1.200 suara.

Yusuf nyatakan bahwa sebelum waktu pencoblosan ia dan keluarga peroleh tanda alam yaitu saat akan print surat suara tinta habis tapi waktu istirahatkan 20 menit maka print jad dan yang keluar hanya surat suara caleg partai Perindo. Tanda kedua adalah deklarasi para pemilih disabilitas ke rumah mereka,  hujan pada musim panas bulan Juni 2017 saat ia wisuda dan mendeklarasi diri akan maju dari Partai PERINDO dengan upacara adat dihadiri hampir 2000 undangan dan pendukung.

Tanda kedua adalah ayam kampung di rumah mereka yang punya tempat bertelur diatas pohon, entah mengapa masuk ke mobilnya yang diparkir dibawah pohon asam dan bertelur di atas tempat duduknya dibawah stir.

Tanda ketiga jelang hari coblos adalah saat dirinya menolong ibu hamil tetangganya yang  hendak diantar ke RS untuk melahirkan namun dalam perjalanan menlahirkan didalam mobil. “oleh saya dan isteri serta semua orang yang dengar bilang itu tanda berkat dari Tuhan..artinya Tuhan tunjukkan lewat tanda-tanda alam kalau saya diberkati dan akan lolos. Maka saya optimis ikut pileg dengan keyakinan akan invest sosial kemasyaralatan yang sudah jadi ciri hidup saya itu.” Kisahnya dengan tanpa berusaha membanggakan diri.m

Yusuf yang profesi sehari-hari adalah petani sayur, peternak dan usaha menyewakan kursi tenda ini dikenal masyarakat Kelurahan Fatukoa sebagai pribadi yang sederhana, apa adanya, polos, suka bergaul dengan kalangan mana saja serta berjiwa sosial tinggi. Ia dikenal.sna diakui beberapa tetangga yang hadir saat wawancara bahwa jauh sebelum menjadi legislatif sudah dikenal jiwa sosialnya. Dirumahnya yang merupakan tempat usahanya, Yusuf menampung beberapa keluarga dari kampung untuk disekolahkan. Sekaligus membantunya dalam usaha penyewaan kursi tenda, berkebun sayur dan usaha lain yang digelutinya sejak semula. Kesederhanaan Yusuf nampak saat kami berbincang dibawah pohon asam  di halaman rumahnya ditemani isteri, ketiga anaknya, dan seluruh orang rumah dan beberapa tetangga. Bahkan memberi bantuan tenda kursi gratis bagi kedukaan yang jadi visi misinya dalam mencalonkan diri sebagai legislatif.m

Suasana penuh keakraban diselingi ujaran penuh jenaka terlontar dari mulutnya. Tidak ada kemunafikan dan rekayasa alami dan spontan.”Saya benar-benar merasa bersyukur karena saya bisa sampai seperti ini karena Tuhan berkenan. Dan saya peroleh 850 suara dari kelurahan Fatukoa dan ada legilslatif dari Fatukoa.” Ujarnya berterima kasih atas dukungan suara masyarakat.

Yusuf melihat bahwa kebutuhan masyarakat di kecamatan Maulafa infrastruktur dan air bersih di Belo, sebag Sikumana, Fatukoa dan Naioni. ada dihasil reses selama 4 kali pertahun, ia akan turun kembali ke basis untuk memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di dapil ini khususnya kelurahan kelurahan Fatukoa.

Hasil penetapan anggaran dalam RKPD TA 2020 bagi infrastruktur jalan dan air bersih di kecamatan Maulafa yaitu untuk kelurahan Fatukoa dan Naioni yaitu untuk hotmix jalan 10 M, rehab jembatan dan embung 1.5M. Saya ada di komisi yang membidangi PDAM Kota. Dan saya pertanyakan mengapa ada dibangun reaerlvoar tapi tidak ada air dan jawaban pemerintah di 2020 akan bangun sumur bor terbesar.  di Fatukoa, 10 milyar 5 kilo jalan dan lapen 10.kilo dan lapangan volly dan 30 embung .dengan anggaran 1,5 M. Dari Dinas Pertanian dalam RKPD yang dibahas harapan di 2020,  30-40% kebutuhan akan terjawab. Di Sikumana jalan Oekalipi ke Oeekam akan dibuka.” jelas Yusuf yang masuk ke Komisi ekonomi dan keuangan. Infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Fatukoa rencananya akan peroleh pustu yang akan ditingkatkan menjadi puskesmas.dan rehab dua jembatan di Fatukota dan ke SMAN 10 Naioni. Biaya hotmix jalan 10 M dan untuk embung 1.5 M.

Rencananya saya akan turun kembali ke basis seperti biasa. Pengawasan dan follow up maka RKPD akan diawasi seperti dengan seksama.■■Juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *