Atasi masalah air bersih, pemkot Kupang laksanakan studi kelayakan SPAM

KUPANG, TOP NEWS NTT■■  Pemerintah Kota Kupang melaksanakan studi kelayakan pengembangan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang sebagai bentuk tindak lanjut atas kesepakatan antara Pemerintah Kota Kupang dengan PT. Dain Celicani Cemerlang dalam hal penanganan  persoalan air bersih, bertempat di Ruang Rapat Garuda, Lantai 2 Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (14/11).

Pejabat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan  untuk mengetahui studi kelayakan yang akan dikembangkan di Kota Kupang. “Kita harus mempersiapkan dan mampu memfasilitasi program ini agar dapat berjalan secara cepat untuk memenuhi kebutuhan air sehingga dapat menyelesaikan permasalahan air yang terjadi  di Kota Kupang, server yang dikelola oleh pemerintah dan server yang dikelola langsung oleh PT. DCC. Dalam pengelolaannya, akan ada perbedaan antara server yang dikelola oleh pemerintah dan server yang dikelola langsung oleh PT. DCC.” Jelas Ely.

Direktur PT. DCC, David Suryabara mengatakan, “Dalam kegiatan ini, kami akan memberikan paparan yang masih draft atau acuan awal dari studi kelayakan yang membutuhkan persetujuan dari instansi terkait lainnya. Menurut Kami, Kali Oeba adalah lokasi paling tepat untuk mengawali proyek SPAM agar bisa mengaliri air di daerah perhotelan dan permukiman masyarakat sekitar. Air baku yang dibutuhkan berasal dari Kali Liliba dan Kali Hoktuto. Akan tetapi, berdasarkan survei yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Kali Dendeng mampu mengalirkan air diatas 50 liter per detik sedangkan dari Kali Liliba dan Kali  Hoktuto hanya mengalirkan air sebanyak 20 liter per detik. Air baku dari sisi timur Kali Dendeng digunakan untuk menyuplai air kepada masyarakat di wilayah timur Kota Kupang ,” jelas David Suryabara.

Hadir pada kegiatan tersebut, Pejabat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si, Asisten Pemerintahan Sekda Kota Kupang, Drs. Yoseph Rera Beka, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Ir. Eduard John Pelt, Direktur Utama, PT. Dain Celicane Cemerlang, David Suryabara dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang.■■editor: Juli br / topnewsntt

Sumber : SP Bagian  Humas Kota Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *