Wakil Walikota Kupang Lakukan Panen Perdana Melon Di Kebun Contoh Dan Pelatihan Roda Tani

Kota, Topnewsntt.com., Jumat, 2/10 Wakil Walikota Kupang dr.Hermanus Man laksanakan Panen Perdana Melon di Kebun Contoh dan Pelatihan Roda Tani  di Kelurahan Liliba.

Kebun Contoh dan pelatihan Rida Tani milik Hery Hariyanto  (pemilik Toko pertanian Roda Tani). Kebun percontohan dan pelatihan yang terletak jalam masuk Ikan Bakar Liliba ini hanya memiliki luas lahan sekitar 1000 lebih m2 saja dan ditanami oleh empat varietas melon, sayuran  dan bunga yang menjadi tanaman contoh yang ditanam dengan sistem pemberian pupuk, pestisida yang tepat  dan pengenalan terhadap virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit tanaman, demi hasilkan produk hasil pertanian berkualitas.

Wakil walikota dalam wawancara usai panen perdana nyatakan apresiasi dan dukungan terhadap Heri dan kawan-kawan yang bersedia menjadi pionir kebun percontohan dan pelatihan di Kupang dengan pola pemanfaatan lahan kering dan minimalis dengan sistem pendampingan terhadap petani hingga tanaman menghasilkan. Herman nyatakan bagi masyarakat Kota Kupang yang sempit lahan dan hanya dipakai sebagai perumahan sehingga lahan sempit bisa dimanfaatkankan sebagai media tanam. Karena dengan kebun contoh yang dibuat oleh Heri Hariyanto dan kawan-kawan dengan kebun contoh menanam holtilultura.  Karena dengan pola penggunaan pupuk yang tepat dari segala aspek dan mengenal jenis bakteri, virus dan jamur penyebab penyakit tanaman, maka bisa hasilkan produk pertanian berkualitas. Selain itu pola pendampingan dan motivasi orang menjadi petani itu sangat bagus. Karena semua orang akan mau menjadi petani bagi kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

“Saya apresiasi sekali apa yang sudah dikerjakan Pak Heri dan teman-teman di kebun contoh ini. Ini luar biasa karena sudah menjadi pionir bagi warga Kota Kupang lewat program ini lewat pola penanaman dengan pendampingan  penggunaan pupuk, pestisida, dan perawatan tanaman ini memungkinkan orang menanam dimusim hujan dengan hasil yang maksimal dan  berkualitas. Modal hanya tanah dan spirit. Ternyata bahwa pak Heri dan kawan-kawan sudah buktikan bahwa ternyata dari Kupang bisa hasilkan buah-buahan seperti melon dan lain. Sehingga kita tidak perlu mendatangkan melon dari luar NTT. Apalagi orang Kupang suka makan melon.” Tandasnya.

” Bahkan sebagai pemerintah, kami  juga berkomitmen manfaatkan  lahan-lahan tidur di kota Kupang dengan pendekatan ke tuan tanah agar masyarakat siapa saja yang ingin menjadi petani boleh memanfaatkan lahan tersebut  bekerja sama dengan Roda Tani sebagai distributor dan tenaga pendampingan pertanian. Terutama lahan kosong di dekat hotel Neo by Aston. Kita akan lakukan pendekatan dengan tuan tanah.” Janjinya.

Heri jelaskan inisiatif  bangun kebun contoh semata-mata lahir dari rasa prihatin melihat hasil pertanian yang rendah. Dan selama 11 tahun sejak 2006 ia dan kawan berniat mengajak  masyarakat Kota Kupang, siapkan tenaga pendamping lapangan untuk lakukan pendampingan bagi petani dan masyarakat kota Kupang yang  mau ikut manfaatkan lahan sempit demi hasilkan hasil pertanian dari tanaman holtikultura. Kami dari Roda Tani  ingin ubah mindset berpikir masyarakat petani yan menanam hanya sekedar untuk makan, ke pola tanam untuk hasilkan uang demi peningkatan taraf hidup petani itu sendiri. Dengan tekhnologi dan pengetahuan yang kami miliki dan terapkan, maka kami ingin menolong para petani atau masyarakat yang ingin jadi petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian serta peningkatan taraf hidup ke arah yang lebih baik. Apalagi di Kota Kupang  banyak warga yang masih memiliki pekarangan yang luas yang tidak dimanfaafkan untuk menanam tanaman yang bernilai ekonomis. Dan masyarakat akan kami ajarkan bagaimana bertanam hidroponik.

 Tantangan kita dengan kondisi Kota Kupang yang panas dan malam dingin,  paginya akan ada titik air embun di ujung-ujung dahn sehingga saat kena matahati seperti terbakar ujung daun orang mengira ada serangan hama. Padahal cuma reaksi karena ada air yang terpampang matahari. Paginya kita semprot dengan air saja. Tanpa obat.
Ada tiga jenis Melon  yang ditanam di Kebun Roda Tani yaitu yang ekslusif ( Golden Melon) ada varietas Alisa, Rock Melon (varietas Madesta) dan  Melon Hijau varietas gracia dan amaris.

Di Kebun Roda Tani sendiri selain kebun percontohan juga menjadi tempat pelatihan bagi siapa saja baik petani maupun masyarakat yang ingin menjadi petani. Dimana pendeta-pendeta yang akan membantu memberikan pendampingan dan motivasi.**))juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *