Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2019, KPU Provinsi NTT Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 Kepada Pemilih Pemula

NTT, Topnewsntt.com., KPU Provinsi NTT terus melaksanakan upaya sosialisasi terkait PEMILU 2019 kepada masyarakat luas di provinsi NTT kota Kupang khususnya tentang penyelenggaraan Pemilu 2019 yang akan ada lima surat suara. Karena pada 17 April 2019 ini akan berlangsung lima pemilihan umum yaitu Pileg DPR RI, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, DPD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Sosialisasi dianggap sangat penting dilakukan terutama kepada Pemilih Pemula yaitu siswa SMA kelas 3 dan mahasiswa baru yang pada 17 April 2019 akan berusia 17 tahun ke atas.

Keseriusan KPU Provinsi NTT ini terbukti dengan digelarnya sosialisasi Pemilu 2019 yaitu Pemilu DPD, DPR, DPRD, dan Presiden dan Wakil Presiden pada Sabtu, 1/9/2019 di Taman Budaya Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

Hadir ratusan siswa sma dan smk kelas 3 dan mahasiswa dan guru-guru SMA dan SMK,  Ketua KPU Provinsi NTT dan Jajarannya dan  KPU RI.

Ketua KPU Provinsi NTT Mariyanti Luturmas-Adoe dalam sambutan membuka kegiatan sosialisasi menjelaskan tujuan sosialisasi ini adalah demi memberikan informasi dan pengenalan kepada pemilu pemula tentang pemilihan apa saja yang akan terjadi pada 17 April 2019, berapa banyak partai dan jumlah caleg yang akan di ikut pada pileg 2019, dan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan ikut pada Pemilihan presiden RI 2019.

“Kami ingin mengenalkan bahwa 16  partai yang akan ikut dalam pemilu,  dua pasang calon presiden dan wakil presiden,  DPRD  932 DCS dari 632 di 8 Dapil, DPR RI dan Kabupateb Kota, 36 Calon DPD dari 16 Partai yang lolos verifikasi. Pemilu akan jatuh pada 17 April 2019. Dan akan ada 5 surat suara. ” jelas Maryati.

Tujuan lain dari sosialisasi adalah meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu 2019. Kami ingin meningkatkan animo pemilih sesuai target yaitu 77,5 %.

Dalam Sosialisasi juga menjelaskan juga bagaimana cara mencoblos dan temoat mencoblos yaitu dalam foto, nama dan nomor calon. Jelas Thomas Djawa Ketua Bawaslu Provinsi NTT.

Penetapan DPT oleh KPU Provinsi NTT  sudah dilaksanakan pada   31/8/2018  denga total 3.289.174 orang pemilih.

Sosialisasi ini juga menjelaskan tentang 3 kategori asal usul pemilih yaitu yang terdaftar dalam DPT, dan tidak masuk dalam DPT tapi memiliki e-KTP. Atau tidak memiliki e-KTP, dan Pemilih pindahan.**))juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *